Malam hari adalah waktunya melepas lelah dengan tidur. Namun, sebagian orang tidak biasa tidur dengan maksimal sehingga ketika bangun pagi hari terasa lesu. Hal ini bisa karena kualitas tidur yang buruk atau memang banyak gangguan pikiran.

Naamun ada slousi yanng nggak mau duga sama sekali. Sebagian orang mungkin tidak tahu dan tidak menyangka bahwa tidur tanpa menggunakan pakaian alias telanjang akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa aja manfaatnya? Yuk simak satu per satu di bawah ini.

1. Sirkulasi darah lancar

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:mywisegranny.com

Hal ini dikarenakan ketika tidur telanjang kamu tidak akan mengalami kondisi di mana kamu akan merasa terbelit atau tertekan dari baju yang kamu kenakan tersebut. Selain itu tidur tanpa menggunakan pakaian juga akan mengurangi resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti penyakit hipertensi, jantung, varises, dan lainnya.


2. Mencegah penuaan dini

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:lovelace-media.imgix.net

Percaya gak kalau tidur telanjang bisa membuat kamu awet muda? Kamu harus percaya, karena ketika tidur tubuh akan memproduksi hormon anti penuaan atau hormon melatonin. Semakin nyenyak kamu tidur akan semakin banyak tubuh kamu memproduksi hormon tersebut


3. Membuat tidur lebih nyenyak karena penurunan suhu tubuh yang sesuai kebutuhan

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:beautifulhdwallpaper.com

Menurut Lisa Shives MD, dari National Sleep Foundation, tidur telanjang akan membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi resiko terbangun karena kepanasan. Kamu tau gak kkalau saat kita tertidur, suhu tubuh akan turun 0,5 derajat celcius, jika tidur tanpa menggunakan pakaian tubuh akan lebih mudah untuk melepaskan suhu tubuh ketimbang tidur menggunakan pakaian.


4. Mencegah kedatangan penyakit diabetes tipe 2

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:cdn-media-2.lifehack.org

Hal ini dikarenakan ketika tidur telanjang suhu tubuh akan menjadi lebih rendah dan itu sangat berhubungan dengan terjadinya peningkatan sistem metabolisme tubuh, mengurangi kadar gula rendah yang bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2 datang. Selain itu, lemak jahat dalam tubuh juga akan hilang karena meningkatnya sistem metabolisme tubuh.


5. Mengurangi stres, insomnia, depresi, dan masalah psikologis lainnya

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:sebarr.com

Seseorang yang tidur telanjang akan merasa lebih bahagia dan lebih bebas. Itu karena dengan tidur telanjang kamu akan terbebas dari gesekan pakaian dan rasa tidak nyaman yang bisa datang ketika kamu mengenakan baju saat tidur.


6. Membantu mengecilkan perut buncit

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto: jakartabelanja.com

Dengan tidur telanjang kamu gak perlu lagi ribet-ribet diet sampai gak makan, karena saat tidur, tubuh juga akan membakar kalori. Maka dengan menurunnya suhu tubuh karena tidur telanjang, hormon stres kortisol akan menurun dan itu akan menjaga energi dan tingkat rasa lapar. Jika kamu kesulitan tidur karena suhu tubuh yang naik, akan terjadi kelebihan kortisol yang juga meningkatkan nafsu makan.


7. Terbebas dari penyakit kulit

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:meditasiasia.com

Natasha Turner, dalam bukunya Hormone Diet, menuliskan, "Ketika suhu tubuh menurun, hormon pertumbuhan akan dilepaskan dan sihir regeneratifnya bekerja, yang membuat kulit dan rambut tampak mengagumkan." Dengan tidur telanjang kamu akan memberikan kesempatan pada bagian tubuh agar terkena udara sehingga mengurangi tingkat kelembaban pada bagian kaki, ketiak, organ intim, dan bagian tubuh yang lembab lainnyam hal ini yang akan mencegah terjadinya perkembangan jamur dan bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit.


8. Meningkatkan rasa percaya diri alias nggak minderan

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:health-detik.com

Banyak teori yang menyebutkan semakin sering kamu melihat diri kamu tanpa busana. Kamu akan lebih mudah memiliki tingkat percaya diri dan penerimaan terhadap bentuk tubuh kamu. Hal ini jelas penting, karena kamu nggak perlu lagi merasa minder dengan kondisi fisik yang kamu punya.


9. Ketika bangun badan akan lebih terasa berenergi

9 Manfaat tidur telanjang ini nggak banyak orang tahu

foto:silviachristmann.com

Kamu akan merasakan tubuhmu terasa enteng, segar, dan berenergi karena semalamnya tubuhmu sudah benar-benar beristirahat. Itu juga menandai bahwa proses pengupasan kulit dan detoksifikasi berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu kamu juga tidak berkeringat sehingga mengurangi aroma bau pada badan dan juga kadar minyak diwajah akan terkontrol.