×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

0

N/A

5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

Ini dia beberapa tips untuk dapat bekerja di industri perhotelan yang seru dan menyenangkan!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fulgentius Leonard

30 / 01 / 2020 11:00

Perkembangan pariwisata terutama perhotelan di Indonesia saat ini sangat cepat dan dinamis. Dapat dilihat dari kunjungan wisatawan yang setiap tahun terus mengalami peningkatan, termasuk bertambahnya jumlah hotel di setiap kota dan daerah wisata. Dengan semakin bertumbuhnya industri perhotelan tentunya diikuti juga dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang profesional dan memiliki jiwa hospitaliti.

Dalam era di mana travelling dan liburan merupakan kebutuhan primer, siapa yang tidak tertarik untuk bekerja di bidang hospitaliti? Menggunakan pakaian rapi, bekerja di hotel mewah, dan tentunya bertemu orang dari berbagai negara dengan kebudayaan yang berbeda-beda.

Meskipun banyak sekali kesempatan untuk kamu yang tertarik di bidang hospitaliti, bukan berarti semua orang dapat sukses di bidang ini. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan dan terapkan untuk sukses berkarier di industri perhotelan!

1. Memilih perguruan tinggi yang memiliki jurusan perhotelan.

5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

Loading...

Foto: www.stptrisakti.ac.id

Tentunya agar dapat menambah ilmu dan pengalaman kamu di bidang ini kamu harus memilih perguruan tinggi dengan jurusan perhotelan. Kamu akan diajarkan semua pembelajaran mengenai industri perhotelan. Seperti Food Production, Food & Beverage Service, Front Office, Hotel Management, Sales, Marketing, Finance, Human Resource Management dan lainnya.

Di Indonesia terdapat beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan perhotelan. Di antaranya seperti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali dan masih banyak lagi.

2. Menjalani program magang untuk mendapatkan pengalaman.

Fulgentius Leonard

Foto: instagram/@fulgentiusleonard

Saat ini di dunia perhotelan, bagi seseorang yang baru menyelesaikan studi dan ingin melamar bekerja akan dilihat riwayat pengalaman bekerja. Oleh sebab itu bagi kamu fresh graduate pengalaman magang itu sangat penting. Karena dengan menjalani magang baik selama enam bulan atau satu tahun, kamu telah mendapatkan pengalaman dan ilmu di dunia kerja yang sesungguhnya.

Berbagai perguruan tinggi memiliki banyak program magang dengan ketentuan yang berbeda-beda. Ada yang selama tiga bulan, enam bulan, bahkan satu tahun. Serunya kalau kuliah perhotelan kamu bisa magang di hotel-hotel berbintang tidak hanya di Indonesia, melainkan di luar negeri! Salah satunya Fulgentius Leonard, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang menjalankan program magang di hotel tertinggi di dunia, The Ritz-Carlton Hong Kong.

3. Memiliki jiwa hospitaliti.

5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

Foto: Instagram/@mariottcareers

Dalam dunia perhotelan, jiwa hospitaliti (melayani) atau ramah tamah merupakan hal yang terpenting. Karena hal pokok dari industri ini adalah pelayanan. Bagaimana kamu dituntut untuk dapat memberikan pelayanan (service) yang baik dan profesional.

Para tamu memilih untuk menginap di hotel tentunya untuk mendapatkan pelayanan baik kamar untuk istirahat, restoran, dan fasilitas lainnya. Oleh sebab itu jika ingin sukses di bidang ini, kamu harus menanamkan sikap yang sopan, ramah, dan tentunya peduli terhadap orang lain.

Kamu juga dituntut untuk bersikap profesional selama bekerja, tidak malas, selalu sigap dalam menangani keluhan dan masalah dari tamu yang menginap. Jika sudah terbiasa dan memiliki jiwa hospitaliti, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk bekerja di industri ini!

4. Siap menerima kritikan.

5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

Foto: hotelnewsresource.com

Industri perhotelan bertitik pada memberikan pelayanan terhadap para tamu. Tentunya dalam bekerja tidak akan selalu mendapatkan pujian, kamu harus siap mendapatkan kritikan untuk mengevaluasi pelayanan (service) yang kamu berikan dari sisi tamu yang mendapatkan pelayanan. Karena kebutuhan dan ekspektasi setiap orang berbeda-beda.

Tetapi dengan mendapatkan kritikan, kamu dapat mengetahui apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus diubah, baik karena tidak efisien, kurang optimal dan lainnya. Mendapatkan kritikan yang membangun tentunya akan meningkat kualitas pelayanan yang dapat diberikan kepada para tamu ke depannya.

5. Open minded and open our heart!

5 Tips untuk memiliki karier cemerlang di industri perhotelan

Foto: Instagram/@mariottcareers

Bekerja di dunia perhotelan tentunya kamu akan bekerja dengan berbagai orang dari berbagai negara dengan kebudayaan yang pastinya berbeda-beda. Berbagai perbedaan tersebut dapat menjadi hal yang seru tetapi juga menakutkan tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Memiliki pemikiran yang terbuka tentunya dapat membantu untuk memahami perbedaan-perbedaan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan kata lain, kamu dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kemudian sikap toleransi juga dapat membantumu untuk lebih mudah beradaptasi dan memberikan pelayanan yang optimal dengan orang-orang di sekitar nantinya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red