×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

0

Serem

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Beberapa makhluk gaib di Indonesia ternyata punya kesamaan dengan makhluk mistis dari negara lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dypra7891

31 / 01 / 2019 15:47

Indonesia tidak hanya kaya soal wisata, kuliner, namun juga hal lain seperti makhluk gaib atau mistis. Tapi tahukah kamu sebagian di antara para mahluk itu ada yang mirip seperti yang ada di luar negeri? Penasaran kan mahluk apa saja. Yuk simak artikel berikut!

1. Asu Baung dengan Werewolf.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Kamu tentu sudah sangat kenal dengan werewolf, bukan? Nah, makhluk horor dari luar negeri atau tepatnya daratan Eropa itu ternyata juga ada yang mirip dengan di dalam negeri. Kalau di luar negeri, mitosnya werewolf ini merupakan manusia yang ingin keabadian sehingga ia bergabung dengan sebuah sekte penyihir sesat di mana dia harus melakukan sebuah ritual menyembah setan atau iblis di saat bulan purnama. Dan akhirnya dia menjadi werewolf pada saat bulan purnama atau malam hari saat terang bulan terlihat.

Mitosnya, werewolf sangat lemah dengan perak dan ketika dia menggigit atau mencakar manusia, maka manusia itu juga bisa menjadi werewolf yang baru. Agar bisa bertahan hidup, werewolf harus mencari makan yang biasanya daging manusia atau hewan ternak.

Loading...

Nah, kalau di Indonesia sendiri, ada yang disebut Asu Baung atau Asu Panting. Asu Baung sendiri legenda di tanah Jawa sedangkan Asu Panting ada di tanah Sulawesi. Orang Jawa menyebut Asu Baung karena suara lolongannya yang memecah kesunyian malam dan sulit dilacak di mana suara itu berasal. Di Jawa sendiri mahluk ini dianggap meresahkan karena suka menghisap darah hewan ternak, memakan jantungnya, dan ditinggal mati begitu saja. Teror ini biasanya berlanjut selama seminggu yang bahkan belum ada satu pun yang bisa menjebaknya.

Mitos mengatakan, siapapun yang kebetulan memergokinya lalu menatap matanya, maka esok harinya ia akan jatuh sakit. Rumor juga mengatakan bahwa Asu Baung merupakan seseorang yang mempraktikkan ilmu hitam. Ada juga yang mengatakan kalau Asu Baung merupakan hewan kriptid yang punah. Asu Baung mempunya fisik badan manusia berkepala serigala dengam bulu serigala di sekujur tubuhnya dan juga cakar-cakar tajam di tangan dan kakinya. Salah satu kisah penampakan bahkan menyebutkan Asu Baung jika akan menemui calon korban akan menyebut nama calon korban di depan rumahnya lalu mencakar-cakar pintu tadi sebelum akhirnya lenyap.

 

2. Gendruwo dengan Bigfoot.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Gendruwa atau lebih terkenal dengan sebutan Gendruwo ini mempunyai fisik yang menyeramkan, wujudnya mirip manusia namun tinggi dan besar, banyak bulu hitam lebat di sekujur tubuhnya, gigi taring dan kukunya tajam. Di tanah Jawa sendiri gendruwo sebenarnya ada yang baik dan ada pula yang jahat. Yang baik biasanya menampilkan diri sebagai kakek tua yang bijak dan suka menjaga tempat hunian rumah. Sedangkan yang buruk biasanya iseng dan cabul.

Gendruwo jahat suka mengganggu anak dan wanita. Bahkan libidonya yang tinggi membuat gendruwo mudah terangsang, dan parahnya bisa melakukan hubungan intim dengan wanita dengan menyamar sebagai suaminya. Bahkan ada yang menyebut mereka bisa punya anak. Jika iseng gendruwo jahat akan menampilkan dirinya dengan ukuran yang kecil dan dalam sekejap bisa berubah tinggi besar dan menakutkan bagi manusia. Bau gendruwo mitosnya mirip seperti sampah yang dibakar dan bau kencingnya sangat sulit untuk dihilangkan.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Nah kalau di luar negeri atau tepatnya di Amerika, ada yang disebut dengan Big Foot atau Sasquatch. Fisiknya hampir mirip, bedanya kukunya tak setajam gendruwo, mukanya mirip manusia purba, dan bulunya kadang ada yang hitam dan ada yang cokelat. Beda halnya dengan gendruwo, big foot jarang meneror penduduk, paling hanya membuat kaget dengan melintasi satu pohon dengan pohon lainnya. Perbedaan lain adalah yang satu mahluk astral dan yang satu mahluk kriptid.

 

3. Kuntilanak dengan Banshee.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Siapa yang tak kenal dengan mahluk mistis legendaris layaknya kuntilanak. Iya mahluk ini sudah terkenal di daratan Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Indonesia. Kuntilanak mempunyai ciri berbentuk wanita, berkulit putih pucat, kadang cantik kadang buruk rupa, memakai gaun atau daster putih panjang, dan rambutnya panjang acak-acakan. Dalam kepercayaan Jawa, biasanya kuntilanak menganggu wanita hamil dan juga bayi dan untuk itu biasanya paku, jarum, gunting dan pisau diselipkan dibalik bantal karena kuntilanak takut dengan benda tajam. Terkadang ia menakuti manusia dengan cekikan dan tangisannya.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Sama halnya dengan Kuntilanak, Banshee juga merupakan hantu wanita yang memakai gaun atau daster putih panjang, berambut panjang acak-acakan berwarna hitam, kadang abu-abu beruban, dan merah. Mukanya mungkin sama menyeramkannya seperti kuntilanak, namun perbedaannya ialah dia biasanya menakuti keluarga yang terdapat orang meninggal atau orang mau mati. Bahkan ia bisa memprediksi kematian dengan menangis di malam hari atau mengeluarkan teriakan kencang menyeramkan di depan orang yang mau meninggal itu.

