×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tips agar tetap sehat selama travelling

0

Kesehatan

7 Tips agar tetap sehat selama travelling

Nggak mau kan jatuh sakit saat travelling, makanya ikuti tips berikut agar tetap sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Andre Ravilda Gustiansyah

06 / 11 / 2017 13:30

Travelling merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi bagi seorang pecinta kebebasan. Namun, terkadang suasana bahagia selama travelling akan hancur berantakan jika secara tiba-tiba kita jatuh sakit.

Untuk menghindari hal itu terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar liburan Anda tetap berjalan lancar, seperti:

1.      Vaksinasi

vaksin

Foto: pixabay.com

Loading...

Memvaksinasi tubuh adalah hal yang sangat penting bagi yang ingin berpergian jauh. Dengan suntik vaksin, tubuh akan kebal terhadap beberapa macam penyakit yang mungkin saja akan ditularkan ketika Anda berkunjung ke suatu negara.

Jika Anda kurang memahami mengenai vaksin, Anda bisa konsultasikan dengan dokter. Anda bisa minta saran dokter, kira-kira vaksin yang seperti apa harus digunakan sebelum berpergian ke suatu tempat. Berbeda tempat, berbeda pula jenis penyakitnya.

2.      Bawa anti nyamuk dan tabir surya

sunblock

Foto: pixabay.com

Jika Anda hendak berlibur ke negara beriklim tropis disarankan untuk membawa anti nyamuk. Bisa saja ketika Anda liburan, tiba-tiba Anda digigit nyamuk yang tidak diketahui jenisnya. Dan Anda tidak tahu bahwa nyamuk tersebut berpotensi menularkan penyakit, misalnya malaria, DBD, atau bahkan zika.

Sedangkan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Sehingga kulit akan tetap aman, terutama dari terjangan radiasi ultraviolet yang dapat menimbulkan kanker kulit.

3.      Siapkan asuransi

“Siapkan Payung Sebelum Hujan.” Sebagai langkah pencegahan, siapkan asuransi. Konsultasikan dengan ahlinya, kira-kira jenis asuransi apa yang perlu disiapkan ketika hendak berlibur, apakah asuransi kesehatan, kecelakaan, atau sebagainya.

4.      Terapkan budaya sehat

jalan kaki

Foto: pixabay.com

Apakah budaya sehat ketika travelling? Berjalan kaki. Usahakan untuk memperbanyak jalan kaki saat berlibur. Selain karena sehat, berjalan kaki akan membuat liburan berasa sangat mengasyikan. Mungkin Anda akan menemukan sesuatu hal yang tak terduka dengan berjalan kaki. Apakah itu? Lihat saja nanti!

5.      Jaga asupan makanan

jaga makanan

Foto: aktual.com

Biasanya saat berlibur para pelancong akan sangat mudah tergiur dengan wisata kuliner daerah tertentu. Ini adalah pintu masuk bagi beragam penyakit.

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, bukan berarti Anda harus meninggalkan wisata asyik yang satu ini. Disarankan hanya makan makanan khas daerah tempat Anda berlibur saja, misalnya Anda berlibur ke Yogyakarta, Anda bisa mencoba makan gudegnya.

Jangan lupa juga untuk tetap mencukupi minum air putih. Anda boleh minum jenis minuman lainnya, tapi konsumsi air putih harus lebih banyak dari minuman tersebut.

6.      Jaga kebersihan

mencuci tangan

Foto: pixabay.com

Jangan sampai terlalu terbawa suasana bahagia saat liburan. Tetap perhatikan kebersihan tubuh. Mandi dua kali sehari, dan pastinya cuci tangan sebelum makan. Makan tanpa cuci tangan tidak hanya dapat menimbulkan diare, bahkan bisa tertular penyakit yang sangat berbahaya.

7.      Cukup tidur

tidur

Foto: pixabay.com

Jika Anda berlibur untuk beberapa hari, jangan lupa untuk tetap tidur dengan kadar yang cukup. Kadar setiap orang berbeda-beda, bisa 6 jam, 7, 8, atau bahkan 9 jam. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidur yang cukup akan membuat tubuh kembali bugar saat bangun tidur dan akan bersemangat kembali.

 

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red