×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Pelajaran positif yang bisa diambil dari game GTA San Andreas

0

N/A

6 Pelajaran positif yang bisa diambil dari game GTA San Andreas

Ini hal-hal positif yang ada dalam game legendari GTA San Andreas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DharmaOne 11

16 / 09 / 2019 15:35

Bagi orang-orang yang memiliki hobi gaming, tentu saja pernah memainkan game petualangan GTA San Andreas. Game ini dapat dimainkan pada konsol Playstation 2, Xbox 360, maupun PC. Game ini menjadi game yang terbaik pada masanya dan membuat para gamer, terutama pengguna konsol Playstation 2 bernostalgia ketika membahas serba-serbi GTA San Andreas. Game yang dimainkan oleh berbagai kalangan ini popularitasnya belum terkalahkan hingga saat ini mengingat game ini telah terjual sebanyak 27,5 juta copy dan menjadi game terlaris sepanjang masa.

Saat popularitas GTA San Andreas sedang ada di atas angin, tak jarang game yang memiliki tokoh utama bernama Carl Johnson atau CJ ini banyak menuai kritik dan larangan mengingat konten dalam game seperti misi, karakter, dan alur cerita banyak menunjukkan adegan kekerasan, kata-kata kotor, hingga hal-hal yang cenderung vulgar yang mungkin tak layak menjadi konsumsi anak di bawah 17 tahun. Akan tetapi, di balik hal-hal negatif yang muncul di game GTA San Andreas, ada banyak pelajaran positif yang dapat kita ambil dari game yang menceritakan liku kehidupan Carl Johnson ini. Apa sajakah itu?

1. Selalu waspada terhadap kebaikan seseorang.

Para pemain GTA San Andreas sejati pasti tahu bahwa dalam misi Green Sabre, kita dapat mengetahui dari cutscene yang ada bahwa ternyata Big Smoke dan Ryder yang selama ini ada di pihak CJ dan kakaknya Sweet ternyata berkhianat dan malah menjerumuskan Sweet yang menyebabkan Sweet akhirnya masuk penjara. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu waspada kepada setiap orang, terutama orang-orang yang selalu bersikap manis dan selalu memuji atau mendukung kita saat kita berbuat salah atau benar karena bisa saja merekalah orang-orang terdepan yang ingin menjatuhkan kita.

2. Berjuang demi keluarga dan teman seperjuangan.

Loading...

Seluruh alur cerita dalam GTA San Andreas pada dasarnya menceritakan satu tujuan yaitu mengembalikan kejayaan Grove Street Family, geng yang telah dibangun oleh CJ sebelum di pergi meninggalkan New York. Alur cerita di GTA San Andreas beserta misi-misinya menunjukkan pada kita bagaimana CJ bersama kakanya Sweet, adiknya Kendl, dan adik iparnya Cesar berjuang mati-matian untuk mengumpulkan kembali Grove Street Family yang telah dianggap CJ sebagai keluarganya sendiri akibat terpecah belah oleh geng Ballas.

Selain berjuang untuk mengumpulkan kembali anggota Grove Street Family, CJ juga berjuang sekuat tenaga untuk membebaskan Sweet dari penjara, bahkan CJ rela mengikuti semua kemauan pejabat kaya bernama Mike Toreno agar dapat membantunya untuk membebaskan Sweet. Dari kedua hal tersebut kita tahu bahwa CJ adalah orang yang rela melakukan apapun demi teman dan keluarganya.

3. Orang dengan pekerjaan yang dipandang tidak baik, belum tentu hatinya juga tidak baik.

Saat menjalankan berbagai misi untuk menyelamatkan Sweet di Las Venturas, CJ banyak mendapatkan bantuan dari seorang miliuner asal China bernama Wu Zi Mu yang buta. Wu Zi Mu merupakan seseorang yang mendapatkan kekayaanya dari perjudian, penjualan senjata, dan juga pembangunan Casino. Cara Wu Zi Mu mendapatkan uang mungkin tidak sebaik dan terhormat seperti layaknya polisi atau dokter apalagi di negara kita Indonesia, namun Wu Zi Mu selalu berniat memberi bantuan kepada CJ melalui misi-misinya, sedangkan Tenpenny yang notabene merupakan seorang polisi yang harusnya bekerja dengan terhormat justru melakukan berbagai kejahatan dan kelicikan demi uang dan ambisinya.   

