×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Prinsip diet ini perlu diperhatikan pemula, biar diet lebih seru

0

News

5 Prinsip diet ini perlu diperhatikan pemula, biar diet lebih seru

Diet akan menjadi mudah jika paham tentang prinsip ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Maria Wahyu Manitissingsih Putri

01 / 03 / 2019 13:37

Udah nyobain diet berbagai cara untuk diet tetapi berat nggak turun atau turun tapi cepat naik lagi? Bisa jadi cara yang kamu gunakan dalam berdiet belum atau tidak sesuai dengan kondisi tubuhmu. Nah, jika begitu tak ada salahnya kamu coba pelajari beberapa prinsip diet berikut ini.

1. Pelajari tubuh kamu.

Kesalahan yang banyak dilakukan para dieters adalah ketika mereka langsung membatasi makanan yang masuk atau olahraga mati-matian demi BB turun drastis. Our body is smarter than we think. Bila kita dalam hari pertama diet langsung tidak makan nasi sama sekali, maka tubuh akan membakar banyak kalori untuk mengubahnya menjadi energi, namun di hari selanjutnya, tubuh tidak akan banyak membakar kalori karena tubuh tahu bahwa kita tidak akan memasok cukup karbo ke dalam tubuh sehingga mereka lebih memilih untuk membakar sedikit kalori, dan apa yang terjadi pada tubuh kita? Ya, setelah berat badan turun drastis, BB akan stabil pada angka tersebut. Jadi, "lebih baik kurangi kalori secara bertahap, dan bakar kalori lebih banyak".

 

2. Hitung kalori.

Loading...

5 Prinsip diet ini perlu diperhatikan pemula, biar diet lebih seru

Prinsip diet adalah "kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori yang keluar". Untuk memudahkan di awal, coba aplikasi penghitung kalori. Di sana kalian bisa tahu berapa kalori yang masuk dalam 1 porsi makanan kalian. Terkadang dieters lebih memilih sarapan dengan roti dan susu daripada makan nasi, padahal harus diperhatikan juga jenis roti dan susu yang diminum karena tidak jarang total kalorinya akan lebih tinggi dan tidak membuat kenyang daripada ketika makan nasi. Dengan mengetahui jumlah kalori di setiap makanan, kalian bisa makan apapun dan mengaturnya sendiri tanpa harus menghindari makanan yang kalian sukai.

 

3. Atur pola makan.

Selain menghitung kalori, perhatikan juga pola makan. Kalian bisa menggunakan pola makan ala OCD di mana prinsipnya adalah makan sehari 4-6 jam. Jadi misal hari ini kalian mulai makan jam 10 pagi, kalian bisa makan apapun setelah itu hingga jam 2 atau 4 sore. Setelah itu kalian harus berhenti makan apapun dan hanya boleh minum air putih hingga jam 10 pagi keesokan harinya. Tapi ingat, saat jam makan tetap perhatikan kalori yang masuk ya.

 

4. Cari personal trainer atau download aplikasi olahraga.

5 Prinsip diet ini perlu diperhatikan pemula, biar diet lebih seru

Bakar kalori dengan olahraga. Olahraga yang disarankan adalah kardio seperti jogging, lompat tali, squat, dll. Kalian bisa download video personal trainer di Youtube atau aplikasi olahraga seperti 7 minutes workout dsb. Aplikasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memacu kamu olahraga rutin dan mengikuti ritme mereka. Selain itu kalian juga bisa memilih berbagai tipe olahraga untuk membentuk bagian tubuh yang diinginkan.

 

5. Hentikan kebiasaan “cheating day”

Cheating day biasanya dilakukan untuk menghargai upaya diet kita selama ini. Biasanya kita akan berhenti olahraga untuk sehari dan memberi kesempatan tubuh untuk makan bebas. Nah, wajib hati-hati ya dengan kebiasaan cheating day ini, bisa-bisa settingan tubuh yang sudah kita atur dengan baik bisa rusak hanya dalam sehari. Bayangkan saja tubuh sudah beradaptasi untuk tidak membakar karbohidrat dan lemak berlebih karena tahu bahwa kita hanya makan sedikit karbo dan lemak sehingga saat cheat day, setiap karbo dan lemak yang masuk tentunya akan disimpan oleh tubuh kita guna memenuhi kebutuhan untuk hari-hari berikutnya. Ingat, we have a smart body. Hal ini yang sering kali membuat berat badan cepat kembali lagi saat cheat day, jadi fokus diet dulu ya.

 

Dan yang terakhir, tetap konsisten. Lakukan pola hidup ini meski BB sudah turun. Selain untuk kesehatan, dengan pola hidup sehat yang rutin akan memacu hormon endorphine dan membuatmu lebih semangat dan bahagia. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red