×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Jenis kata sifat bahasa Inggris, urutan, penggunaan, dan contohnya

0

N/A

6 Jenis kata sifat bahasa Inggris, urutan, penggunaan, dan contohnya

foto: pexels.com

Kata sifat sering digunakan ketika mendeskripsikan suatu objek. Apa saja yang termasuk kata sifat?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

huwaidah nabila

21 / 07 / 2021 18:00

Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang mampu menghubungkan berbagai negara. Mempelajari bahasa Inggris pun kini tak sekadar memenuhi kebutuhan sekolah saja. Kamu bisa mengenal dunia lebih luas dengan menguasai bahasa Inggris. Mulai dari membuka jaringan pertemanan, mempelajari budaya baru, sampai dengan membuka kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Agar luwes berbahasa Inggris, pahami juga bagaimana bagaimana ketentuan yang berlaku dalam penggunaan bahasa Inggris. Salah satu yang menarik untuk dipelajari adalah mengenai kata sifat. Sebagian orang juga menyebut kata sifat sebagai adjective. Kata ini berfungsi untuk mendeskripsikan aspek-aspek kata benda (noun).

Dengan memahami jenis kata sifat, akan membantumu semakin fasih dalam memahami bahasa Inggris. Simak yuk penjelasan selengkapnya dalam ulasan dari berbagai sumber pada Rabu (21/7) berikut ini.

Jenis-jenis adjective.

foto: pexels.com

Loading...

1. Possessive.

Jenis kata sifat yang pertama adalah possesive. Kata sifat ini menjelaskan kepemilikan dari suatu kata benda. Seperti halnya menunjukkan kepemilikan dirimu atau orang lain. Possesive adjective terdiri dari my, your, his, her, its, our, dan their. Untuk penggunaannya tergantung dengan subjek yang memilikinya.

Contoh:

Is that your book?

Arti:

Apakah buku itu milikmu?

2. Distributive.

Adjective distributive memberikan penjelasan sekelompok kecil yang spesifik. Distributive adjective terdiri dari every, either, neither, dan each.

Contoh:

Every area has its own park.

Arti:

Setiap daerah memiliki taman sendiri.

3. Quantitative.

Sementara itu untuk menunjukkan jumlah dari sesuatu kamu bisa menggunakan quantitative adjective. Kata sifat ini terdiri dari any, much, many, a lot of, dan some.

Contoh:

I have a lot of snack.

Arti:

Aku memiliki banyak camilan.

4. Demonstrative.

Sedangkan untuk demonstrative adjective bisa diartikan sebagai kata sifat penunjuk. Kata sifat ini terdiri dari this, these, that, that, dan those.

Contoh:

This is her dress.

Arti:

Ini adalah gaun miliknya.

5. Interrogative.

Selanjutnya adalah interrogative. Penggunaan interrogative adjective untuk menanyakan suatu pertanyaan. Kata sifat ini terdiri dari which, whose, what.

Contoh:

What can I do for you?

Arti:

Apa yang bisa saya lakukan untukmu?

6. Descriptive.

Descriptive adjective memberikan gambaran atau mendeskripsikan keadaan suatu objek.

Contoh:

Beautiful girl

Arti:

Gadis yang cantik

Urutan kata sifat dalam bahasa Inggris.

foto: pexels.com

Setelah mengetahui apa saja jenis dari kata sifat dalam bahasa Inggris, selanjutnya pahami juga ketentuan urutannya. Sebab biasanya dalam sebuah terdapat lebih dari 2 adjective atau kata sifat. Berikut urutan kata sifat yang bisa kamu pahami:

1. Opini.

Opini berisi mengenai hal yang bersifat relatif. Beberapa kata yang bisa kamu gunakan seperti, cute, bad, warm, beautiful dan lain sebagainya.

2. Ukuran.

Selanjutnya adalah ukuran. Kamu bisa memberikan gambaran ukuran terhadap objek atau subjek yang kamu sedang dibahas. Beberapa contohnya seperti, large, tall, big, tiny.

3. Usia.

Usia dalam hal ini tak hanya tertuju pada manusia, namun juga bisa digunakan pada benda. Contoh yang bisa kamu gunakan adalah old, young, new.

4. Shape.

Sesuai dengan namanya, shape menjelaskan bentuk untuk memperjelas kalimatmu. Contoh yang bisa digunakan seperti, square, triangle, round, cylindrical.

5. Color.

Urutan berikutnya adalah color atau warna. Kamu bisa memperjelas maksud kalimatmu dengan menyebutkan warnanya. Untuk contoh, kamu bisa menyebut nama-nama warna, purple, white, black, blue, yellow dan lain sebagainya.

6. Origin/Nationality.

Bisa jadi dalam kata yang kamu sebutkan diperlukan penjelasan mengenai negara asal seseorang. Untuk contohnya kamu hanya perlu kewarganegaraan seperti, Chinese, American, dan Turkish.

7. Material.

Urutan selanjutnya adalah material. Poin ini menjelaskan mengenai bahan utama dari benda tersebut seperti cotton, ceramic, stone.

8. Purpose.

Kemudian ada pula purpose yang menjelaskan fungsi utama benda tersebut. Pada poin ini biasanya tidak dapat dipisahkan dari kata bendanya seperti meeting (room), wedding (dress) dan lain sebagainya.

Penggunaan kata sifat dalam bahasa Inggris.

foto: pexels.com

1. Adjective position.

Untuk penggunaan kata sifat terdapat posisi atau letak yang perlu diperhatikan.

a. Attributive

Untuk penggunaan kata sifat ini, adjective berada di depan noun atau kata benda.

b. Postpositive.

Untuk postpositive, adjective berada di belakang noun tanpa disela linking verb.

c. Predicative.

Sedangkan pada predicative, adjective diletakkan setelah noun dengan disela linking verb.

2. Adjective order.

Adjective order adalah urutan yang perlu diperhatikan apabila ada lebih dari 1 adjective yang digunakan di dalam sebuah kalimat.

a. Opinion.
b. Size.
c. Shape.
d. Age.
e. Color.
f. Origin.
g. Material.
h. Purpose.

 

Penulis: Huwaidah Nabila dan Rizka Miftakhul Khoiri

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red