×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

0

Film

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Biasanya orang yang hanya mengenal karakter ini dari layar bioskop akan memiliki sedikit kesalahpahaman tentang superhero idolanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hadi Alkatiri

29 / 04 / 2019 14:20

Karakter-karakter seperti Spider-Man, Hulk, dan anggota X-Men telah mempunyai reputasinya sendiri selama berdake-dekade. Tapi sejak kemunculan Marvel Cinematic Universe, populasi dari "True Believers" telah bertumbuh dengan sangat masif. Orang-orang, dari mulai orang tua, hingga keponakan kecil kalian dapat menceritakan kisah dari karakter-karakter komik itu dengan detail. Dari mulai Paman Ben, Alfred, Planet Krypton, Stark Industries hingga dua mama Martha, Spider-Ham hingga Ego the Living Planet. Dewasa ini merupakan masa yang hebat bagi orang-orang yang bergerak di bisnis superhero (ya, kini ada bisnis superhero).

Sekarang dunia di kepala para geek adalah dunia yang dipenuhi dengan variasi makhluk mitologi, kebohongan, dan orang-orang biasa yang mungkin punya kemampuan aneh. Tapi bagi yang hanya tahu para superhero dari layar bioskop, mungkin akan sedikit memiliki kesalahpahaman akan hal-hal mengenai para superhero yang selama ini mereka idolakan, dan mungkin masih menjadi pemahaman tunggal dalam waktu yang lama. Inilah beberapa di antaranya.

8. Ghost Rider adalah ghost atau hantu.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Yup, namanya "Ghost" Rider. Dia merupakan seorang stunt motorcyclist yang bisa berubah menjadi tengkorak berkepala api. Sangat mudah mengetahui darimana kesalahpahamannya bermula. Pada kenyataannya, Johnny Blaze mungkin akan sangat lega jika dirinya yang lain hanyalah hantu yang tidak bersalah. Kenapa? Masalahnya adalah makhluk yang berbagi tubuhnya adalah seorang yang sangat kejam.

Loading...

Tengkorak berkepala api terpopuker di jagat Marvel (karena memang dia satu-satunya) itu seperti yang dijelaskan Direktur Marvel adalah sisi Iblis dari Odin bernama Zarathos, kemudian dia terikat dengan Johnny Blaze (dan orang-orang malang lainnya) ketika dia membuat kesepakatan dengan Lucifernya Marvel, Mephisto. Situasi ini semakin tidak menguntungkan bagi Johnny Blaze karena Zarathos termasuk Iblis yang "nakal", dan malangnya juga bagi Zarathos karena Johnny adalah orang yang sulit diperbudakan untuk menuntut balas pada manusia atau membantai orang-orang yang tidak bersalah. Jadi saat Bruce Banner berpikir bahwa Hulk adalah makhluk buas yang tak berakal yang harus disingkirkan, setidaknya si hijau besar itu memiliki hati yang baik, tidak seperti si Ghost Rider.

 

7. Human Torch muncul pertama kali dengan Fantastic Four.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Si anak nakal Johnny Storm selalu mengundang perhatian, entah itu di komik dan serial TV, bahkan versi Chris Evans melalui keflamboyanannya, celetukan-celutkannya, hingga kejahilannya. Tapi banyak yang tidak tahu kalau Johnny Storm adalah orang kedua yang menyandang julukan Human Torch. Puluhan tahun sebelum Johnny berteriak "SHAZAM!" eh maaf, "Flame on!". Karakter Human Torch original pertama muncul pada 1939, pada cover komik Marvel edisi pertama, dan dia bisa dibilang merupakan salah satu karakter superhero pertama yang terbit. Tapi saat kemampuan hebatnya dalam melempar bola-bola api tidak berguna sama sekali jika dibandingkan dengan cosmic rays. Dia semacam android yang diciptakan oleh Dr. Phineas T. Horton, yang secara tidak sengaja mampu memiliki perasaan layaknya manusia. Dia dikenal karena melawan anti-hero idealis Namor, the Sub-Mariner. Torch kemudian sering bergabung dengan Captain America dan cukup memainkan peran kunci di Perang Dunia II versi Marvel.

Dan coba tebak, dia pernah muncul di MCU. Tidak percaya? Tonton lagi Captain America: The First Avenger, dan coba amati bagaimana salah satu layar di World's Fair itu adalah "Sintetis Man" dalam kostum merah yang familiar.

