×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips merawat 'quarantine skin' di tengah pandemi Covid-19

0

Kesehatan

5 Tips merawat 'quarantine skin' di tengah pandemi Covid-19

Nggak menggunakan riasan sama sekali dan bebas dari sinar matahari selama pandemi merupakan hal yang patut kamu syukuri selama #dirumahaja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Divya Alifa

18 / 05 / 2020 13:35

Waktu luang yang kamu miliki di rumah di tengah pandemi Corona alangkah baiknya jika digunakan untuk merawat diri sendiri seperti kesehatan tubuh, rambut, dan tak terkecuali kulit wajah sehingga dapat membantu kesehatan mentalmu. 

Tidak menggunakan riasan sama sekali dan bebas dari sinar matahari selama masa pandemi Covid-19 merupakan hal yang patut kamu syukuri selama #dirumahaja. Namun, hal tersebut belum tentu baik bagi kulitmu. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, terpapar pendingin udara sepanjang hari, dan jadwal tidur yang tidak teratur membuat kulit berjerawat dan kering.

Bagaimana kamu bisa menggunakan waktu luang ini untuk mengatasi permasalahan kulit yang mengganggu pada masa karantina agar menjadi versi terbaik dari kulitmu? Berikut ini merupakan 5 tips yang dapat membantumu merawat kulitmu di tengah masa pandemi.

1. Mendapatkan vitamin D secukupnya.

Berada di dalam ruangan dan tidak terpapar sinar matahari ternyata dapat menghambat kemampuan tubuh dalam memperbaiki dan meregenerasi kulitmu, lho. Kamu bisa mencoba rutinitas baru seperti berjemur, jalan santai di sekitar rumah (tetap melatih jarak sosial), atau bahkan berdiri beberapa menit di spot rumah yang memiliki pencahayaan natural secara baik. 

Loading...

2. Tidur yang cukup dan teratur.

Tidak mendapat tidur yang cukup tidak hanya memiliki dampak pada tubuh secara negatif. Kurang tidur menyebabkan hormon kortisol pada tubuh dilepaskan yang membuat peradangan pada kulit, menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih mudah berjerawat, dan eksim lebih tinggi dibanding yang memiliki jadwal tidur yang baik dalam kesehariannya.

Walau waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, waktu tidur yang direkomendasikan bagi kebanyakan orang dewasa ialah 8-9 jam per malam untuk mendapatkan manfaat terbaik. 

3. Atur pola makan yang tepat.

Saat pandemi, tidak mudah untuk mengatur pola makan yang tepat. Dengan berbagai promo yang ditawarkan oleh berbagai merchant antar pesan makanan online dan junkfood menyebabkan kamu sulit untuk menahan godaan. Selain itu, peningkatan konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, peradangan kulit, dan kemerahan akibat pembuluh darah yang melebar di bawah kulit dapat mengurangi elastisitas kulit dan berdampak pada kekeringan. 

Alangkah baiknya jika kamu mencoba mempertahankan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan mengawali kebiasaan mengonsumsi sayuran hijau. Dampak positif yang kamu rasakan tidak hanya pada kulit, pola makan yang sehat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh! 

4. Jangan sentuh wajahmu, bahkan di rumah.

Jauhkan tangan dari wajah merupakan rekomendasi yang terbaik saat pandemi virus Corona. Tangan yang belum tentu bersih dapat memperburuk kondisi kulit. Mulailah cari kesibukan lain yang dapat mendistraksimu dari menyentuh wajahmu sendiri dan membuat langkah nyata untuk stop terobsesi dengan menyentuh kulit. 

5. Menggunakan skincare secara rutin.

Jika kulitmu masih bermasalah setelah mengikuti tips di atas, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk melihat kembali rangkaian skincare yang kamu miliki. Untuk oily skin, membersihkan kulit dua kali sehari dengan cleanser yang memiliki kandungan salycilic acid dapat mengurangi minyak yang berlebih dan membersihkan kotoran yang menyumbat pada pori-pori. Untuk dry skin, gunakan serum dan pelembap yang memiliki kadar antioksidan tinggi. Pelembap yang baik dapat membantumu melawan kulit kering ketika berada di dalam ruangan sepanjang hari.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red