×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Fakta mengenai Hummingbird, burung terkecil di dunia yang memesona

0

Binatang

8 Fakta mengenai Hummingbird, burung terkecil di dunia yang memesona

Burung mungil ini mencuri perhatian dunia dengan segala pesonanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

weni sari

07 / 01 / 2019 10:24

Ada banyak makhluk ajaib di planet ini, tetapi sangat sulit untuk mengalahkan Hummingbird atau dikenal dengan sebutan burung Kolibri ketika berbicara tentang pesona. Dengan badan sebesar penjepit kertas, mereka ibarat peri dunia yang dipenuhi oleh permata dengan kilauan bulu-bulu indah. Kolibri adalah burung kecil bertubuh padat, berotot kuat, dan bersayap unik yang memiliki bakat dan sejumlah fakta berikut ini.  

1. Detak jantung tercepat.

Dengan detak jantung melebihi 1.200 detak per menit, Kolibri memegang rekor detak jantung tercepat di dunia hewan.

 

2. Mata yang lebih canggih dari manusia.

Loading...

hummingbird eyes

Ketika burung Kolibri tidak dapat mencium dengan baik, mereka justru dapat melihat berbagai macam warna yang tidak dapat kita lihat, hal ini berkat kemampuan mereka dalam memproses cahaya ultraviolet.  Mereka juga punya kacamata terbang, yaitu kelopak mata ketiga yang berbentuk seperti tirai transparan yang dapat ditarik untuk melindungi mata selama penerbangan.

 

3. Sang akrobatik udara.

Burung kolibri dapat terbang tidak hanya maju, tetapi juga lurus ke atas dan ke bawah, ke samping, ke belakang dan melayang-layang di depan bunga ketika mereka mendapatkan nektar dan serangga. Mereka juga dapat mengalahkan sayap mereka dalam pola angka delapan, yang menjadikan mereka satu-satunya vertebrata yang mampu bertahan terbang melayang.

 

4. Pesolek dan bergaya.

Tampilan bergaya hummingbird

Banyak dari Kolibri yang berwarna permen dengan ornamen bulu gemerlap seperti permata berwarna-warni, guys. Bulu tubuh burung Kolibri sering sangat metalik yang akan berkilauan di bawah cahaya. Penampilan yang sama kebanyakan menunjukkan jenis kelamin yang sama pula.

Berbagai kecemerlangan bulu dan ornamen ini hanya dapat disaingi oleh burung cendrawasih dan burung-burung tertentu. Padu padan warna bulu mereka bahkan belum bisa dikalahkan oleh desainer terbaik dunia sekalipun. Para kolibri jantan sadar akan keindahan bulu mereka dan menggunakan pesona ini untuk mondar-mandir dan berkicau riang saat merayu Kolibri betina.

 

5. Sarang kecil yang menggemaskan.

Sarang mungil

Sarang burung Kolibri adalah rumah mungil di dunia burung, biasanya tidak melebihi ukuran setengah kulit kenari. Seperti cangkir kecil beludru yang dibentuk dari lumut, daun, dan potongan tanaman, dijalin bersama dengan sutra laba-laba. Dan di dalam sarang, induk burung menyimpan satu sampai tiga telur kecil seukuran mutiara kecil.

 

6. Rakus nektar.

Rakus nektar

Karena mereka adalah burung dengan kepakan sayap tercepat, maka mereka juga butuh energi yang besar untuk menjaga agar tetap bersemangat. Para jantan dan betina kecil ini membutuhkan makanan dalam jumlah yang luar biasa yang mana sebagian besar dalam bentuk nektar. Satu studi mencatat bahwa burung Kolibri dapat melahap air gula dalam sehari yang sama dengan 14 kali berat tubuhnya.

 

7. Tak pernah lupa.

Percaya atau tidak guys, Hummingbird memiliki kekuatan otak yang luar biasa! Kunjungan ke ratusan bunga setiap hari mengharuskan mereka mengingat bunga apa yang telah mereka datangi, serta sejumlah informasi detail lainnya. Studi lapangan dan laboratorium menunjukkan bahwa Kolibri dapat mengingat hingga kualitas nektar, tingkat pengisian ulang nektar, isi bunga, dan lokasi bunga. Ingatan ini memungkinkan mereka menghindari untuk mengunjungi kembali bunga-bunga tersebut secara berulang.

 

8. Agresif.

Hummingbird yang berperang

Walaupun dinobatkan sebagai burung terkecil di dunia, faktanya Hummingbird atau Kolibri adalah burung yang agresif dalam menjaga teritori mereka.

Semoga bermanfaat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red