 

4. Hantu kompeni Belanda tanpa kepala dengan makhluk legenda Sleepy Hollow.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Kalau kalian menonton film Sleepy Hollow yang diangkat dari novel yang diangkat juga dari kisah horor nyata dari desa Sleepy Hollow (dulu North Tarry Town ) Amerika Serikat, di situ terdapat makhluk mistis yang berupa prajurit berkuda (rumornya prajurit berkuda Jerman abad ke-17 yang disewa Inggris buat melawan warga Amerika keturunan Belanda) yang tak mempunyai kepala sambil menunggang kuda yang suka meneror warga setempat dengan pedang tajamnya. Sang makhluk gaib ini ternyata menghantui orang sekitar sambil bertanya di mana kepalanya yang menghilang itu.

Nah, sama halnya dengan Sleepy Hollow, di Bandung juga ada mahluk mistis berupa prajurit kompeni Belanda tanpa kepala yang suka menunggang kuda yang selalu meniup peluit pada malam hari. Rumornya makhluk mistis ini dulunya merupakan komandan perang yang terbunuh oleh para prajurit pribumi pada saat perperangan. Berbeda dengan Sleepy Hollow, makhluk mistis ini meneror dengan turun dari kuda, mengambil kepalanya yang tergeletak tak jauh dari dirinya dan menyerahkan kepada manusia yang melihatnya yang kadang membuat manusia ketakutan.

 

5. Spok dengan Swamp Thing.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Untuk satu ini sebenarnya rada gak nyambung, tapi tetap menarik. Spok merupakan makhluk mistis dari Papua yang perawakannya manusia tinggi besar dengan akar dan tumbuhan merambat yang menyelimuti dirinya. Makhluk ini sebenarnya mirip dengan karakter DC Swamp Thing, yang membedakan bahwa Spok tinggal di hutan dan Swamp Thing tinggal di rawa. Untuk saat ini rumornya karena banyak hutan yang digunduli, Spok bisa muncul di mana saja bahkan di siang hari.

 

6. Tuyul dengan Goblin.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Kalau di Indonesia ada Tuyul, maka di Eropa ada goblin. Keduanya mempunyai perawakan yang hampir mirip yaitu bertubuh pendek, bermata bulat besar dan lebar, bertelinga lancip dan suka mencuri. Namun biasanya goblin lebih suka mencuri emas dan permata, sedangkan tuyul duit. Lalu tuyul biasanya suka memakai cawet sedangkan goblin memakai pakaian umum khas Eropa abad ke-17, kadang ada yang bilang suka tanpa pakaian. Perbedaan lainnya tuyul hidungnya tak semancung goblin. Dalam mitologi Eropa goblin juga digambarkan ahli dengan perniagaan.

 

7. Botol Manci dengan Gnome.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Kalau di Eropa ada Gnome, sejenis mahluk kurcaci yang melegenda yang bertubuh kerdil memakai topi santa berujung lancip, berjenggot, dan suka hidup di bawah tanah. Di Maluku pun juga ada mahluk sejenis yaitu Botol Manci, si penghuni bambu hias. Mereka memakai topi lancip dan memegang lampu botol yang menyala redup. Jenisnya ada pria, wanita, muda, dan tua.

Penampakannya biasanya ditandai dengan adanya sinar lampu remang di sela ranting-ranting bambu. Walau terlihat imut dan lucu, mereka ini sebenarnya sangat usil dan berbahaya. Mereka biasanya suka menyembunyikan bayi dan balita manusia dan untuk membebaskannya harus dengan sapu lidi yang dibakar ujungnya lalu dimainkan dibawah pohon bambu hias, ritual ini disebut Mangael Botol Manci. Cara itu juga bisa digunakan manusia untuk merebut topinya, tapi tidak mudah untuk merebut topinya karena manci merupakan mahluk kuat dan lincah. Jika berhasil manusia bisa meminta permohonan kepada manci dan jika tidak berhasil, manusia itu akan digelitiki manci sampai mati.

 

8. Kambe dengan Satyr.

8 Makhluk mistis Indonesia ini mirip dengan makhluk dari negara lain

Tahukan kalian makhluk aneh setengah manusia setengah kambing yang pernah hadir di film Narnia? Dia adalah Satyr, makhluk mitologi Yunani berbentuk unik yang gemar minun wine dan bermain musik.

Nah di Indonesia, tepatnya Kalimantan juga ada makhluk yang rupanya mirip dengan Satyr, namanya Kambe. Perbedaannya, Kambe ini selalu mengusili manusia dengan menyosor susu kambing ternak milik manusia, membuat para anak kambing kekurangan gizi. Ditambah aksinya selalu membuat kegaduhan di kandang, menyebabkan para kambing terus berteriak dan tentunya membuat manusia sulit tidur. Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk lincah yang sulit ditangkap, ketika mau ditangkap ia akan lenyap begitu saja. Tanda-tanda kedatangannya yaitu adanya bau menyengat dari arah hutan pada malam hari.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red