×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Sikap yang perlu kamu perhatikan saat berkunjung ke Amerika

0

Jalan-Jalan

9 Sikap yang perlu kamu perhatikan saat berkunjung ke Amerika

Penting untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan di negara yang akan kamu kunjungi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fauzia R

13 / 07 / 2020 10:36

Bepergian jauh ke Luar negeri pasti menyenangkan dan memiliki pengalaman sendiri. Biasanya orang memutuskan ke luar negeri karena harus mengambil studi atau dinas kantor bahkan hanya untuk travelling. Setiap negara pasti memiliki cerita khasnya masing-masing dari makanan hingga budayanya, termasuk Amerika.

Jika memutuskan akan pergi ke Amerika, pastikan kamu harus mengenal budayanya dahulu. Ini penting agar kamu tidak kaget karena budaya di Indonesia tentu tidak sama dengan Amerika.

YouTuber asal Surabaya Indonesia yang menetap di California Amerika bernama Puri dengan channel YouTube Puri Viera berbagi cerita dan tips untuk menghindari hal yang tak boleh dilakukan kala kamu melakukan perjalanan ke Amerika.

Berikut sikap yang perlu diperhatikan saat ke Amerika agar tidak kaget dengan kebiasaan penduduknya.

1. Jangan abaikan personal space.

Loading...

pexels.com/Shwan

Foto: pexels.com/Shwan

Di Indonesia berkerumun bahkan berdekatan dengan orang yang tidak dikenal mungkin sangatlah tidak aneh, apalagi saat mengantre sampai berdesak-desakan. Hal ini berbeda dengan di Amerika.

Menurut Puri dalam channel YouTubenya, jika kamu berada di tempat umum di Amerika tiap orang memiliki jarak dengan orang lain. Apalagi dengan berdekatan orang yang tidak dikenali, membuat sangat tidak nyaman. Biasanya jarak setiap orang adalah sejauh kedua lengan yang direntangkan. Jadi hargai personal space orang lain jika di Amerika.

2. Jangan menyebrang sembarangan.

pexels.com/Nouts gons

Foto: pexels.com/Nouts gons

Di Amerika menyebrang sembarangan bisa terkena denda. Bahkan, meskipun saat jalanan sepi tidak ada kendaraan sama sekali. Jika petugas melihat pasti akan didenda. Karena berada di negara orang lain lebih baik selalu menaati tata tertib yang ada.

3. Jangan pernah berani menyuap.

pexels.com/Lukas

Foto: pexels.com/Lukas

Mungkin kamu sering melihat jika kena tilang ada beberapa orang yang mencoba untuk menyuap petugas dengan uang. Di Amerika jangan pernah lakukan hal tersebut. Karena di Amerika menyuap bisa mendapat masalah yang lebih besar lagi.

4. Jangan memotong antrean.

pexels.com/Picography

Foto: pexels.com/Picography

Berbeda dengan Indonesia, ketika sedang mengantre dan ada celah antrean pasti akan dipotong. Di Amerika mengantre dengan taat sangatlah wajar. Bahkan ketika kamu memotong antrean jangan kaget jika ditegur oleh anak kecil karena memotong antrean bukanlah suatu kebiasaan di sana. Jika di Indonesia mengantre toilet di depan pintu toilet persis, di Amerika mengantrenya di depan pintu masuk ruang toilet.

5. Jangan merokok sembarangan.

pexels.com/Oleg Magni

Foto: pexels.com/Oleg Magni

Jangan pernah merokok di sembarang tempat ketika di Amerika, apalagi di tempat umum dan di depan anak-anak. Ketika merokok di depan anak-anak jangan kaget jika akan ditegur atau diusir oleh orang tua anak. Carilah tempat untuk merokok yang tidak ada orang, apalagi anak-anak.

6. Jangan buang sampah sembarangan.

pexels.com/Suzy Hazelwood

Foto: pexels.com/Suzy Hazelwood

Semua negara pasti menganjurkan masyarakat atau orang asing untuk tidak membuang sampah sembarangan, salah satunya di Amerika. Di Amerika, jika tidak menemui tempat sampah maka simpan dahulu sampai menemukan tempat sampah.

7. Jangan sering klakson ketika berkendara.

pexels.com/Josh Hild

Foto: pexels.com/Josh Hild

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan bunyi klakson ketika lampu lalu lintas berwarna hijau, ketika macet, bahkan untuk menyapa orang lain. Jika kamu berkendara di Amerika, Jangan pernah melakukan hal demikian sebab di sana membunyikan klakson jarang dilakukan. Ini karena mereka hanya akan menyembunyikan klakson ketika memang emergency saja.

8. Jangan berkomentar tentang fisik.

pexels.com/pixabay

Foto: pexels.com/pixabay

Orang Amerika tidak suka jika pembicaraan basa basinya adalah mengomentari berat badan atau bentuk badan. Mereka tidak nyaman dan sangat sensitif dengan topik fisik seperti kurus dan gendut. Jadi untuk orang Indonesia, jika ingin memuji orang Amerika cukup katakan "you look good".

9. Jangan pernah berbicara tentang politik, isu agama, dan isu ras.

pexels.com/mentatdgt

Foto: pexels.com/mentatdgt

Di Amerika membicarakan politik, agama, bahkan ras adalah sesuatu yang sensitif. Meskipun lawan bicaranya adalah teman dekat atau yang dikenal itu adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Jadi, jika ke Amerika jaga topik pembicaraan, ya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red