Harta karun merupakan harta yang dicari-cari oleh banyak orang. Bagi sebagian besar orang, menemukan harta karun bisa menjadikan hidup mereka berubah. Dalam pencarian harta karun terdapat banyak orang yang gagal, tetapi tidak sedikit pula orang yang berhasil menemukannya. Berikut adalah 5 orang paling beruntung menemukan harta karun yang dirangkum dari berbagai sumber (30/06).

1. Terry Herbert.

5 Orang beruntung ini temukan harta karun senilai miliaran rupiah

Terry Herbert adalah seorang pria beruntungyang berusia 55 tahun. Hanya berbekal alat pendeteksi logam (metal detector), seorang pemburu harta amatir bernama Terry Herbert berhasil menemukan harta karun emas peninggalan Anglo Saxon. Pencarian yang dilakukan pada 5 Juli 2009 tersebut menghasilkan temuan sebanyak 3.500 benda, dengan total berat 1,3 kilogram perak dan 5 kilogram emas. Seperti yang dilansir dari laman jawaban.com (27/09), harta karun yang ditemukannya termasuk barang-barang hiasan untuk pedang, salib, dan banyak benda lainnya yang terbuat dari emas dan perak.

2. Pasangan suami-istri California.

5 Orang beruntung ini temukan harta karun senilai miliaran rupiah

Pasangan suami istri di California Utara menemukan koin emas tua yang nilainya mencapai lebih dari $10 juta atau Rp116 miliar yang terkubur di halaman rumah mereka. Seperti yang dilansir dari laman beritasatu.com (26/02), Ribuan koin ditemukan saat pasangan ini sedang berjalan dengan anjing mereka yang tak sengaja menggali tanah dan menemukan harta karun yang dianggap terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Serikat.

Koin-koin tersebut dalam pecahan $5, $10, dan $20, disimpan kurang lebih berurutan sesuai tahun, koin dari tahun 1840-an dan 1850-an disimpan di satu kaleng sampai penuh, lalu koin-koin lainnya disimpan di kaleng berikutnya dan seterusnya. Pasangan tersebut memilih merahasiakan identitas mereka untuk menghindari demam emas baru ke tempat tinggal mereka oleh pendulang emas modern dengan detektor metal.

3. Reg Mead dan Richard Miles.

5 Orang beruntung ini temukan harta karun senilai miliaran rupiah

Setelah pencarian tidak kenal lelah selama lebih kurang tiga dekade, sepasang pemburu harta karun amatir asal Inggris berhasil menemukan timbunan besar koin kuno berbahan emas dan perak dengan nilai US $15 juta atau sekitar Rp141 miliar.

Reg Mead dan Richard Miles berhasil menemukan tempat penyimpanan harta yang dikuburkan lebih dari 2.000 tahun lalu atau selama masa kekuasaan Romawi yang menyerbu kepulauan Normandia dan Inggris.

4. David Gonzalez.

5 Orang beruntung ini temukan harta karun senilai miliaran rupiah

Sebuah buku komik tahun 1938 yang menjadi cetakan pertama Superman ditemukan di dalam sebuah tembok rumah yang terlantar di Minnesota, AS. Komik edisi perdana Superman ini ditemukan masih dalam keadaan terbungkus kantong isolasi di dinding sebuah rumah di Minnesota. Penemu komik ini adalah David Gonzales. Awalnya dia membeli rumah yang terlantar di Minnesota ini untuk direnovasi dan akan ditinggali bersama empat anaknya.

Seperti yang dilansir dari laman intisari.grid.id (23/03), buku komik itu dijual beberapa minggu setelah penemuannya seharga $175.000 (Rp2,4 miliar) kepada pembeli yang tidak dikenal. Sayangnya, Gonzalez merobek cover belakang komik tersebut, yang membuatnya kehilanganhampir $50.000 (Rp689 juta) dari total harga.

5. Nick Mead.

5 Orang beruntung ini temukan harta karun senilai miliaran rupiah

Penggemar tank ini menemukan 'harta karun' pada tank bekas yang baru saja dibelinya. Ia membeli tank 30 ribu poundsterling (Rp494,19 juta) dari eBay. Si kolektor ini malah mendapati harta bernilai lebih dari 2 juta poundsterling, setara Rp32,94 miliar.

Semua bermula saat kolektor itu membuka tangki bahan bakar dari tank bekas tersebut. Tak disangka di dalam tank terdapat lima batang emas batangan. Dilansir dari The Sun (11/04), pria beruntung itu bernama Nick Mead. Dia menemukan lima batang emas batangan di tank model T54/69. Tank itu memang sengaja dibeli untuk menambah jumlah koleksi kendaraan perangnya yang kini berjumlah 150 unit.