 

6. Semua anggota X-Men adalah mutan.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Baiklah, sebagain besar dari karakter komik yang pernah memakai sabuk X memang adalah mutan. Tetapi ada beberapa dari mereka, yang cukup terkenal bahkan sangat terkenal adalah bukan Mutan. Kalian pikir selama mereka punya kekuatan aneh dan bertarung berdampingan dengan profesor X, maka mereka adalah mutan?

FYI, Spider-Man sebenarnya juga pernah belajar di X-Mansion lho? Ada juga si kuat Juggernaut, meski cukup terkenal tapi dia mendapat kekuatannya dari batu rubi ajaib. Ada juga karakter-karakter seperti Fantomex, seorang alien bernama Warbird, naga kecil lucu, juga ada Cyborg dari masa depan. Bahkan kalau kalian sadar, Deadpool juga bukan mutan karena dia mendapatkan kekuatan regenerasinya dari percobaan ilmiah untuk menyembuhkan kankernya.

 

5. Captain Marvel bukanlah karakter original Marvel.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Kalau ini sudah pada tahu lah, ya. Dilansir dari Gizmodo, perebutan nama Captain Marvel terjadi saat masa-masa awal sejarah komik superhero. Fawcett Comics (yang sekarang sudah gulung tikar) adalah yang pertama yang memperkenalkan tokoh bernama Captain Marvel, seorang bocah bernama Billy Batson dapat kekuatan ajaib setiap kali dia mengatakan "Shazam!" Buum tubuhnya menjadi bak orang dewasa berotot dengan ragam kemampuan ajaib. Tapi DC Comics datang dengan surat tuntutannya, mengatakan kalau Captain Marvel merupakan plagiat dari Superman. Maka jadilah Captain Marvel diakuisisi secara gratis oleh DC pada 1950.

Beberapa dekade kemudian, Marvel pun menyadari kalau mereka harus punya karakter bernama Captain Marvel. Jadilah mereka menciptakan seorang superhero pria Kree bernama Mar-Vell (yang konyolnya diperankan oleh Annette Bening di filmnya kemarin). Setelah pertarungan yang cukup lama pada 1970-an, akhirnya Marvel Comics memenangkan lisensi untuk memakai karakter bernama Captain Marvel. Tak mau kehilangan salah satu superhero uniknya (yang dimenangkan dengan susah payah), DC pun tetap merilis kisah Billy Batson, tapi mereka mengganti nama aliasnya menjadi Shazam! dan setelah 40 tahun merilis kisah Shazam! akhirnya fans pun terbiasa dengan perubahan nama ini. Dan pada 2010 pun akhirnya DC secara resmi mengganti nama Hero Billy Batson dengan nama Shazam! saat Marvel juga sudah mempopulerkan Hero Carol Danvers sebagai Captain Marvel yang berlanjut ke Malala Khan sebagai Miss Marvel.

 

4. Pepatah ikonik untuk Spider-Man pertama kali diucapkan oleh paman Ben.

Tidak ada frasa di dunia superhero yang se-ikonik "With great power comes great responsibility," salah satu pepatah yang diucapkan oleh Ben Parker pada keponakan ajaibnya, Peter Parker. Sekarang kutipan itu dianggap sebagai ucapan original dari Paman Ben, tapi sebenarnya tidak demikian. Quote itu sebenarnya muncul pertama kali di komik pertama Spider-Man di panel Narasi. Dengan kata lain, si naratorlah yang pertama mengucapkannya, bukan paman Ben tercinta kita.

Tapi sangking melekatnya, dari dulu kita berpikir bahwa Paman Ben-lah yang pertama mengucapkannya, apalagi setelah Cliff Robertson membuat semua orang menitikkan air mata di Spider-Man 2002. Kecil sih, tapi penting untuk tahu dari mana semua itu bermula.

 

3. Black Widow tidak punya kekuatan super.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Takutlah pada Hulk semau kalian, tapi jika saatnya tiba kalian harus lebih ngeri pada Black Widow. Kemampuan beladiri, kecepatan, hingga keahlian menggunakan ragam senjata sudah cukup untuk meng-KO musuh Avengers. Namun hal itu pula yang membuat orang-orang jadi salah persepsi mengenai dirinya, bahwa dia tidak memiliki kekuatan super sama sekali. Sebenarnya dia punya beragam kemampuan super meski terbilang biasa saja. Ayolah dia bukan si Hawkeye, guys.

