×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Pohon peneduh ini cocok ditanam di halaman rumah, bikin sejuk

0

Rumah

7 Pohon peneduh ini cocok ditanam di halaman rumah, bikin sejuk

Dijamin rumahmu sejuk terus.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

19 / 09 / 2019 11:51

Halaman rumah merupakan area tanah yang tak terpisah dari bangunan rumah. Keindahan dan keasrian rumah juga tak lepas dari estetika penataan halaman rumah. Halaman rumah yang asri akan memiliki dampak yang baik untuk rumah, yaitu adanya kesejukan. Salah satu cara menambah hawa sejuk pada rumah adalah menanam pohon-pohon yang menyejukkan. Pohon-pohon ini berguna untuk menahan hawa panas di sekeliling area rumah. Apa saja pohon-pohon indah yang memberi kesejukan? Yuk simak list berikut!

1. Pohon Mangga.

7 Pohon peneduh ini cocok ditanam di halaman rumah, bikin sejuk

Source: https://mitalom.com

Pohon mangga merupakan pohon populer yang dimiliki pemilik rumah di Indonesia. Pohon ini tidak hanya menjadi pohon pelindung, tetapi menghasilkan buah yang dapat dimakan. Umumnya, pohon ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, meskipun bisa mencapai lebih dari 40 meter. Dahan-dahan yang terdapat daun cenderung berbentuk kubah memanjang secara horizontal. Kumpulan dahan pohon yang berbentuk kubah tersebut akan membuat area di sekitar pohon menjadi lebih sejuk.

Loading...

2. Pohon Pucuk Merah.

Pohon pucuk merah

Source: https://www.greeners.co

Jika halaman rumahmu tidak ingin didominasi pepohonan berwarna hijau saja, kamu bisa menanam pohon pucuk merah. Pohon pucuk merah memiliki daun yang berwarna hijau dan kemerahan. Pohon ini juga penting kamu tanam jika rumahmu berada di pinggir jalan yang dilewati kendaraan. Sebab, pohon ini dapat menyerap lebih banyak gas CO2 daripada tumbuhan hijau lainnya. Kekurangan pohon ini adalah tinggi pohon hanya bisa mencapai maksimal 10 meter karena termasuk golongan tumbuhan perdu. Kelihatan kurang memberi kesejukan maksimal untuk halaman rumah, tetapi kamu bisa mempertimbangkan menanamnya untuk mengurangi polusi udara.

3. Pohon Beringin.

7 Pohon peneduh ini cocok ditanam di halaman rumah, bikin sejuk

Source: https://www.theweek.in

Kamu bisa menanam pohon pelindung yang mempunyai penempatan akar tidak biasa, yaitu pohon beringin. Ciri khas pohon ini adalah adanya akar gantung di sekitar dahan untuk membentuk respirasi pohon. Kumpulan dahan pohon yang terdapat daun umumnya berbentuk kubah memanjang sehingga cukup sejuk bagi area di sekitarnya.

4. Pohon Flamboyan.

Pohon Flamboyan

Source: https://gardenerdy.com

Pohon flamboyan merupakan pohon pelindung yang unik karena terdapat bunga-bunga yang indah. Bunga pada pohon flamboyan umumnya berwarna merah cerah dengan mahkota berbentuk cakar unggas. Pohon ini memiliki sifat yang berbeda ketika berada di negara tropis dan negara yang memiliki empat musim. Di negara tropis seperti Indonesia, bunga flamboyan akan gugur ketika musim kemarau. Sebaliknya, bunga flamboyan akan mekar pada musim semi dan dingin di negara empat musim. Kumpulan dahan pohon berbentuk seperti kanopi payung yang cukup menyejukkan ketika kita berlindung di bawah pohon ini.

5. Pohon Ketapang.

Pohon ketapang

Source: http://bruneibetta.blogspot.com

Jika ingin halaman rumahmu terasa sejuk dengan cepat, kamu bisa menanam pohon ketapang. Sebab, pohon ini bisa mencapai tinggi 4-5 meter dalam waktu 2-3 tahun. Bentuk pohon ini juga berbeda dari pohon lainnya karena berbentuk tajuk bertingkat yang diibaratkan seperti pagoda. Kekurangan pohon ini adalah akar pohon yang cepat tumbuh dapat merusak benda di sekitar pohon, seperti tembok dan saluran air. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memiliki halaman yang luas untuk menanam pohon tersebut.

6. Pohon Mahoni.

Pohon mahoni

Source: http://mahoganyseed.com

Multifungsi, itulah julukan yang tepat untuk diberikan pada pohon mahoni. Selain sebagai pohon penyejuk, pohon ini dapat menyerap CO2 maksimal 70% dari udara. Akar pohon ini dapat mengikat air tanah sehingga cocok ditanam di daerah yang rentan kekurangan air. Persebaran pohon ini pun unik dan berbeda dari pohon lainnya. Sebab, pohon mahoni baru tumbuh dari biji buah mahoni yang pecah dari pohon mahoni yang sudah tua. Jadi, kamu tak perlu repot memperbanyak pohon ini.

7. Pohon Bungur.

Pohon bungur

Source: http://khasiat-tumbuhan.blogspot.com

Satu lagi tanaman perdu yang dijadikan pohon pelindung adalah pohon bungur. Tidak hanya membuat halaman rumahmu menjadi sejuk, pohon ini juga menghasilkan bunga yang indah. Kebanyakan pohon ini menghasilkan bunga berwarna merah muda. Pohon ini dapat diperbanyak dengan menanam biji dari bunga yang telah mekar. Jika halaman rumahmu tak begitu luas, kamu bisa mencangkok untuk memperbanyak pohon ini.

Nah, kamu tidak bingung lagi kan bagaimana membuat halaman rumah terasa asri dan sejuk? Ayo tanam pohon-pohon di atas yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan halaman rumahmu, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red