×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara untuk mengisi waktu luang selama masa 'gap year'

0

Life

6 Cara untuk mengisi waktu luang selama masa 'gap year'

Jangan takut merasa tidak ada kerjaan ketika sedang menjalani masa gap year.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siska Aningdiyah

06 / 01 / 2020 13:15

Gap year adalah kondisi di mana seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama setelah lulus sekolah. Fenomena gap year sendiri masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat. Tak jarang pula mereka yang terpaksa menjalani gap year atau memilih untuk gap year mendapatkan pandangan miring dari orang lain.

Untuk yang sedang menjalani masa gap year, jangan sia-siakan waktumu. Masa ini adalah masa di mana kamu bebas melakukan apa pun yang kamu mau. Kamu bisa melakukan sesuatu yang produktif sebelum terjun ke dalam dunia perkuliahan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Mengasah keterampilan.

Kamu punya keterampilan dalam menulis, fotografi, editing, desain grafis, dan yang lainnya? Jangan sia-siakan keterampilanmu tersebut. Selama masa gap year kamu memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilanmu itu untuk menjadi lebih ahli.

Kamu yang terampil dalam menulis bisa mencoba membuat blog pribadi atau menulis di beberapa media yang memberikan kesempatan kepada siapa pun yang ingin mengembangkan bakat menulisnya. Kemudian buat kamu yang terampil dalam hal fotografi bisa mempelajari teknik-teknik baru dalam fotografi sehingga gambar yang kamu hasilkan semakin bagus. Begitu pun kamu yang memiliki keterampilan lain, pelajarilah keterampilanmu lebih dalam untuk mengisi waktu luang selama masa gap year.

Loading...

2. Travelling.

Kamu memiliki waktu luang yang cukup panjang, tak ada salahnya jika digunakan untuk menjelajahi tempat-tempat baru. Cobalah untuk travelling, mengunjungi tempat-tempat baru yang bisa memberimu pengalaman baru.

Jika tak ingin menghabiskan banyak uang tapi tetap ingin travelling, kamu bisa mencari program-program kunjungan ke suatu daerah untuk tujuan kemanusiaan yang bersifat fully funded. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai program tersebut melalui internet. Tetapi jangan asal mencari, kamu juga harus cermat dalam memilihnya untuk menghindari tindak penipuan.

3. Cari pengalaman kerja.

Kamu bisa mencari pengalaman kerja selama masa gap year. Biasanya ada instansi yang membuka program pembinaan atau magang. Kamu bisa mencoba mendaftarkan diri. Kalau diterima berarti itu rejeki buatmu karena kamu akan mendapatkan pengalaman baru utamanya dalam dunia kerja.

Selain mengikuti program magang, kamu juga bisa mencari pengalaman kerja dengan mencoba merintis online shop. Kamu bisa menjadi dropshipper/reseller. Kalau pandai memasak, kamu bisa mencoba untuk menjual hasil masakanmu.

4. Belajar untuk persiapan kuliah tahun depan.

Mungkin pada saat masih duduk di bangku sekolah waktumu banyak terpangkas untuk kegiatan-kegiatan sekolah atau belajar materi-materi sekolah yang akan diujikan. Sehingga persiapan kamu untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi kurang maksimal.

Nah, di masa gap year ini kamu memiliki waktu yang panjang untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi pada tahun berikutnya. Gunakanlah waktu tersebut untuk mengefektifkan cara belajarmu. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar dari lembaga-lembaga yang menyediakan program persiapan masuk perguruan tinggi atau bisa belajar sendiri di rumah. Optimalkan belajar kamu demi hasil yang terbaik.

5. Menenangkan pikiran.

Pernahkah kamu merasa lelah dengan rutinitas selama duduk di bangku sekolah? Inilah waktu yang tepat untuk rehat sejenak. Kamu bisa menenangkan pikiran dengan menonton film di rumah, membaca novel kesukaan, menggambar, ataupun olahraga. Dengan melakukan beberapa kegiatan tersebut, pikiranmu akan terasa lebih rileks dari sebelumnya.

6. Mempelajari bahasa baru.

Jika selama ini kamu hanya menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saja, inilah waktu yang tepat untuk mempelajari berbagai bahasa baru, seperti Bahasa Turki, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, dan yang lainnya. Gunakan internet sebagai sumber belajarmu.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang selama masa gap year. Dengan melakukan hal-hal tersebut dijamin kamu tidak akan merasa bosan selama menjalani masa-masa gap year. Carilah pengalaman-pengalaman baru dalam hidup kamu, jangan sia-siakan waktumu.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red