×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips agar harddisk yang kamu miliki jadi lebih awet

0

Gadget

5 Tips agar harddisk yang kamu miliki jadi lebih awet

Mudah kok caranya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Oktaviannur

21 / 03 / 2018 19:13

Media penyimpanan seperti Hard Disk perannya sangat krusial bagi kehidupan, baik di jaman old maupun jaman now . Tak hanya digunakan oleh para pekerja, kini Hard Disk juga digunakan oleh para kaum pelajar. Namun siapapun yang menggunakan, tentunya kita tidak ingin Hard Disk yang biasanya berisi file penting ini tiba-tiba saja rusak. Untuk mencegah kerusakan pada Hard Disk, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Hindari benturan atau guncangan

Sumber: makeusof

Kini Hard Disk sudah memiliki banyak bentuk dan tipe yang berbeda. Seperti Hard Disk external yang berfungsi untuk penyimpanan data bagi orang yang mobilitasnya tinggi. Nah Hard Disk tipe ini seringkali mengalami guncangan atau benturan, padahal dua hal ini dapat bisa merusak komponen di dalamnya. Yang pada akhirnya menyebabkan Hard Disk rusak atau bad sector. 

2. Lakukan shut down hingga tuntas saat mematikan komputer

Loading...

Sumber: WikiHow

Tak banyak yang menyadari bahwa saat melakukan shut down, semua program yang sedang berjalan akan menyimpan data ke dalam Hard Disk. Apabila komputer dimatikan mendadak saat melakukan shut down, maka proses penyimpanan juga akan terhenti tiba-tiba. Tentunya hal ini akan membuat Hard Disk lebih cepat rusak atau bad sector.

3. Defrag Hard Disk secara berkala

Sumber: Mediaceria

Ibarat perpustakaan, defrag pada komputer itu bisa disamakan dengan proses merapihkan buku kembali pada tempat asalnya setelah dibaca. Bila data di komputer terus dibiarkan berantakan maka beban pekerjaan Hard Disk juga semakin berat untuk mencari dan memproses file yang diminta. Jadi ada baiknya untuk melakukan defrag secara berkala agar data tetap rapi dan beban kerja Hard Disk lebih ringan. Kalau tidak, kamu bisa menggunakan layanan seperti Seagate Recovery Service (SRS) yang bisa mengembalikan data dari Hard Disk yang rusak. 

4. Partisi Hard Disk

Sumber: blogrollcenter

Dengan melakukan partisi, kinerja Hard Disk dapat lebih ringan karena Hard Disk akan lebih cepat mencari data dan melakukan proses read and write. Hal ini dikarenakan Hard Disk sudah terbagi, sehingga kinerja Hard Disk lebih fokus di salah satu partisi saja.

5. Hindari pemakaian Hard Disk secara berlebihan

Sumber: Imgur

Hard Disk yang digunakan dalam waktu yang lama akan lebih cepat rusak, kenapa? Karena pemakaian dalam waktu yang lama akan membuat Hard Disk berada dalam suhu tinggi terus menerus. Tentunya hal ini akan menyebabkan kinerja Hard Disk perlahan tapi pasti akan mengalami penurunan dan pada akhirnya rusak. 

Demikian beberapa tips sederhana namun sekiranya bisa membuat Hard Disk kamu berumur lebih panjang. 

 

 

 

 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red