Penurunan fungsi penglihatan dapat dirasakan oleh semua orang, apalagi terhadap meraka yang sudah berusia lanjut. Tetapi penurunan fungsi mata ini dapat kita cegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A atau vitamin yang dibutuhkan mata. Kita dapat memperlambat penurunan fungsi mata dengan cara sebagai berikut.

1. Vitamin Lutein

Lutein mengandung antioksidan dan anti peradangan yang menjaga agar mata tetap sehat. Anda dapat mendapatkan vitamin lutein ini dari buah buahan, kuning telur dan sayuran lainnya.

2. Vitamin C

Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata vitamin C juga dapat membantu mengurangi resiko mata terkena katarak. Anda dapat mendapatkan vitamin C dari buah buahan dan sayur sayuran segar.

3. Vitamin E

Vitamin C dan vitamin E sama sama dapat bekerja untuk menjaga kesehatan mata. VitamiN E tergolong vitamin yang larut akan lemak. Kedua vitamin ini dapat menjaga organ mata dengan baik.

4. Vitamin A

Anak SD pun pasti tau bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mendapatkan vitamin A ini dari sayuran yang berwarna orange, contohnya seperti wortel. Dengan asupan vitamin A yang cukup dapat mencegah rabun senja.

5. Omega 3

Omega 3 dapat kita peroleh dari ikan. Omega 3 sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu omega juga dapat mencegah peradangan.

Itu semua merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh mata sehingga mata anda tetap sehat hingga usia lanjut. Kita tidak perlu harus memakan semua vitamin tersebut. Kita dapat memperoleh vitamin tersebut dari beberapa makanan yang kita konsumsi setiap hari. Pastikan makanan yang anda makan masih segar, sehingga khasiatnya tidak hiang.