×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

0

N/A

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Tips agar momen indah kalian tak menjadi ancaman bagi lingkungan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Maria Wahyu Manitissingsih Putri

04 / 03 / 2019 10:19

Kamu termasuk anak yang sangat mencintai lingkungan? Kamu pastinya gak mau dong kalau momen kebahagiaan kalian harus menjadi ancaman bagi lingkungan. Berikut adalah beberapa tips agar pernikahan kalian “zero waste”.

1. Hindari penggunaan balon.

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Balon merupakan top 3 deadliest ocean trash lho. Mirip dengan kantong plastik, nantinya balon yang sudah terbang ini akhirnya turun kembali dan lama-lama menjadi mikroplastik. Gimana kalau sebagai gantinya kita melakukan penanaman pohon, pelepasan satwa ke alam bebas, atau selebrasi lain yang tidak berdampak buruk pada lingkungan.

 

Loading...

2. Sumbangkan bunga bekas dekorasi.

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Dekorasi pernikahan tentunya tidak jauh dari yang namanya bunga. Ruangan akan tampak semakin indah dengan berbagai hiasan hidup nan cantik ini. Tapi mau dikemanakan bunga-bunga yang masih cantik ini setelah acara usai? Kalian bisa mendonasikannya pada beberapa akun di instagram yang menerima jasa donasi dan daur bunga. Komunitas pendaur bunga biasanya menerima sumbangan bunga dari berbagai acara yang kemudian akan mereka rangkai kembali lalu diberikan kepada mereka yang kurang beruntung seperti ke panti jompo, panti asuhan, orang sakit, dsb. Dan kalian tidak akan merasa sedih untuk merelakan bunga yang masih cantik terbuang sia-sia.

 

3. Souvenir.

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Kalian bisa mengajak teman-teman untuk ikut berpartisipasi menjaga lingkungan dengan memberikan souvenir yang bisa mendukung aksi zero waste, misalnya souvenir berupa tumblr, sedotan stainless atau bambu, totebag, tas untuk belanja, dsb. Jangan lupa untuk menghindari plastik sebagai kemasan souvenir kalian ya.

 

4. E-invitation.

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Manfaatkan kecanggihan tekhnologi saat ini dengan menggunakan e-invitation. Kalian bisa membuat invitation berupa video agar lebih menarik. Namun, perlu berhati-hati agar e-invitation kalian tidak disebarluaskan ke grup lain di mana tidak menjadi list undangan kalian ya guys.

 

5. Sumbangkan sisa makanan yang masih layak.

5 Tips 'zero waste wedding' untuk lingkungan yang lebih baik

Pesta pernikahan berlangsung meriah dan sukses, namun ternyata masih tersisa banyak kue dan makanan yang masih layak. Jika kalian udah males ribet untuk membawanya kembali, lebih baik minta pada pihak catering untuk membungkusnya. Setelah acara selesai, kalian bisa membagi-bagikannya pada orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Atau kalau nggak sempat, ada beberapa pihak juga yang menerima sumbangan makanan seperti @hungerbank di instagram agar sisa makanan kalian bisa disalurkan dengan baik. Nggak mubazir kan jadinya?

 

Nah, itu tadi tips-tips agar momen indah kalian tidak menjadi ancaman bagi lingkungan. Satu langkah awal pencegahan untuk lingkungan yang lebih baik.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red