Ingat pada "Red Room" yang menyeramkan di Avengers: Age of Ultron? Fasilitas cuci otak Uni Soviet yang mengubah Natasha menjadi sang Black Widow? Yup, mereka tidak hanya memberikan pelatihan intensif dan abusive saja. Di komik (dan mungkin akan ditampilkan di film solo nya nanti) mereka juga menginjeksikan serum Super-soldier versi Rusia terhadap anak didik mereka. Sudah jelas memang efek serum ini tidak segila serum buatan Dr. Erskine, sejak kalian tau Natasha tidak bisa lompat gitu aja dari lantai atas gedung atau dari Helikopter melayang tanpa terluka sedikitpun. Tapi sebenarnya serum itu mengupgrade stamina, ketahanan terhadap rasa sakit, kelabakan terhadap ragam penyakit, hingga memperlambat penuaan.

 

2. Anggota Fantastic Four yaa ada empat.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Fantastic Four yang kalian kenal mungkin hanya terdiri dari empat anggota klasiknya. Reed si jenius, Sue si bijak dan penuh kasih, Johnny d yang selalu bersemangat dan Ben yang hmm... sesuatu. Tapi jika kalian mau sedikit kritis, bahkan di dunia nyata pun hal itu merupakan hal yang mustahil. Satu kamar dengan seseorang selama beberapa tahun saja sudah merupakan tantangan apalagi Fantastis Four yang sudah bekerja sama sejak 1960-an. Jadi sudah bukan barang aneh lagi jika mereka mengganti dan menambah anggota. Perubahan ini memang tidak selamanya, tapi itu benar terjadi.

Berdasarkan komiknya, beberapa pahlawan terkenal yang pernah bergabung dengan Fantastic Four termasuk, Spider-Man, Luke Cage, She-Hulk, Venom, Ant-Man, Medusa, dan Black Panther. Bahkan itu belum termasuk anak-anak dari Reed dan Sue, Franklin dan Valeria, yang memiliki kekuatan kosmik di tubuh mereka. Mungkin tim ini harus punya nama yang lebih akurat seperti The Fantastic Four Thousand atau The Fantastic Revolving Doors.

Mungkin kombinasi teraneh dari Fantastic Four adalah saat tim ini beranggotakan Spider-Man, Wolverine, Hulk, dan Ghost Rider, dan jika kalian pikir ini lelucon maka kalian salah. Yup, percaya atau tidak, itu pernah terjadi.

 

1. Groot hanya bisa mengatakan tiga kata saja.

8 Karakter Marvel ini punya fakta menarik yang sering disalahpahami

Kalian mungkin bisa memaklumi kalau pohon yang dapat berbicara paling dicintai di seluruh dunia itu hanya bisa mengatakan tiga kata saja, "I am Groot," dan hanya itu. Dan apapun situasinya dia hanya akan bilang "I am Groot." Tetapi, Groot sebenarnya diciptakan tidak memiliki batasan intelegensi, dan siapapun yang sudah mengenalnya cukup lama (yang sudah belajar memahami perkataan Groot) seperti Rocket, pasti tau kalau Groot sebenarnya cukup enak untuk diajak ngobrol.

Contohnya di film MCU, dilansir dari Hollywood reporter.com, sutradara Guardians of the Galaxy, James Gunn telah secara terbuka menterjemahkan banyak frasa-frasa yang pernah dikontraknya Groot atau Baby Groot. Dilansir dari SyFy, mungkin kalimatnya yang paling membuat sedih adalah kata-kata terakhirnya di Avengers: Infinity War, saat ia berkata "Dad" pada si Rocker. Di komiknya bahkan Jean Grey pernah menggunakan kekuatan telepatinya untuk menerjemahkan perkataan Groot. Dan di luar dugaan ternyata perkataannya cukup dalam, bahkan sangat puitis dan Philosophical.

Fakta lain mengenai Groot yang harus kalian tahu adalah di MCU, orang-orang berpikir bahwa baby Groot (yang sekarang Groot remaja) adalah Groot original yang tumbuh lagi dari batang tubuhnya, tapi James Gunn mengonfirmasi bahwa Groot yang sekarang Groot yang benar-benar berbeda. Itulah sebabnya ia menganggap Rocket adalah ayahnya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red