Kalau kata banyak orang, masa muda adalah masa mencari jati diri. Di zaman yang serba teknologi ini, kamu bisa eksplorasi banyak hal yang dapat mendukungmu untuk menjelajahi petualangan dalam mencari skilldanpassionyang akan kamu tekuni di masa mendatang.

Rupanya, memiliki nilai yang oke dan lulus dari universitas bergengsi belum cukup loh!Ada beberapa skill yang perlu kamu kuasai nih sebagai anak muda, biar bisa jadi anak muda berkualitas.

Kira-kira apa saja ya skill yang harus kamu miliki?

1. Mengendalikan emosi.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: medium

Salah satu ciri khas anak zamannowadalah baperan!Sifatbaperanini lebih banyak dampak negatif dibanding positifnya. Jadi gampang tersinggung kalau teman salah ngomong, gampang emosi ketika lagi dalam banyak tekanan, aduh gak enak deh!

Biar jadi anak muda yang berkualitas, kamu perlu mengendalikan emosimu. Ada banyak keuntungan loh kalaukamu bisa mengendalikan emosi. Dengan kemampuan mengendalikan emosi, hidup kita jadi lebih ringan dan bahagia. Kamu tidak perlu ambil pusing dengan perkataan orang lain dan fokus untuk mengembangkan diri.

2. Manajemen keuangan dan finansial.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: broussard poche

Anak muda yang berkualitas adalah anak muda yang mampu mengatur keuangan, jangan sampai lebih besar pasak dibanding tiang. Kamu harus mampu mengalokasikan uang yang akan ditabung setiap bulannya, jangan sampai habis tidak bersisa.

Supaya tidak habis bersisa, kamu harus bisa membedakan dengan jelas di antara kebutuhan dan keinginan agar kantongmu tidak jebol di akhir bulan. Nah, kalau kamu sudah bisa, uangnya bisa kamu tabung dan investasikan loh,lumayan kan?

3. Kemampuan berbahasa asing.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: theodysseyonline

Di era global ini, menguasai bahasa lain selain bahasa ibu itu sangat penting. Ada banyak alasan kenapa kamu perlu memiliki kemampuan ini. Pertama, kemampuan berbahasa asing menjadi nilai tambah bagimu ketika hendak melamar pekerjaan. Bahkan, kebanyakan perusahaan saat ini menetapkan kemampuan berbahasa asing sebagai skill dasar yang diperlukan kandidat pekerja. Kedua, dengan kemampuan berbahasa asing kamu dapat memperluas koneksi pertemananmu sampai ke belahan dunia lain. Selain itu, kamu bisa travelling keliling dunia tanpa hambatan bahasa.

4. Public speaking.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: ted ed

Kemampuan public speaking penting juga dikuasai oleh anak muda, gengs!Dengan kemampuan ini kamu dapat menyampaikan gagasan dan ide kepada banyak orang dengan efektif dan percaya diri tanpa diliputi rasa nervous. Kemampuan public speaking mampu membuatmu lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang dan lebih percaya diri loh.

5. Manajemen waktu.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: freepik

Manajemen waktu adalah salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasain anak muda juga. Bayangin deh kalau kamu gak punya kemampuan ini. Ketika dihadapkan dengan banyak kesibukan atau deadlineyang harus diselesaikan dalam waktu yang sama tapi gak bisa mengatur waktu, kamu akan menjadi kewalahan dan akhirnyadeadlinetidak terselesaikan. Aduh kacaudeh!Ada baiknya kamu mulai berlatih untuk menggunakan waktu sebaik mungkin sehingga tugas dan kesibukanmu dapat terselesaikan dengan baik.

6. Bekerja sama dalam tim.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: youworkforthem

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah mahluk sosial. Kamu tidak akan bisa hidup tanpa orang lain. Suka atau tidak suka, pasti kamu perlu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai sebuah tujuan, baik itu kelompok dalam mengerjakan tugas kuliah, proyek pekerjaan, dan projek lainnya.

Maka dari itu, kamu perlu menguasai kemampuan bekerja sama dalam tim,guys!Dengan menguasai kemampuan ini, kamu mampu berdinamika dalam tim, mengetahui kelebihan dan kelemahan di dalam tim sehingga tujuan dapat dicapai secara optimal. Jadi, tidak ada lagi ya yang namanya 'numpang nama' di dalam tim.Hehe.

7. Kemampuan beradaptasi dan terus belajar.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: footage framefoot

Change is inevitable, setuju gak? Perubahan akan terus menjadi sobatmu selama kamu hidup.That's why kemampuan beradaptasi perlu kamu miliki sebagai anak muda! Kemampuan beradaptasi membuatmu gak takut sama yang namanya perubahan dan membantumu dalam menghadapi berbagai dinamika. Membangun kemampuan beradaptasi dimulai dari kemauanmu untuk terus belajar menghadapi berbagai situasi dengan baik.

8. Kepedulian sosial.

8 Skill ini harus dimiliki oleh anak muda, jangan sampai gak punya!

Foto: unicef

Last but not least,anak muda perlu memiliki yang namanya kepedulian sosial. Terkadang sebagai anak muda, kamu memiliki kecenderungan untuk hanya berfokus kepada dirimu sendiri hingga lupa kalau kamu juga perlu berkontribusi untuk dunia yang lebih baik lagi.Skill-skill di atas tidak akan memberikan dampak yang luas apabila tidak dibarengi dengan kemampuan ini.

Penting sekali buat anak muda untuk memiliki kepedulian terhadap sesama. Kepedulian sosial gak selalu harus terjun menjadivolunteerlohgengs!Kepedulian sosial bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, dimulai dari membangun kepedulian terhadap orang-orang di sekitarmu.

Nah, itu dia 8 skillyang harus dimiliki oleh anak muda agar dapat menjadi anak muda yang berkualitas. Semua kemampuan itu dapat kamu miliki asalkan mau mengembangkan dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi demi masa depan yang cerah!