×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Bajak laut paling disegani di dunia, Jack Sparrow beneran ada?

0

Wow

8 Bajak laut paling disegani di dunia, Jack Sparrow beneran ada?

Ternyata reputasinya memang sangat terkenal bahkan di sesama bajak laut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

30 / 11 / 2018 14:46

Bajak laut atau Pirate merupakan para perampok di laut yang bertindak di luar segala hokum. Kata “Pirate” berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyerang. Tujuan mereka tidaklah bersifat politik, namun lebih ke mencari keuntungan sendiri. Target utama penyerangan bajak laut sebagian besar adalah kapal-kapal dan daerah kolonial yang berada di bawah kekuasaan Spanyol atau Portugis. Ini merupakan suatu hal yang logis karena kedua kerajaan tersebut itulah yang dahulu memonopoli perdagangan Eropa dan Dunia Baru. Berikut ini adalah 7 bajak laut terhebat dan paling ditakuti di dunia. Cekidot!

8. Olivier Levasseur – The Buzzard

Olivier Levasseur

Olivier Levasseur tidak seperti kebanyakan bajak laut yang berasal dari kalangan bawah, dia berasal dari sebuah keluarga yang kaya raya. Olivier sempat mendapatkan pendidikan sebagai angkatan laut di Prancis. Julukan yang dia dapatkan dari bajak lau lainnya adalah “The Buzzard”. Julukan ini diberikan karena kecepatannya dalam menyerang musuh. Catatan bajak laut lainnya mengatakan bahwa Olivier pertama kali menjadi bajak laut saat perang invasi Somalia atau Perang Spanyol pada tahun 1701 dan tahun 1714.

7. Anne Bonny – The Dark Lady

Anne Bonny

Anne Bonny merupakan salah seorang bajak laut wanita. Dia berasal dari Irlandia sekitar tahun 1688 sampai dengan tahun 1690-an. Awal hidupnya menjadi bajak laut, ia memiliki perilaku aneh dari para wanita sebayanya. Ia memiliki amarah yang tinggi, dan memiliki jiwa kesadisan atau membunuh. Julukan para bajak laut kepadanya adalah “The Dark Lady” karena kehausannya dalam membunuh siapa saja yang menjadi incarannya. Sama seperti Olivier, Anne berasal dari keluarga yang lumayan kaya. Ayahnya adalah seorang pengacara di Irlandia. Anne Bonny ini merupakan bajak laut wanita paling terkenal dalam sejarah dan sampai diperankan dalam fil-film Hollywood hingga sekarang.

Loading...

6. Calico Jack

Calico Jack

Calico Jack adalah seorang bajak laut yang lahir pada tahun 1623 di pulau Bahamas. Dia seringkali dikatakan sebagai inspirasi dari pembuatan karakter Jack Sparrow dalam serial film Pirates of the Caribbean, namun pernyataan ini salah. Calico Jack bukanlah inspirasi dari karakter Jack Sparrow yang selama ini kalian tonton di film-film Hollywood. Ia berbeda dari perwatakan Jack Sparrow yang gila dan gokil, namun ia berwatak beringas dan merupakan salah satu bajak laut paling ditakuti di Inggris. Ia memiliki kapal berbendera hitam dengan tengkorak putih serta dua belati. Calico Jack ingin mempunyai keluarga bajak laut sejak dari kecil, jadi dapat dikatakan ia adalah bajak laut tulen. Tapi bajak laut lainnya pernah mengatakan bahwa ia adalah bajak laut yang pernah menyerang Kerajaan Inggris.

5. Edward Teach – Blackbeard

Edward Teach

Siapa yang suka dengan film Pirates of the Caribbean pasti akan tahu pada bajak laut yang satu ini. Dia adalah salah satu karakter dalam film tersebut yang menjadi musuh Barbossa dan Jack Sparrow yang memiliki kekuatan gaib pada pedangnya untuk mengendalikan kapal. Ia pernah membajak lebih dari 40 kapal dagang di perairan Karibia dan juga membunuh semua manusia atau awak yang ada di dalam kapal yang dirompaknya. Kebengisannya membuat dia ditakuti di seluruh lautan Atlantik ditambah lagi dengan janggut hitam yang menutupi seluruh wajahnya membuatnya semakin menakutkan.

