Bumi terdiri dariberbagai negara dan sukubangsa. Ada lebih dari 200 negara yang terdapat di Bumi saat ini, namun hanya 196negara yang diakui secara resmi. Kamu mungkin sering mendengar tentang fakta-fakta yang menakjubkan dari berbagai negara, baik dalam segiekonomi, sosial, usia harapan hidup masyarakatnya, keajaiban alamnya, atau kondisi politiknya.

Namun, seberapa banyak yang kamu tahu tentang apa yang tak dimiliki oleh suatu negara? Nah, berikut ini adalah9 hal yang biasa dimiliki oleh suatu negara namun justru tak dipunyai oleh beberapa negara ini. Apa saja?

1. Kiribati. Tak punya daratan untuk ditinggali (daratannya segera tenggelam).

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:telegraph.co.uk

Kiribati atau Republik Kiribati mempunyai permukaan pulau yang rendah. Sebabnya, Kiribati menghadapi tantangan dari naiknya permukaan air laut sehingga telah banyak pemukiman yang terendam air laut. Bahkan sekarang dikabarkan kalau di Kiribati hanya tinggal barisan pohon kelapa. Negara ini diprediksi akan segera tenggelam terancam hanya tinggal nama. Oleh sebab itu, pada tahun 2014 Presiden Kiribati membeli tanah di Vanua Levu, Fiji, untuk mengungsi.

2. Brunei. Negara tanpa utang luar negeri.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:commons.wikimedia.org

Hampir semua negara mempunyai hutang, bahkan negara besar seperti Amerika pun mempunyai hutang yang banyak kepada negara lain. Bisakah sistem ekonomi berjalan tanpa hutang kepada negara lain? Jawabannya, bisa. Brunei adalah negara kecil di Asia Tenggara yang tak memiliki hutang sepeser pun kepada negara lain. Keren ya!

3. Islandia. Tak ada nyamuk di negara ini.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:pixabay.com

Islandia terkenal akan negaranya yang makmur dan indah. Pertama kali mendengar nama negara ini pasti kamu langsung memikirkan alamnya yang hijau nan cantik. Satu fakta yang sangat mencengangkan dari negara ini yaitu tak punya nyamuk! Sangat aneh bukan? Cuaca yang tak terduga di negara ini menjadi sebab mengapa nyamuk tak mampu hidup.

4. Greenland. Tak ada rumput.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:commons.wikimedia.org

Tak seperti namanya, Greenland sebenarnya tak terlalu hijau karena banyak dipenuhi es. Kondisi lingkungannya ini menjadikan rumput di tempat yang menjadi daerah otonom Denmark ini ternyata tak dapat tumbuh dengan baik.

5. Inggris. Tak ada nama negara di prangko.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:commons.wikimedia.org

Pada 1874, Serikat Pos Sedunia atau Universal membebaskan Inggris Raya sebagai satu-satunya negara di dunia yang tak perlu atau tak membutuhkan nama negara untuk dimasukkan dalam desain prangko, dan berlanjut terus hingga sekarang. Dikutip dari situs web resmi Monarki Inggris, Inggris adalah satu-satunya negara yang prangkonya tak mencantumkan nama negara yang menerbitkannya karena Inggris adalah negara pertama yang memproduksi prangko.

6. Kosta Rika. Tak punya militer.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto: flickr.com

Kosta Rika adalah salah satu negara yang terkenal tak memiliki tentara atau militer sejak 1948. Presiden pada saat itu, Jose Figueres Ferrer menghapus satuan militer. Uang yang ada justru akan diarahkan untuk memperbaiki negara. Pendidikan, budaya, dan kesehatan akan menjadi pusat perhatian serta peningkatan kekuatan polisi. Meskipun tak punya militer, negara ini tentram dan bahagia.

7. Belgia. Tak ada pemerintahan selama 589 hari.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto: pixabay.com

Salah satu syarat bagi sebuah negara adalah memiliki sistem pemerintahan atau adanya negara yang berdaulat untuk mengurusi semua urusan dari berbagai bidang agar tak kacau dan dapat beraturan. Belgia memecahkan rekor dunia untuk menjadi satu-satunya negara modern tanpa pemerintahan sah atau resmi untuk jangka waktu terlama. Sebanyak 589 hari berlalu tanpa pemerintahan di kantor yakni pada pertengahan 2010 sampai akhir 2011.

8. Spanyol. Punya lagu kebangsaan tanpa lirik.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto: pixabay.com

Sudah tahu belum kalau lagu kebangsaan Spanyol tak mempunyai lirik? Ya, lagu kebangsaan mereka yang bernama Marcha Real ini sejak tahun 1978 tak memiliki lirik resmi. Hal ini bisa kamu buktikan ketika Olimpiade, lagu kebangsaan spanyol hanya berupa lantunan musik saja.

9. Republik Siprus. Tak ada lagu kebangsaan nasional.

9 Hal umum yang tak dimiliki oleh negara-negara ini, kok bisa? foto:commons.wikimedia.org

Kalau Spanyol tak punya lirik di lagu kebangsaannya, ada negara yang lebih unik lagi, yakni tak punya lagu kebangsaan nasional. Mengingat lagu kebangsaan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi kebanggaan apalagi ketika ada acara olahraga internasional besar, maka negara yang tak punya lagu kebangsaan terbilang cukup aneh, bukan? Republik Siprus menggunakan lagu kebangsaan Yunani yang disebut Hymn to Liberty atau Hymn to Freedom. Republik Siprus telah menyanyikan lagu ini sejak 1966.