Dalam beberapa tahun terakhir, dunia kerap kali dihebohkan dengan sebuah teori konspirasi yang sulit dipecahkan. Misteri tentang kematian yang dirahasiakan atau juga tentang kematian yang direkayasa entah untuk apa tujuannya.

Tak terkecuali dalam industri musik. Begitu banyak kabar simpang siur tentang sesuatu yang ditutup-tutupi sehingga kerap memicu rasa penasaran banyak orang untuk mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan kasusnya. Lalu, siapa saja musisi dunia yang kerap diberitakan dengan kabar-kabar dan teori-teori konspirasi tersebut sehingga membuat para penggemar bertanya-tanya tentang keaslian ceritanya? Di bawah ini adalah 5 musisi dunia yang keaslian kisah sebenarnya masih dipertanyakan, bahkan ketika beberapa di antaranya sudah meninggal puluhan tahun yang lalu. Yuk, simak.

1. Tupac Shakur

5 Musisi dunia ini kabar aslinya masih dipertanyakan, konspirasi?

Sumber:fanpop.com

7 September 1966, adalah tepat ketika seorang rapper berkulit hitam ditemukan meninggal di dalam mobil yang ia kendarai. Oleh seorang saksi mata, Tupac diduga tewas ditembak oleh seorang pengendara mobil Chevrolet Impala hitam di Vegas pada malam itu. Tapi kabar tersebut belum terbukti mengingat tidak ada kelanjutan kasus dari kematiannya, bahkan kisah kematian Tupac diangkat menjadi film dokumenter oleh National Geographic. Kabar yang mengherankan lagi, setelah rapper yang dikenal dengan 2Pac ini telah dikabarkan meninggal, sejumlah album buatan 2Pac rilis. Lalu siapa yang merilis? Adalah pertanyaan yang sampai kini masih kerap terdengar.

2. Jimi Hendrix

5 Musisi dunia ini kabar aslinya masih dipertanyakan, konspirasi?

Sumber:thatericalter.com

8 September 1970, musisi kulit hitam berbakat dikabarkan telah meninggal, tapi kabar kematiannyalah yang sampai kini masih dipertanyakan. Pendiri band The Jimi Hendrix Experience ini memiliki banyak sekali kabar miring perihal kematiannya, Jimi dikabarkan meninggal karena masalah pernapasan, seperti menurut pihak kepolisian setelah Monika Dannemann, kekasih Jimi, menelpon seseorang dan mengabarkan bahwa Jimi telah meninggal di apartemennya. Selain itu Jimi juga dikabarkan meninggal karena keracunan barbiturat dan menelan muntahannya sendiri.

3. Jim Morrison

5 Musisi dunia ini kabar aslinya masih dipertanyakan, konspirasi?

Sumber:epicpic.com

Kepergian pentolan grup musik The Doors ini juga masih menyisakan tanda tanya. Jim ditemukan meninggal di dalam bak mandi rumahnya, 3 Juli 1971, di Paris. Kabar menyebutkan Jim meninggal karena overdosisi heroine, kabar lainnya menyebutkan bahwa Jim dibunuh oleh seorang pengedar narkoba yang ditemuinya, seperti yang dikatakan oleh kekasihnya, Marianne Faithfull. Kabar mengejutkan lainnya datang dari seseorang pemilik toko di daerah Paris yang berkata sempat melihat Jim Morrison sedang membeli makan. Jadi, Jim Morrison sudah meninggal atau belum?

4. Kurt Cobain

5 Musisi dunia ini kabar aslinya masih dipertanyakan, konspirasi?

Sumber:thesun.com

Vokalis tampan band legendaris Nirvana ini tak kalah kontroversial. Pemilik nama lengkap Kurt Donald Cobain ini juga membuat publik penasaran dengan berita kematiannya. Sebab setelah 23 tahun lebih musisi ini pergi, kabar kematiannya masih simpang siur. Banyak kabar yang menyatakan Kurt meninggal bunuh diri dengan menembakan pistol ke kepalanya, banyak juga kabar bahwa Kurt tewas dibunuh. Bahkan tak sedikit penggemar yang menyangka bahwa sang istri, Courtney Love, yang membunuh Kurt.

5. Paul McCartney

5 Musisi dunia ini kabar aslinya masih dipertanyakan, konspirasi?

Sumber:beatlemania.id

Penggemar grup band legendaris asal Inggris yakni The Beatles, pasti tidak asing dengan nama ini. Paul McCartney, musisi tampan kidal yang sampai hari ini kerap dipertanyakan karena sesuatu yang janggal terjadi. Banyak kabar menyebutkan, bahwa Paul yang asli sudah meninggal dan yang sekarang masih hidup adalah Faul (akronim dari Fake Paul). Hal ini mencuat dari petunjuk-petunjuk tersirat di dalam cover album milik The Beatles, seperti Abbey Road, Sgt. Peppers, Let It Be, Today and Yesterday, Very Together, juga pada lagu Revolution 9. Menurut seluruh petunjuk yang ada Paul diyakini telah meninggal sebab kecelakaan yang menimpanya dan mendapat luka berat di bagian kepala, namun pihak kepolisian menutupi karena The Beatles dianggap sebuah aset negara. Apalagi The Beatles tidak pernah lagi melakukan konser secara live selepas rumor kematian Paul mencuat,yakni pada tahun 1966-1967.

Itulah daftar musisi-musisi dunia yang sampai hari ini masih sering diperbincangkan dan dipertanyakan bagaimana kabar keaslian dari ceritanya.