Skripsi atau tugas akhir merupakan salah satu jalan kelulusan untuk sebagian besar mahasiswa di Indonesia dan bahkan di dunia. Salah satu tahap yang paling awal sekaligus menjadi penentu masa depan mahasiswa dalam proses skripsi adalah pemilihan topik. Beberapa mahasiswa bisa saja kebingungan dalam menentukan topik dan beberapa ada yang terkadang salah memilih topik akibat beberapa faktor seperti gengsi dan ikut-ikutan teman atau pacar.

Pemilihan topik skripsi sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dan minat masing-masing agar seluruh proses pengerjaan skripsi dapat dilakukan dengan baik. Berikut adalah keuntungan jika mahasiswa memilih topik skripsi sesuai minat dan kemampuan.

1. Skripsi yang menyenangkan.

Topik skripsi yang kamu pilih menetukan moodkamu dalam mengerjakan setiap proses dari awal hingga akhir. Dengan memilih topik sesuai minat dan kemampuanmu, kamu akan dengan senang hati mengerjakan setiap proses dalam skripsi meskipun terkadang ada satu atau beberapa proses yang membuat kamu lelah dan letih untuk mengerjakannya. Kamu pun tidak perlu bertengkar dengan teman atau membanting gadget hanya karena skripsi yang membuat pikiranmu keruh.

2. Lebihmudah membagi waktu.

Beberapa dari kamu mungkin ingin memanfaatkan hari-hari pengerjaan skripsi yang sudah tidak sepadat saat kuliah dulu untuk menyalurkan hobi, bekerja paruh waktu, atau berbisnis kecil-kecilan. Dengan memilih topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu, kamu dapat menentukan waktu yang paling tepat untuk mengerjakan skripsi atau melakukan pekerjaan lain seperti menyalurkan hobi dan bekerja karena minat dan kemampuanmu yang membantumu memahami porsi dari setiap langkah yang dikerjakan.

3. Lebih fokus.

Topik skripsi juga menentukan seberapa fokus kamu mengerjakannya. Topik skripsi yang cenderung dipaksakan atau tak sesuai dengan minat dan kemampuanmu akan membuatmu kurang fokus mengerjakan setiap prosesnya. Kamu cenderung akan stres dan lebih banyak mengeluhkan hal-hal yang tidak perlu.

Sebaliknya, topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu akan membuatmu lebih fokus untuk mengerjakannya. Hal ini akan mengindarkanmu dari hal-hal yang menghambat proses pengerjaan skripsi dan akan berdampak pada waktu kelulusanmu.

4. Keuntungan darisegi biaya.

Memilih topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu memberi dua keuntungan dari segi biaya. Keuntungan yang pertama yaitu kamu tidak akan menghabiskan lebih banyak lagi biaya untuk membayar uang kredit atau SKS karena kamu cukup mengerjakan skripsi selama satu atau dua semester saja. Keuntungan kedua yaitu kamu tidak akan menghabiskan biaya lebih karena harus berkali-kali ganti topik akibat dari jenuh dan tidak mampu menyelesaikan topik yang kamu paksakan untuk dipilih.

5. Luluslebih cepat bukanlah mitos.

Mengerjakan skripsi dengan topik sesuai dengan kemampuan dan minat kamu dapat membuat mimpi kamu untuk lulus lebih cepat menjadi kenyataan. Hal ini berhubungan dengan keuntungan-keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya. Skripsi yang dikerjakan dengan perasaan senang dan lebih fokus akan membuat rangkaian proses skripsi selesai lebih cepat dan membantumu menghadapi ujian skripsi tanpa khawatir sehingga kamu akan lebih cepat menuju kelulusan.

6. Setiapproses menjadi pengalaman berharga.

Skripsi dengan topik sesuai kemampuan dan minat akan memberikan pengalaman tersendiri untuk kehidupanmu kelak. Dengan pengerjaan yang menyenangkan buatmu, kamu akan merasakan bagaimana proses-proses yang ada dapat menjadi hal-hal yang tak terlupakan meskipun ada proses yang cukup lama dan kadang terasa berat. Jika topik skripsi tidak sesuai dengan kemampuan dan minatmu, kamu mungkin tidak akan merasakan setiap prosesnya sebagai pengalaman yang layak untuk dinikmati, tapi justru sebagai belenggu yang membuat kamu harus segera keluar dari belenggu itu.

Itulah beberapa keuntungan kalau kamu memilih topik skripsi sesuai dengan kemampuan dan minatmu. Sebenarnya skripsi bukanlah sesuatu yang menakutkan tapi merupakan hal yang menyenangkan dan dapat menjadi bekal yang sangat berharga untuk masa depanmu apalagi untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Diharapkan setelah kamu tahu manfaat dari memilih topik skripsi sesuai dengan minat dan kemampuanmu, kamu akan lebih bijak dalam memilih topik dan lebih bersemangat untuk mengerjakan skripsi.