4. Jangan mengambil atau mencuri karya orang dengan cara kotor.

Dalam misi Cut Throat Business, kita tahu bahwa CJ membantu seorang musisi bernama Madd Dogg untuk mengambil kembali karya-karyanya yang dicuri oleh OG Loc. Diceritakan dalam alur cerita bahwa OG Loc mengambil karya milik Madd Dogg untuk mendapat popularitas. Mengambil karya orang dengan cara kotor, tentu saja bukanlah sebuah hal yang baik karena bagaimanapun dengan cara ini seseorang dapat mematikan rejeki orang lain. Yang harus kita lakukan adalah menghargai karya orang lain dan jika kita membutuhkan karya tersebut sebaiknya kita meminta izin lebih dulu karena bagaimanapun juga sebuah karya pasti dibuat dengan berbagai usaha yang menguras tenaga dan waktu.

5. Hidup untuk uang dan kebohongan membawa celaka.

Seperti yang telah dijelaskan pada nomor 1, Big Smoke dan Ryder melakukan pengkhianatan terhadap CJ dan teman-temannya yang berarti kedua orang ini membohongi CJ. Mereka melakukan ini semata-mata demi ambisi untuk mendapatkan kekuasaan dan uang yang banyak. Hal yang sama juga dilakukan oleh Tenpenny, Pulaski, dan Jimmy Hernandez sesama polisi kotor untuk memenuhi ambisi mereka.

Jika kita mengikuti cutscene yang ada, kita dapat melihat bahwa satu per satu dari mereka dimulai dari Ryder, Pulaski, Jimmy Hernandez, Big Smoke, dan yang terakhir Tenpenny. Semuanya mati secara mengenaskan terutama Tenpenny yang pada misi paling akhir End of the Line mati akibat kecelakaan karena mobil pemadam kebakaran yang dikendarainya mengenai pembatas jembatan layang dan kemudian terjun bebas ke bawah jembatan. Kematian tokoh-tokoh antagonis dalam game ini menunjukkan kepada kita bahwa menghalalkan segala cara demi ambisi, kekuasaan, dan uang tidak akan membuat kita mendapatkan apa yang kita inginkan tapi justru mencelakakan kita.     

6. Membantu orang dan mendapatkan keluarga atau teman-teman baru.

Dalam GTA San Andreas kita mendapatkan banyak sekali misi yang harus dilakukan oleh CJ terutama misi-misi untuk membebaskan Sweet dari penjara. Misi yang dijalankan oleh CJ ini merupakan misi-misi yang berhubungan langsung dengan tujuan CJ untuk membebaskan Sweet maupun mengumpulkan anggota Groove Street Family dan juga misi-misi yang dilakukan untuk membantu orang-orang yang meminta pertolongan CJ.

Berkat misi-misi pertolongan yang dijalankan CJ, CJ mendapatkan teman-teman baru seperti Madd Dogg, Wu Zi Mu, dan Zero yang pada akhirnya selalu mendukung dia untuk menjalankan misi-misi lainnya. Misi-misi CJ alam membantu orang lain mengajarkan bahwa ketika kita dengan ikhlas memberikan bantuan, niscaya bantuan dan dukungan juga akan datang pada kita.

Itulah hal-hal positif dalam GTA San Andreas menurut penulis yang bisa penulis sajikan. Mungkin masih banyak hal-hal positif lain yang bisa kita ambil dari game GTA San Andreas ini. Pada intinya, sebuah game dibuat bukan hanya semata-mata untuk hiburan dalam kepenatan kita, namun juga memiliki tujuan dan pelajaran yang dapat kita ambil meskipun game tersebut menyajikan adegan-adegan orang dewasa sekalipun, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red