Melakukan perjalanan dengan fasilitas VVIP tentu menjadi dambaan setiap orang. Apalagi perjalanan itu dilakukan bersama Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. Fasilitas yang disediakan pastinya istimewa. Mulai dari pesawat kepresidenan, hotel, mobil selama perjalanan, dan fasilitas lainnya.

Namun, yang lebih berkesan dari itu semua adalah pengalamannya. Ya, pengalaman mendampingi Presiden berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan blusukan. Bisa menemani Presiden dari jarak yang begitu dekat merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Hanya sedikit orang yang bisa mendapatkannya.

Agaknya pengalaman itulah yang dialami oleh 5 Youtuber Indonesia ini. Mereka diajak oleh Presiden Jokowi untuk blusukan ke beberapa daerah. Menemani dan melihat langsung aktivitas Presiden selama kunjungan kerja. Siapa saja sih ke-5 Youtuber yang beruntung itu? Check this out.

1. Bayu Skak

5 YouTuber ini pernah diajak blusukan Presiden Jokowi ke daerah

Youtuber asal Malang, Jawa Timur, ini diajak blusukan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 20-21 Desember 2016. Bersama 2 orang Youtuber lainnya, mereka mengikuti kunjungan kerja Presiden ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dan ke Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Vlog Bayu Skak bersama Presiden Jokowi dapat dilihat di source 1.

2. Agung Hapsah

5 YouTuber ini pernah diajak blusukan Presiden Jokowi ke daerah

Youtuber lainnya yang pernah blusukan bersama Presiden adalah Agung Hapsah. Remaja yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Australia ini mengikuti Presidenke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, bersama Bayu Skak dan 1 Youtuber lain. Mereka ke sana untukmenghadiri acara puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2016.Vlog Agung Hapsah bersama Presiden Jokowi dapat disimak di source 2.

3. Boby Tarigan

5 YouTuber ini pernah diajak blusukan Presiden Jokowi ke daerah

Sama seperti Bayu Skak dan Agung Hapsah, Bob Tarigan juga ikut dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Di Kalbar, salah satu pengelolachannel Youtube CameoProject ini mengikuti Presiden meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu yang terletak di Entikong, Kabupaten Sanggau.Vlog Bob Tarigan bersama Presiden Jokowi dapat ditonton di source 3.

4. Kevin Hendrawan

5 YouTuber ini pernah diajak blusukan Presiden Jokowi ke daerah

Berbeda dengan ketiga Youtuber sebelumnya yang mengikuti kunjungan kerja Presiden dalam satu rombongan, Youtuber Kevin Hendrawan ikut blusukan Pak Jokowi serombongan dengan satu Youtuber lain. Blusukan ini dilakukan di Provinsi Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 26-28 Desember 2016.

Di Minahasa, Sulawesi Utara, Kevin ikut Presiden meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong, dan menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2016 bersama masyarakat setempat. Vlog Kevin Hendrawan bersama Presiden Jokowi dapat dilihat di source 4.

5. Arief Muhammad

5 YouTuber ini pernah diajak blusukan Presiden Jokowi ke daerah

Arief Muhammad ikut blusukanPresiden Jokowi bersama Kevin Hendrawan pada tanggal 26-28 Desember 2016. Di NTT, Youtuber yang juga dikenal dengan sebutan "Poconggg" ini mengikuti Presiden meresmikanPos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain dan Motamasin. KeduaPLBN itu berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.Vlog Arief Muhammad bersama Presiden Jokowi dapat dilihat di source 5.

Nah, itulah ke-5 Youtuber yang berkesempatan mengikuti blusukan Presiden Jokowi ke beberapa daerah di Indonesia. Rata-rata mereka berkesimpulan bahwa ritme kerja Presiden sangat padat. Mereka saja sampai kewalahan mengikutinya. [*]