Perhelatan Piala Dunia selalu menjadi ajang empat tahunan yang dinanti masyarakat dunia. Tim Nasional yang berlaga pun seringkali menjadi sorotan utama. Nah, berikut ini beberapa debut unik yang pernah terjadi dan dialami beberapa Tim Nasional dalam sejarah Piala Dunia. Ada Timnas idolamu nggak?

1. Italia (Piala Dunia 1934, Italia).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Italia menjadi penyelenggara ajang Piala Dunia pada tahun 1934. Ini adalah tahun kedua Piala Dunia diselenggarakan dan yang pertama kalinya diselenggarakan di Eropa. Sebagai tuan rumah Piala Dunia, Italia tidak mendapatkan tiket langsung lolos karena harus menjalani pertandingan kualifikasi terlebih dahulu. Ini adalah yang pertama dan terakhir kalinya tuan rumah Piala Dunia harus menjalani pertandingan kualifikasi. Di partisipasi pertama kalinya ini, Italia berhasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan Cekoslovakia di final dengan skor 2-1.

2. Hindia Belanda/Indonesia (Piala Dunia 1938, Prancis).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Piala Dunia kembali diselenggarakan di Eropa pada tahun 1938 di mana Prancis terpilih menjadi penyelenggara ajang sepak bola paling besar di dunia ini. Hal ini membuat Uruguay dan Argentina urung mengikuti turnamen ini pada tahun 1938 karena mereka merasa bahwa penyelenggaraan Piala Dunia harus bergantian antar 2 benua, yaitu Eropa dan Amerika Selatan. Piala Dunia 1938 menjadi Piala Dunia pertama di mana ada tim nasional dari Asia ikut berpartisipasi. Hindia Belanda menjadi tim nasional asal Asia pertama tersebut. Sayangnya, langkah Hindia Belanda di Piala Dunia berlangsung sangat singkat karena harus kalah di pertandingan pertama dan satu-satunya sampai saat ini ketika mereka dilibas 6-0 oleh Hungaria.

3. Inggris (Piala Dunia 1950, Brazil).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Piala Dunia 1950 menjadi Piala Dunia pertama di mana tim nasional Inggris berlaga di kompetisi sepak bola terbesar di dunia tersebut. Hal itu terjadi setelah sebelumnya Inggris selalu menolak untuk berpartisipasi karena merasa bahwa sepak bola di Britania Raya lebih superior ketimbang di negara-negara lainnya. Inggris menjadi satu-satunya debutan di Piala Dunia kali ini.

4. Wales (Piala Dunia 1958, Swedia).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Wales menjalani debut mereka di Piala Dunia pada tahun 1958 saat mengalahkan Israel di play-off. Ini satu-satunya penampilan Wales di Piala Dunia sejauh ini. Yang membuat debut mereka unik adalah bagaimana mereka lolos dari kualifikasi. Israel saat itu memenangkan 3 pertandingan mereka secara otomatis dikarenakan 3 negara yang harusnya menjadi lawan mereka menolak untuk bermain melawan mereka. 3 negara tersebut adalahTurki, Indonesia dan Sudan. Karena peraturan FIFA mengatakan bahwa sebuah negara tidak dapat lolos secara otomatis tanpa menjalankan 1 pertandingan pun, maka FIFA mengadu Israel dan Wales di ajang play-off yang akhirnya dimenangkan oleh Wales.

5. Israel (Piala Dunia 1970, Meksiko).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Israel berhasil lolos ke ajang Piala Dunia pertama dan satu-satunya buat mereka saat ini setelah memuncaki klasemen Group 2 zona Asia dan mengalahkan Australia di ronde terakhir zona Asia. Langkah Israel sedikit dimudahkan karena Korea Utara menolak untuk bertanding di Israel. Piala Dunia 1970 menjadi Piala Dunia terakhir Israel sebagai anggota AFC karena negara-negara Arab dan Muslim selalu menolak untuk bertanding melawan mereka. Setelah ditendang dari AFC, Israel bergabung ke UEFA.

6. Ukraina (Piala Dunia 2006, Jerman).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Ukraina berangkat ke Jerman dengan mayoritas punggawa mereka yang bermain di liga lokal Ukraina. Ukraina yang saat itu dimotori oleh mega bintang mereka, Andriy Shevchenko, berhasil membuat kejutan di Piala Dunia kali ini dengan mencapai 8 besar setelah lolos dari babak grup yang dihuni oleh Spanyol, Arab Saudi dan Tunisia, lalu mengalahkan Swiss di babak 16 besar melalui adu pinalti. Ukraina tersingkir setelah kalah 3-0 dari jawara Piala Dunia saat itu, Italia.

7. Bosnia & Herzegovina (Piala Dunia 2014, Brazil).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Bosnia & Herzegovina berhasil membuat kejutan dengan lolos ke Piala Dunia setelah memuncaki grup kualifikasi mereka yang dihuni oleh Yunani dan Slovakia yang merupakan peserta Piala Dunia tahun sebelumnya. Bosnia & Herzegovina menggilas semua lawan mereka di kualifikasi dengan torehan gol yang fantastis. Total 30 gol ditorehkan oleh para pemain Bosnia & Herzegovina di babak kualifikasi dengan salah satu kemenangan mereka yaitu 8-1 ketika melawan Liechtenstein menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah Bosnia & Herzegovina. Bosnia & Herzegovina berangkat ke Brazil dengan nyaris semua pemain mereka bermain di luar negara. Hanya satu pemain yang bermain di liga lokal, yaitu Asmir Avduki.

8. Islandia (Piala Dunia 2018, Rusia).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Islandia menjadi negara dengan populasi paling kecil yang pernah lolos ke Piala Dunia. Populasi Islandia per Maret 2018 adalah330.000. 43 ribu lebih sedikit ketimbang pengikut Cristiano Ronaldo di Twitter. Bahkan lolosnya Islandia banyak menghasilkan meme tentang populasi negara mereka. Pencapaian tim nasional Islandia ini digadang-gadang sebagai pencapaian terbesar Islandia di olahraga sepanjang masa. Di laga pertama mereka di Piala Dunia, mereka mengejutkan dunia dengan berhasil menahan imbang Argentina 1-1. Walaupun di 2 laga setelah itu mereka kalah dan harus tersingkir dari Piala Dunia hanya dengan menghasilkan 1 poin sepanjang turnamen.

9. Panama (Piala Dunia 2018, Rusia).

9 Tim Nasional ini menjalani debut unik di ajang Piala Dunia

Panama nyaris lolos pada kualifikasi Piala Dunia 2014 setelah mereka kalah 2-1 melawan Amerika Serikat. Walaupun sedang memimpin 2-1 di menit 90, mereka kecolongan 2 gol di sisa-sisa menit terakhir dan harus mengakhiri petualangan mereka dan gagal lolos ke babak play-off melawan Selandia Baru. Panama lolos ke Piala Dunia setelah mengalahkan Kosta Rika melalui gol dariRomn Torres pada menit ke 88. Karena golnya yang mengirim Panama ke Rusia tersebut,Romn Torres dianggap sebagai pahlawan nasional oleh rakyat Panama. Selang sehari setelah itu, Presiden Panama mengumumkan bahwa 12 Oktober menjadi hari libur nasional sebagai perayaan lolosnya Panama ke Piala Dunia.