×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Keistimewaan bulan Ramadan ini perlu kamu ketahui

0

Serius

6 Keistimewaan bulan Ramadan ini perlu kamu ketahui

Ramadan baru saja usai, namun keistimewaannya perlu kamu ketahui agar lebih siap beribadah saat Ramadan berikutnya tiba.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pra yitno

01 / 06 / 2020 11:35

Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Berbagai kebaikan dengan pahala berlipat terkandung dalam bulan penuh berkah tersebut. Keistimewaan Ramadan tentu berbeda dengan 11 bulan lainnya.

Nah, berikut merupakan 6 keistimewaan bulan Ramadan yang perlu kamu ketahui.

1. Bau mulut orang berpuasa lebih disukai Allah.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, disebutkan bahwa bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada minyak kasturi. Hadits tersebut memiliki tiga penafsiran. Pertama, bahwa di akhirat Allah akan mengganti bau mulut orang yang berpuasa dengan keharuman yang lebih harum daripada minyak wangi kasturi. Kedua, pada hari kiamat, saat manusia dibangkitkan dari kubur, ciri-ciri orang yang berpuasa adalah bau harum yang akan keluar dari mulut mereka. Ketiga, ketika di dunia bau mulut orang yang berpuasa lebih disukai Allah dari pada harum minyak kasturi.

2. Ikan-ikan di samudra memohonkan ampunan.

Loading...

Ikan-ikan akan beristighfar memintakan ampun kepada orang-orang yang sedang berpuasa. Maksudnya adalah banyak makhluk Allah yang akan mendoakannya. Hal ini banyak dikemukakan dalam berbagai riwayat. Sebagian riwayat menyebutkan bahwa para malaikat akan memohonkan ampunan baginya.

3. Allah SWT menghias surga setiap hari.

Hal ini banyak dikemukakan dalam berbagai riwayat. Sebuah riwayat menyebutkan sejak permulaan tahun, surga telah dihias untuk menyambut bulan Ramadan. Biasanya, semakin penting tamu yang akan datang, maka semakin awal pula persiapannya. Misalnya akan menyelenggarakan acara walimah pernikahan, maka persiapannya telah dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

4. Setan-setan dibelenggu.

Setan-setan yang sangat jahat akan dibelenggu sehingga kemaksiatan akan berkurang. Sehingga nampak pada bulan Ramadan semangat ibadah dan gairah pada diri orang-orang yang beriman untuk memperoleh rahmat pada bulan yang penuh berkah ini. Di mana pada bulan ini kita merasakan bahwa untuk berbuat baik atau menghindari perbuatan maksiat tidak sesulit di luar bulan Ramadan.

5. Pada malam terakhir bulan Ramadan mereka diampuni.

Pada malam terakhir bulan Ramadan Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada seluruh orang yang berpuasa. Ibarat seorang pekerja yang telah menyelesaikan pekerjaannya maka mereka akan mendapatkan upahnya. Begitu pula orang yang berpuasa saat telah menyelesaikan puasanya ia akan mendapatkan pahala berupa pengampunan dosa dari Allah SWT.

6. Adanya malam Lailatu al-Qadr.

Pada sepertiga terakhir bulan Ramadan, yaitu pada malam-malam ganjilnya terdapat malam yang disebut dengan Lailatu al-Qadr. Yaitu suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jadi barangsiapa yang bisa beribadah pada malam tersebut, ibarat ia beribadah selama seribu bulan bahkan lebih baik.

Adakah manusia yang umurnya seribu bulan atau sekitar 83 tahun? Mungkin untuk ukuran manusia sekarang sangat jarang. Maka kesempatan yang sangat bagus di bulan suci ini marilah kita gunakan dengan sebaik-baiknya agar memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red