Musim panas musim yang cocok digunakan untuk beraktivitas. Biasanya orang-orang akan memilih musim panas untuk menyelenggarakan acara atau event karena tak perlu risau memikirkan berbagai halangan seperti tanah becek dan lain sebagainya. Musim panas juga banyak dipilih orang untuk berlibur.

Namun panas yang menyengat juga membuat banyak orang enggan keluar beraktivitas. Lantas jika hanya berdiam diri di rumah sepanjang hari tentu akan menjadi hal yang sangat membosankan.

Nah, berikut ini 5 tips sederhana agar tidak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas.

1. Kenakan pakaian ringan dan berwarna cerah.

5 Tips agar tak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas

gambar:thread.zalora.co.id

Jangan memakai model pakaian yang berlapis karena jika digunakan beraktivitas bisa membuat gampang berkeringat. Pilihlah pakaian sederhana dan juga berwarna terang karena warna terang akan memantulkan panas dan cahaya matahari. Selain itu pilihlah pakaian berbahan katun dan linen. Bahan tadi sifatnya menyerap keringat, jadi kulit tidak lembap karena keringat.

2. Aplikasikan tabir suryaatau lotion dengan SPF tinggi.

5 Tips agar tak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas

gambar: uzone.id

Selain memakai pakaian panjang untuk menghindari sengatan matahari, pengaplikasian lotion juga sangat dianjurkan. Selain memberi rasa sejuk, lotion juga berfungsi menangkis efek buruk sinar matahari dan agar kulit kalian tidak menggelap dan belang. Gunakan tabir surya atau lotion minimal dengan SPF 15, lotion dengan kandungan SPF lebih tinggi sangat dianjurkan.

3. Selain pakaian, perhatikan juga sepatu dan kepalamu.

5 Tips agar tak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas

gambar: planet.merdeka.com

Jika kalian dituntut memakai sepatu saat beraktivitas, pilihlah sepatu yang memungkinkan udara lewat agar kaki tidak terasa pengap. Selain itu kalian bisa memakai kaus kaki jika kaki kalian gampang berkeringat. Kaus kaki akan menyerap keringat sehingga kaki tetap terasa sejuk. Kaus kaki juga sangat dianjurkan saat kalian berkendara untuk mengurangi sengatan panas matahari. Khususnya jika kalian memakai alas kaki terbuka seperti sandal.

Memakai topi juga bisa jadi pilihan. Jika kalian berada di tempat lapang yang panas, memakai topi sangat di anjurkan. Selain menghindari panas, topi juga bisa mengurangi silaunya matahari yang mengenai wajah. Pilihlah topi dengan pinggiran lebar untuk mencakup seluruh area wajah termasuk telinga, selain itu pemilihan warna juga perlu diperhatikan.

4. Ikat rambut agar tidak merasa gerah.

5 Tips agar tak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas

gambar: spiceee.net

Memang mengikat rambut terlihat kurang trendy namun rambut yang terurai akan membuat kalian mudah berkeringat. Dengan mengikat rambut, leher akan terkena udara dan rasa gerah berkurang.

5. Hindari minuman manis agar tidak merasa haus.

5 Tips agar tak kepanasan saat beraktivitas selama musim panas

Minuman manis dingin memang terlihat menggoda namun meminum minuman manis saat kalian merasa haus justru membuat mulut terasa kering dan merasa lebih haus. Hindari minuman bersoda, kafein, dan alkohol. Perbanyaklah minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.