×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Konsol game jadul ini jadi favorti anak generasi 90-an

0

Gadget

6 Konsol game jadul ini jadi favorti anak generasi 90-an

Bermain video game memang menyenangkan. Tentu saja generasi 90-an juga pernah menikmati bermain video game pada masanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

05 / 09 / 2019 12:00

Bermain konsol game adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan oleh anak-anak di tahun 90-an. Ketika memainkannya kita merasa bermain permainan canggih dan menyenangkan. Banyak jenis permainan yang dihadirkan di konsol game dan hampir membuat kita lupa waktu. Video game jadul ini kebanyakan sudah ada pada akhir dekade 70-an, namun mulai mencapai masa keemasannya di tahun 90-an. Jadi, jelas saja banyak anak-anak 90-an yang menjadikan konsol game sebagai mainan favorit.

Video game sendiri ada yang dihubungkan ke monitor ada pula yang portabel sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Konsol game yang dihubungkan ke monitor biasanya memiliki joystick dan berukuran lebih besar. Berbeda dengan yang portabel.

Nah, dari 6 permainan jadul ini kira-kira mana yang sering kamu mainkan? Pasti bikin kangen masa kecil, kan?

1. Super Nitendo Entertaiment System (SNES).

SNES

foto: bgr.com

Loading...

Super Nitendo Entertaiment System (SNES) biasa dikenal dengan nama Famicom. Game ini diriis di Jepang pada tahun 1983 menjadi video game yang laris di tahun 90-an. Menghadirkan video game 16-bit melalui perubahan pada segi grafis, suara, dan gameplay dengan game terkenalnya yaitu Super Mario.

Kamu harus menyiapkan ruangan tertentu kalau ingin mengoleksi kaset video game-nya karena ukuran yang cukup besar. Walaupun begitu, tahun 2016 game ini dibuat ulang dengan nama yang sama. Kemudian tahun 2017 dirilis kembali dengan nama Super NES Classic Edition.

2. SEGA Mega Drive.

SEGA genesis

foto: jalantikus.com

Bagi yang saat itu tidak punya SNES, mungkin kamu pernah memainkan SEGA Mega Drive. Game yang biasa disebut dengan Sega Genesis ini merupakan kompetitor dari SNES. Sonic The  Hedgedog adalah game unggulan dari SEGA. Selain itu ia juga memiliki keunggulan dari segi grafis dibanding pesaingnya.

Kaset game-nya juga berukuran besar dengan satu kaset berisi satu permainan. Dirilis pada tahun 1988 di Jepang dengan kemampuan 16-bit dan dirilis di Amerika Utara pada tahun 1989, sementara di Eropa dan tempat lainnya pada tahun 1990.

3. Sony Playstation (PS 1).

PS 1

foto: gadgets.ndtv.com

Sony Playstation mengeluarkan konsol game yang lebih modern dengan grafis yang lebih baik hingga 32-bit. Game ini diluncurkan pertama kali di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995, dan Eropa 29 September 1995. Di Indonesia sendiri banyak rental PS  yang menjamur di masyarakat kala itu.

Kasetnya sudah menggunakan CD sehinga tidak membutuhkan ruang yang cukup besar. Selain itu tombol joystick-nya lebih lengkap. Walaupun memiliki masalah loading yang lebih lama dibanding video game lain, namun PS 1 ini tetap menjadi primadona.

4. Nitendo Gameboy.

gameboy

foto: turbosquid.com

Nah game keluaran Nintendo ini biasa kita sebut dengan Gameboy. Berbentuk kotak yang simple dan layar dot-matrix hijau kusam. Dilengkapi dengan speaker, lima tombol kontrol (pad arah, dua tombol permainan, dan mulai dan select/pilih).

Game jadul ini dirilis Jepang pada 21 April 1989, kemudian Amerika Utara tiga bulan kemudian, dan terakhir di Eropa hampir setahun setelahnya. Konsol game 8-bit ini mudah dibawa ke mana-mana.

5. Tamagotchi.

tamagotchi

foto: mirror.co.uk

Hampir sama dengan Gameboy, Tamagotchi juga merupakan konsol game portabel, tapi hanya memiliki satu game. Game yang ada pada Tamagotchi adalah memilihara sebuah monster digital. Siapa nih yang dulu suka banget bermain Tamagotchi? Karena ukurannya kecil dan bentuknya yang lucu, game jadul ini sering menjadi gantungan kunci juga loh.

Tamagotchi pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 1996. Permainan memelihara monster digital ini memang menyenangkan. Mulai dari memberi makan, membersihkan kamar, bermain dan berinteraksi dengan Tamagotchi.

6. Nintendo Pokemon Pikachu.

nintendo pikachu

foto: auction.catawiki.com

Setipe dengan Tamagotchi. Nintendo pokemon ini berukuran kecil dan berbentuk bulat berwarna kuning. Di sini kita bermain untuk memelihara pokemon (Pikachu) digital dengan berbagai kegiatan agar pemain bisa lebih dekat dengan Pikachu dan kegiatan yang lain bisa lebih banyak. Pikachu tidak perlu diberi makan dan dibersihkan.

Permainan jadul ini diperkenalkan di Jepang pada tahun 1998 dan masuk ke dalam Guinness World Records sebagai mainan olahraga paling populer pada masanya. Ada yang pernah memainkan game ini?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red