Siapa sih, yang nggak suka jalan-jalan alias liburan. Yakin deh, pasti sebagian besar orang suka, apalagi yang jiwa petualangannya tinggi.

Hmm, tapi sebagian banyak orang beranggapan jika orang yang gemar traveling pasti uang yang dikeluarin banyak. Bahkan tak sedikit pula yang berpikir jika orang yang suka traveling nggak punya tabungan.

Selain itu, ada juga para orangtua yang sering ngomel gegara banyak anaknya suka jalan ke sana ke mari tanpa arah dan tujuan.

Nah, biar stigma itu hilang dari peredaran masyarakat Indonesia, berikut tips buat kamu semuanya yang suka traveling tapi takut kantongnya bolong.

1. Sisihkan 5-10% gaji kamu.

5 Tips penting agar kamu tak boros atau kehabisan uang saat traveling

Ya, jadi setiap bulan kamu harus menyisihkan uang gaji kamu sebesar 5 sampai 10%, tergantung dengan kemampuanmu. Dan uang ini khusus dibuat jalan-jalan. Oh ya, jangan lupa pisahkan uang ini dengan tabunganmu ya, jangan sampai tercampur.

Dengan begitu pada saat kamu mau jalan-jalan tidak menggunakan uang tabungan, tapi menggunakan dana jalan-jalan yang sudah kamu simpan.

2. Tetapkan tujuan piknik.

5 Tips penting agar kamu tak boros atau kehabisan uang saat traveling

Nah, tujuan kamu traveling ini juga harus kamu tetapkan agar kamu bisa cari tahu lokasi-lokasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi. Dengan begitu kamu bisa cari tahu berapa kira-kira dana yang kamu butuhkan untuk ke sana.

3. Perbanyak referensi.

5 Tips penting agar kamu tak boros atau kehabisan uang saat traveling

Carilah sebanyak mungkin referensi mulai dari hotel, tempat yang mau kunjungi, tempat makan, dan kendaraan yang akan kamu gunakan. Sepeda motorkah, mobilkah atau angkutan umum.

Kalau kamu tak punya teman atau saudara yang pernah ke sana, kamu bisa bisa cari referensi di Google.

4. Menghitung estimasi.

5 Tips penting agar kamu tak boros atau kehabisan uang saat traveling

Ini bagian terpentingnya di sini. Kamu harus kalkulasikan semuanya mulai dari tiket masuk wisata, biaya kendaraan, biaya penginapan, dan makan tentunya.

Ingat kamu harus membandingkan biayanya. Jadi misalnya, kalau pakai kendaraan sendiri seperti mobil atau sepeda motor dan menginap di hotel A itu berapa totalnya. Kemudian plan yang kedua misal menggunakan angkutan umum, hotel B total berapa.

Dengan begitu kamu bisa membandingkan mana yang cocok dengan budgetmu mana yang tidak.

5. Cuma bawa dana traveling aja.

5 Tips penting agar kamu tak boros atau kehabisan uang saat traveling

Buat semua traveler, disarankan jangan pernah membawa ATM atau kartu kredit pada saat kamu jalan-jalan. Ini agar saat piknik nanti kamu tidak tergoda jajan yang mahal-mahal atau membeli oleh-oleh yang bejibun buat sanak saudara.

Jadi bawa dana traveling yang sudah kamu siapkan saja. Dengan begitu bisa menghindarkan kamu dari yang namanya kehilangan uang tabungan hanya buat jalan-jalan.

Sekali lagi, jangan pernah menggunakan uang tabungan untuk jalan-jalan. Sediakan sendiri dana buat menunjang hobimu itu. Dan Ingat satu lagi, jangan pernah berhutang kepada teman hanya untuk memenuhi hasrat jalan-jalanmu.

Sudah siap piknik, kan?