Kalau kamu mengaku sebagai pencinta film, rasanya kurang afdol kalau belum nonton film-film bertema drama musikal. Selain karena jalan cerita, biasanya film drama musikal menampilkan aktor maupun aktris yang bukan dari kalangan penyanyi, walaupun ada juga sih beberapa film yang menggaet penyanyi sungguhan. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersediri karena para aktor/aktris tak hanya dituntut untuk berakting, namun juga ditantang untuk bisa menyanyi.

Selain itu, tak jarang juga OST atau original soundtrackdalam film drama musikal menjadi lagu-lagu hits dan membekas di hati para penonton. Nah, berikut ini lima rekomendasi film drama musikal yang bisa kamu tonton bareng keluarga atau pasangan.

1. A Star is Born (2018).

Siapa sih yang nggak tahu film A Star is Born? Film ini heboh banget pada tahun 2018 karena dibintangi oleh penyanyi kondang Lady Gaga dan Bradley Cooper. Bahkan OST yang berjudul Shallow masuk ke dalam Top 10 Billboard Chart selama 26 minggu. Keren!

Nah untuk plot ceritanya, film ini bercerita tentang Jackson, seorang musisi yang bertemu dengan Ally yang sedang menyanyi di sebuah bar. Saat pertama kali bertemu, Jackson bergitu tertarik dengan Ally dan memutuskan untuk berkenalan. Kemudian Jackson pun mengajak Ally untuk menonton konsernya dan kisah cinta keduanya dimulai. Sekaligus kelanjutan dari perjalanan karier Jackson di dunia musik dan keinginan Ally untuk menjadi penyanyi.

2. Mary Poppins Returns (2018).

Mary Poppins adalah salah satu film kebanggaan Disney yang keluar pada tahun 1964. Film ini bercerita tentang seorang pengasuh anak (nanny) yang memiliki kemampuan ajaib, suka menyanyi, dan kerap memberikan pengalaman tak terduga untuk anak-anak yang diasuhnya, salah satunya Michael dan Jane Banks.

Namun bedanya di Mary Poppins Returns (2018), Banks bersaudara telah tumbuh dewasa dan Michael telah memiliki tiga anak. Tetapi, setelah istri Michael meninggal dunia, muncul suatu masalah jika ia terancam kehilangan rumahnya. Kemudian muncul Mary Poppins yang kembali ke rumah keluarga Banks untuk mengembalikan kebahagiaan di rumah tersebut.

3. The Greatest Showman(2017).

Ini adalah salah satu film bertabur bintang yang patut ditonton. Sebut saja Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, Rebecca Ferguson, dan Zendaya yang turut membintangi film ini. The Greatest Showman adalah sebuah film yang terinspirasi dari latar belakang berdirinya The Barnum Museum di Amerika Serikat yang bercerita tentang perjalanan jatuh bangun P.T. Barnum dalam mendirikan sebuah atraksi sirkus yang begitu sukses pada abad ke-19.

4. La La Land (2016).

Tahu dong poster film ini karena saking ikoniknya? Yup! Itu adalah potongan dari scene ikonik tentang sepasang kekasih yang sedang berdansa di bawah langit malah Los Angeles sambil menyanyikan lagu A Lovely Night.

Film ini berkisah tentang Sebastian (Ryan Gosling) yang seorang musisi dan Mia (Ema Stone), calon aktris yang bertemu dan saling jatuh cinta di Los Angeles. Perjalanan cinta keduanya tak bisa dikatakan mulus, terlebih keduanya memiliki mimpi yang bertolak belakang. Pada akhirnya, keduanya harus berpisah dan mengejar mimpi masing-masing. Mia pergi ke Hollywood untuk mengikuti audisi sebagai aktris dan Sebastian tetap dengan band jazz-nya.

5. Sing Street (2016).

Berlatar tahun 80-an, Sing Street bercerita tentang Conor (diperankan oleh Ferdia Walsh-Peelo) yang mencari kebahagian di luar rumah karena kedua orang tuanya selalu bertengkar. Kemudian, Conor membuat sebuah band untuk membuat Raphina (Lucy Boynton), pujaan hatinya terkesan. Sekaligus, Conor bercita-cita untuk pergi ke Inggris dan menjadi musisi sukses layaknya band Duran Duran.

Dari kelima film drama musikal di atas, mana yang sudah kamu tonton? Dan apakah ada soundtrack dari film-film tersebut yang sangat membekas buatmu?