Dalam beberapa tahun terakhir, persepakbolaan Indonesia sedang ramai dengan proses naturalisasi.. Sebut saja Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Sergio van Djik adalah sedikit nama dari banyaknya pemain keturunan Indonesia yang sudah berhasil dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bahkan bukan hanya pesebakbola keturunan Indonesia saja, banyak pula pemain yang tak memiliki keturunan Indonesia memilih untuk menjadi WNI dan bersedia bermain bersama Tim Nasional Indonesia, seperti Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Christian Gonzeles, atau yang baru-baru ini berhasil dinaturalisasi, yakni Ilija Spasojevic. Tentu alasannya karena mereka mencintai Indonesia.

Tapi selain mereka, ternyata masih ada lagi pemain keturunan dan juga yang bukan keturunan Indonesia tapi ingin menjadi WNI serta bersedia bermain jika dibutuhkan Timnas Indonesia. Seperti dirangkum dari beberapa sumber, inilah 6 pemain yang bernafsu untuk segera dinaturalisasi.

1. Shohei Matsunaga

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:fourfourtwo.com

Pemain berdarah Jepang yang sempat memperkuat Persib Bandung ini menyatakan kecintaannya kepada Indonesia. Dia bahkan pernah berkata bahwa di Jepang tidak semenyenangkan di Indonesia. Dia juga mengatakan bahwa jika di Indonesia punya uang atau tidak punya uang, tetap bisa senang.

2. Marc Klok

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:instagram.com/marcklok

Meski baru bermain pada musim ini di Liga Indonesia, namun gelandang yang memperkuat PSM Makassar ini sudah jatuh cinta kepada Indonesia. Klok pernah menyatakan ingin menjadi WNI dan juga ingin menjadi bagian di Timnas Indonesia.

3. William Pacheco

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:bola.com

Mengisi posisi bek klub Ibu Kota, Persija Jakarta, Pacheco tertarik menjadi WNI. Bahkan bek bertubuh jangkung ini mengatakan diam-diam ia sedang coba menghafal lagu Indonesia Raya.

4. Otavio Dutra

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:instagram.com/infobolaindo

Pemain andalan Bhayangkara FC ini juga tertarik untuk bisa segera memperkuat Timnas Indonesia. Bahkan kabarnya Dutra sedang dalam proses naturalisasi, dan tinggal menunggunya sah menjadi WNI.

5. Esteban Vizcarra

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:instagram.com/kabarbola

Satu lagi yang sedang tak sabar menunggu untuk memiliki kewarganegaraan Indonesia adalah Esteban Vizcarra. Kecintaannya terhadap Indonesia dibuktikan dengan sudah lamanya ia berkarier di Liga Indonesia. Dan Esteban juga memiliki seorang istri asli Indonesia.

6. Sandy Walsh

Tak diduga, 6 pesepakbola asing ini ingin segera dinaturalisasi

foto:instagram.com/sandywalsh

Pemain muda keturunan Indonesia yang bermain di klub yang sama dengan pemain naturalisasi asal Indonesia lainnya, yaitu Ezra Wallian, ini sudah beberapa kali mengirimkan sinyal agar dirinya bisa dinaturalisasi lewat Instagramnya. Dan kabarnya melalui Joko Driyono, PSSI sedang coba berdiskusi dengan Walsh dan manajernya untuk proses naturalisasinya.

Siapa kira-kira yang akan lebih dulu dinaturalisasi? Siapa pun itu, tentunya kita berharap yang terbaik untuk Timnas Indonesia baik sekarang maupun ke depannya.