Bendera adalah sepotong kain yang dikibarkan umumnya pada sebuah tiang. Semua negara di dunia memiliki bendera masing-masing sebagai perlambang identitas negaranya. Setiap bendera negara di dunia pun memiliki makna tersendiri yang membuat jiwa patriotisme rakyatnya menjadi tinggi saat melihat bendera tersebut berkibar.

Kini demi menunjukkan kebanggan akan bendera yang dimiliki, banyak negara di dunia mengibarkan bendera nasional pada tiang yang tinggi sekali. Bahkan sampai belasan lantai kalau kamu ukur dari ukuran sebuah gedung. Berikut ini 9 negara dengan tiang bendera paling tinggi sedunia.

1. Jeddah, Arab Saudi

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Disini terdapat tiang bendera yang memiliki tinggi 560 kaki atau 170,6 meter. Tiang bendera ini menjadi tiang bendera paling tinggi di dunia setelah mengalahkan tiang bendera tertinggi sebelumnya pada September 2014. Bahan pembuatan tiang ini sendiri adalah 500 ton baja. Wow pasti berat banget ya guys! Tap hasilnya keren banget dengan panorama petang harinya sangat indah karena cahaya lampu kota tersebut!

2. Dushanbe, Tajikistan

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Ini adalah tiang bendera paling tinggi sebelum dilampau oleh yang ada di Jeddah. Tinggi tiang bendera negara Asia Tengah ini mencapai 541 kaki atau 164,9 meter. Tiang bendera ini menambah kemegahan bangunan istana dibelakangnya itu. Bahannya juga dari baja guys, artinya pasti berat juga!

3. Baku, Azerbaijan

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Terletak di alun-alun Kota Baku. Tiang bendera ini bisa kamu lihat dari jauh guys dan benderanya pun memiliki ukuran raksasa. Tinggi tiang bendera ini mencapai 531 kaki atau 161,6 meter. Indah banget ya guys pemandangannya kalau kamu lihat dari jauh bendera yang berkibar di tiang bendera di Baku ini! Ciamik deh!

4. Kijongdong, Korea Utara

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Tiang bendera di Kijongdong ini didirikan menanggapi reaksi terhadap jiran Korea Utara yakni Korsel yang tahun 1980an membuat tiang bendera dengan tinggi 323 kaki atau 98,4 meter. Korut langsung membuat tiang bendera yang jauh lebih tinggi di Kijongdong dengan tinggi 525 kaki atau 160 meter. Tiang bendera ini pun menjadi tiang bendera paling tinggi sedunia untuk waktu yang lama.

5. Ashgabat, Turkmenistan

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Lagi-lagi negara di Asia Tengah guys! Tinggi tiang bendera kebanggaan Negara Turkmenistan ini mencapai 436 kaki atau 132,9 meter. Selisih cukup jauh ya dari Korut. Tiang bendera ini diresmikan tahun 2008,dapat kamu lihat guys tiang ini laksana membagi gunung dibelakangnya menjadi dua bagian karena saking tingginya! Wow!

6. Amman, Yordania

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Tiang bendera ini berlokasi di Istana Raghadan. Memiliki tinggi 416 kaki atau sekitar 126,8 meter. Bendera yang dipasang ditiang bendera ini bahkan bisa terlihat sampai 19,31 km lho guys! Lumayan jauh ya!

7. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Tiang bendera ini memiliki tinggi 400 kaki atau sekitar 121,92 meter. Tiang bendera ini diresmikan untuk memperingati hari nasional ke 30 negara tersebut. Panorma tiang yang berdiri dengan dikelilingi lautan menambah keindahan untuk menikmati pemandangan disana!

8. Sheboygan, Amerika Serikat

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Gak mau kalah juga, negeri adidaya ini juga punya tiang bendera yang tinggi guys. Tinggi tiang bendera ini mencapai 394 kaki atau sekitar 120 meteran. Gak jauh banget ya selisihnya dengan yang di Uni Emirat Arab.

9. Kuala Lumpur, Malaysia

Tiang bendera 9 negara ini paling tinggi di dunia

Tiang bendera setinggi 328 kaki atau sekitar 99,97 meter ini berada di Lapangan Merdeka tepat di depan gedung Sultan Abdul-Samad. Tahu gak guys, negara tetangga kita ini memegang rekor sebagai pemilik tiang bendera paling tinggi sejagad selama hampir 23 tahun semenjak kemerdekaannya tahun 1957 sampai 1980an. Kemudian baru digantikan oleh Korea Utara.