Semua manusia dilahirkan ke dunia dalam kondisi yang sama. Walau berasal dari keluarga kaya raya sekalipun, seseorang bisa mengalami kesulitan hidup jika tidak menata diri dengan baik. Sebaliknya, seseorang yang lahir dari keluarga biasa dan sederhana bisa menjalani kehidupan mewah saat berhasil mengatur jalan kehidupan harian dengan benar.

Apa parameter kesuksesan seseorang? Uang berlimpah? Sederet mobil? Terkenal dan dikenal di seluruh dunia? Setiap orang mungkin punya ukuran kesuksesan sendiri-sendiri, tapi kalau boleh mengambil satu ukuran yang bisa disetujui bersama maka punya harta kekayaan atau uang merupakan ukuran sebuah kesuksesan.

Artis, pengusaha, atlet dan berbagai jenis profesi lain memungkinkan seseorang meraih kesuksesan tersebut. Tapi kapan pun saat melihat seseorang yang sukses, yang kita lihat hanyalah tampilan sebuah hasil. Bukan usaha yangmembuahkan hasil tadi. Karena usaha sering tidak terlihat saat terjadi. Namun hasil sudah pasti akan mudah terlihat dari seseorang yang sukses secara finansial.

8 Rahasia yang dilakukan orang-orang sukses setiap harinya

(Sumber gambar: Forbes)

Penulis buku yang juga profesor Universitas Princeton Amerika Serikat Kevin Kruse baru-baru ini mendapatkan kesempatan mewawancarai lebih dari 200 tokoh sukses; yang terdiri dari beragam profesi termasuk tujuh orang miliuner, 13 atlet Olimpiade dan banyak lagi lainnya. Berbagai pertanyaan dia ajukan kepada para orang sukses tadi, namun fokus ada di satu pertanyaan yang dianggap penting serta berguna untuk publik.

Apa rahasia nomer satu untuk produktif? Karena produktivitas adalah alasan mengapa seseorang memiliki banyak uang; yang diartikan sebagai sebuah kesuksesan.Dari berbagai jawaban mereka, berikut beberapa jawaban menarik yang muncul dari para orang sukses tersebut.

8 Rahasia yang dilakukan orang-orang sukses setiap harinya

(Sumber gambar: Brian Tracy dotcom)

1. Fokus waktu hingga ke level menit. Bukan jam.

Waktu adalah uang dan itu sebuah istilah yang mengandung kebenaran. Ada 1,440 menit yang dimiliki setiap manusia; baik yang sukses maupun tidak. Uang dapat datang dan pergi, tapi waktu yang terlewati tidak akan dapat tergantikan. Atlet senam Olimpiade legendaris Shannon Miller mengatakan kalau hingga hari ini saya masih membuat jadwal saya dalam hitungan hampir dari menit ke menit dengan detail agar saya tahu waktu saya terpakai seperti seharusnya.

2. Fokus pada satu hal sebelum mulai hal lain lagi.

Lakukan satu hal yang sudah ditetapkan atau dijadwalkan tanpa interupsi atau gangguan apa pun hingga hal itu selesai dan berakhir. Dedikasikan semua waktu, tenaga, dan perhatian pada satu hal tadi hingga selesai.

3. Orang sukses mengalahkan rasa keinginan menunda sesuatu.

Kita membeli banyak sayuran hari ini karena mengira kita akan hidup sehat seminggu ke depan dengan makan sayuran. Yang terjadi adalah kita membuang sayuran yang membusuk sebelum minggu berakhir.

Orang sukses akan mencari tahu apa yang bisa mereka lakukan saat ini juga agar mereka di masa depan tidak mengalami hal yang merugikan. Dalam contoh sayuran tadi, mereka hanya membeli sayuran segar saat merasa ingin makan sayuran sehat. Tidak ada sisa sayur busuk di masa depan jika kita membeli dan memakannya saat ini juga.

4. Bekerja sesuai dengan jam kerja dan pulang ke rumah saat waktu makan malam tiba.

Seperti yang dikatakan eksekutif perusahaan semikonduktor Intel Andrew Grove, Selalu ada yang bisa dikerjakan lagi saat sesuatu yang sedang dikerjakan selesai. Namun itu berbahaya jika tidak seimbang dilakukan. Gunakan 1,440 menit dalam hidup sehari semalam untuk seluruh kegiatan (sosialisasi, beribadah, keluarga, olahraga dll) selain bekerja.

5. Bawa catatan ke mana pun. Ini dilakukan oleh banyak orang sukses.

8 Rahasia yang dilakukan orang-orang sukses setiap harinya

(Sumber gambar: Skift)

Bos perusahaan Virgin, Sir Richard Branson, mengatakan kalau dia mungkin tidak akan mampu membangun Virgin jika tidak terbiasa membawa catatan ke mana pun dia pergi. Raja kapal Aristotle Onassis dulu juga memiliki prinsip serupa. Bawa buku catatan ke mana pun kamu pergi. Catat segala hal yang kamu temui dan kamu pikirkan. Itu pelajaran bernilai jutaan dollar yang nggak diajarkan sekolah bisnis mana pun! sebut Onassis soal kebiasaan membawa catatan di kalangan miliuner.

6.Pareto Principle.

"Hukum 80/20", di mana 80 persen dari hasil berasal dari hanya 20% aktivitas. Orang-orang sukses yang produktif tahu aktivitas mana yang akan paling menghasilkan dan mereka hanya fokus melakukan itu serta mengabaikan aktivitas lainnya.

7. Memulai pagi hari dengan konsistensi kegiatan rutin.

8 Rahasia yang dilakukan orang-orang sukses setiap harinya

(Sumber gambar: Inc dotcom)

Saat mewawancarai para tokoh sukses dan terkenal itu, Kevin Kruse menemukan satu pola sama dan serupa yang dilakukan hampir 200 nama yang dia wawancarai. Memang tidak selalu sama persis, namun orang-orang sukses ini melakukan hal yang secara prinsip sama.

Bangun pagi, meminum air putih, sarapan dengan menu ringan, sedikit gerak badan atau olahraga dan santapan rohani seperti meditasi, membaca maupun menulis jurnal. Memulai hari dengan asupan seimbang antara fisik serta mental secara konsisten akan menjadikan diri sebagai pribadi disiplin; sesuatu yang dimiliki semua figur sukses di dunia.

8. Jangan pernah sampai kehabisan tenaga.

8 Rahasia yang dilakukan orang-orang sukses setiap harinya

(Sumber gambar: From The Grapevine)

Orang-orang sukses tidak pernah melewatkan jam makan, tidur, maupun istirahat di antara jadwal pekerjaan. Dalam pandangan mereka, makanan adalah bahan bakar untuk tubuh. Tidur sebagai cara mengembalikan stamina. Dan istirahat sebagai waktu charging ide dan pikiran sambil mengistirahatkan fisik sebentar.

Secara umum, apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses untuk meraih dan menjaga kesuksesannya tidak sesulit yang dibayangkan, kan? Memang ada faktor-faktor lain dalam meraih kesuksesan (seperti nasib baik, misalnya?) namun melihat persamaan yang dilakukan banyak orang sukses tadi, rasa-rasanya siapapun bisa meniru dan melakukannya. Kamu setuju?