Apa yang terbesit ketika mendengar 'Bandung'? Pastilah sebuah kota dengan beragam kuliner dan tempat wisata yang menarik, kan? Seperti diketahui, Bandung adalah salah satu kota tercantik dengan banyaknya tempat wisata yang ada di dalamnya, bahkan karena terlalu banyaknya ada tempat-tempat wisata keren, asyik, dan menarik yang masih jarang diketahui.

Di bawah ini adalah daftar 6 tempat wisata menarik di Bandung yang jarang diketahui dan wajib dikunjungi ketika sedang di Bandung. Apa aja? Yuk simak.

1. Bumi Sangkuriang

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Salah satu cagar budaya yang dilindungi ini terletak di Ciumbuleulit, Bandung. Ini juga bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1957 dengan luas 2,5 hektar. Di tempat yang pernah menjadi tempat resepsi pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini terasa begitu nyaman sehingga ingin berlama-lama di sini. Selain terdapat cafe dan resto di sini juga terdapat hotel untuk menginap. Bukan cuma itu, bahkan di sini juga tersedia playground, tempat olahraga, tempat mendengar musik, juga tempat untuk belajar menari.

2. Peta Park

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Terhitung baru, Peta Park adalah sebuah taman kota yang mulai dibuka pada 29 Mei 2016 lalu yang bertempat di Jalan Peta No 299, Suka Asih, Kota Bandung. Selain merupakan kawasan yang instagramable, di taman ini juga tersaji rumput hijau, pepohonan, bunga-bunga yang dirawat dengan baik, bangku-bangku dan air terjun mini.

3. Kineruku

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Berbeda dari dua tempat di atas, Kineruku yang terletak di Jalan Hegarmanah 52 Cidadap, Kota Bandung, merupakan sebuah perpustakaan. Siapa saja boleh datang ke sini untuk sekadar melihat-lihat atau pun membaca ribuan koleksi buku di Kineruku. Buku-buku yang ada di sini terbilang lengkap dan beragam seperti buku sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur hingga seni, desain, filsafat, dan lainnya. Bukan cuma buku, di Kineruku juga terdapat CD musik dan film yang bisa dipinjam untuk ditonton di rumah atau pun di tempat yang sudah disediakan Kineruku. Bahkan di dalam, Kineruku juga menyajikan makanan dan minuman yang bisa dipesan. Kineruku juga pernah dijadikan tempat pengambilan video clip duo folk-indie Banda Neira lho.

4. Garasi Opa

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Berbeda dari Kineruku, Garasi Opa adalah sebuah toko yang menjual khusus barang-barang jadul alias jaman dulu. Budi Warsito, sang pendiri sekaligus pemilik, mendirikan Garasi Opa pada tahun 2012 yang bertempat di Jalan Hegarmanah nomor 52, Bandung, setelah mendapat modal dari hasil jualan online sejak tahun 2010. Di sini pengunjung bisa melihat-lihat koleksi yang ada atau bahkan membeli barang-barang seperti piring, cermin, telepon, kursi, buku-buku yang pastinya bertema jadul, bahkan piringan hitam.

5. Nu Art

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Tempat yang satu ini cocok buat membiarkan diri kamu hanyut ke dalam lukisan-lukisan seni karena Nu Art adalah sebuah museum galeri seni tempat berjejernya karya-karya seniman kelahiran Bali, Nyoman Nuarta. Bukan cuma lukisan, di sini juga terdapat patung-patung hasil tangan Bli Nuarta. Bahkan tempat yang terletak di Jalan Sutra Duta Kencana II/11, Bandung, sering dijadikan tempat berkumpul seniman, kurator, juga designer yang karyanya tidak bisa dipandang sebelah mata.

6. Selasar Sunaryo

6 Tempat wisata keren di Bandung yang jarang diketahui publik

Sumber:infobdg.com

Bertempat di Jalan Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Selasar Sunaryo adalah sebuah galeri seni yang memamerkan hasil seni kontemporer Indonesia dan seni visual dari negara Asia Pasific. Bukan sekadar galeri seni, Selasar Sunaryo juga menyediain cafe, tempat pertunjukan seni, perpustakaan, art shop, dan lain-lain.

Itulah ke-6 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika di Bandung. Selain menarik untuk menjadi tempat nongkrong kamu bersama kerabat, beberapa tempat tersebut juga menawarkan wisata edukasi yang bermanfaat.

Sumber banner:antaranews.com