4. Khairuddin Barbarossa

Khairuddin Barbarossa

Yang sering nonton film Pirates of the Caribbean juga pastilah akan mengetahui karakter satu ini. Ya, Barbossa memang benar-benar ada di dunia lampau dan akhirnya karakternya dimasukkan film tersebut dimana ia merupakan kapten kapal yang tak selalu memiliki kapal dan juga hokinya gede, dulunya merupakan musuh Jack Sparrow lalu pada akhirnya menjadi sekutunya. Pada aslinya, Khairuddin Barbarossa ditakuti oleh seluruh bangsa Eropa pada masa hidupnya. Di Eropa, namanya tercatat sebagai bajak laut kejam berjenggot merah penguasa samudera. Tapi dalam sejarah Islam, namanya harum mewangi sebagai laksamana penjaga wilayah Khilafah Utsmani yang gagah dan perkasa. Hollywood adalah corong barat dalam melakukan propagandanya untuk mengaburkan sejarah secara tidak langsung kepada generasi Islam.

3. Davy Jones – Ghost Pirates

Davy Jones

Davy Jones adalah hantu bajak laut yang ditakuti oleh dunia hingga sekarang. Sebenarnya agak tidak masuk akal bahwa hantu masuk dalam daftar ini. Cerita dan film juga banyak memaparkan bahwa Davy Jones mempunyai wajah seperti cumi-cumi dengan banyak tentakel. Sebagai legenda dan cerita khayalan, ternyata di kehidupan nyata dia memang merupakan seorang bajak laut yang dikutuk bersama dengan kapal beserta awaknya untuk mengarungi 7 samudera tanpa henti serta menghantui bajak laut lainnya yang masih hidup.

2. Jack Ward

Jack Ward

Menurut data dan sejarahnya, dia inilah yang menjadi inspirasi dari karakter Jack Sparrow. Ia lahir di Inggris pada tahun 1553. Sebelum menjalani kehidupan sebagai bajak laut, John Ward adalah seorang nelayan sampai pada tahun 1588 saat armada Spanyol gagal menginvasi Inggris. Sejak saat itu, ia menjadi bajak laut tersertifikasi dalam artian legal. Jadi nggak kayak bajak laut yang jahat-jahat gitu. Sebagai bajak laut yang dilegalkan oleh Kerajaan Inggris, mereka diperbolehkan menyerang kapal-kapal Spanyol. Selepas perang selesai, status bajak laut legal ini dicopot. Jack Ward dipaksa menjadi anggota angkatan laut, tapi ia menolak dengan melarikan sebuah kapal. Ia dan beberapa koleganya kemudian mulai menjadi bajak laut. Jack Ward sendiri dipilih oleh teman-temannya untuk menjadi kapten bajak laut.

1. Henry Morgan

Henry Morgan

Henry Morgan, lahir pada tahun 1635 di sebuah keluarga petani, di Welsh tapi dia memilih untuk hidup di lautan Henry Morgan pertama kali menjadi awak dari bajak laut di pulau Tortuga, dan beralih ke Barbados. Henry Morgan adalah satu-satunya bajak laut yang pergi menuju Afrika dan menguasai sebagian Afrika, dan satu buah armada dan pelabuhan yang dimiliki terbesar ada di Jamaika, dan Venezuela, namun sebelum bergelut didunia Bajak Laut Henry Morgan pernah  diangkat menjadi perwira Inggris dan bajak laut umum. Henry Morgan menjadi teror dari semua orang Spanyol di Hindia Barat. Total Armada yang pernah dia pimpin adalah 36 kapal dan 2000 ABK. Dia juga adalah bajak laut yang telah menulusuri paling banyak lautan setelah Columbus.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red