×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Manfaat tanaman suruhan bagi kesehatan dan cara mengolahnya

0

N/A

5 Manfaat tanaman suruhan bagi kesehatan dan cara mengolahnya

Tanaman suruhan yang dianggap tidak berguna ternyata memiliki manfaat luar biasa.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ahmad Wahyu

08 / 11 / 2019 17:41

Tanaman liar yang sering dianggap sebagai rumput tak berguna ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Tanaman ini sering ditemui di bawah tembok pagar rumah atau umum juga diperoleh di daerah pegunungan yang sejuk.

Suruhan memiliki nama latin peperomia pellucida. Kandungan tamanan ini antara lain kalsium, minyak atsiri, alkaloid, lemak, tannin, kalsium oksalat, senyawa patuloside A, pellucida, glikosida xanthone, fitol, fenetilalkohol, kalium, natrium, magnesium, dan fosforus. Selain itu tanaman ini juga mengandung antibiotic, analgesik, anti inflamasi, dan diuretic yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini merupakan 5 manfaat tanaman suruhan nagi kesehatan dan cara mengolahnya.

1. Menurunkan kadar kolesterol.

Suruhan dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Caranya dengan mengambil dan membersihkan pohon suruhan segar yang sudah berukuran 10 cm. Lalu rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Minum secara rutin dua kali sehari. Pastikan air rebusan dalam kondisi segar dan hindari untuk menyimpannya.

2. Pencegahan kanker.

Loading...

Daun suruhan dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Daun suruhan memiliki senyawa P. Pellucida yang berfungsi untuk memperlambat sel kanker. Namun, kamu harus mendapat pengawasan dari dokter untuk konsumsi obat alami ini dalam menangani kanker.

3. Antioksidan.

Daun suruhan mengandung antioksidan alami yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Minyak esensial dari daun suruhan mengandung senyawa bioaktif yang kuat dengan sifat-sifat anti bakteri dan pembasmi radikal.

4. Obat asam urat.

Daun suruhan dapat dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi sakit asam urat. Kamu dapat meminum rebusan air daun suruhan lalu ditambah madu untuk hasil maksimal. 

5. Obat untuk ginjal.

Daun suruhan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk merawat kesehatan ginjal. Caranya dengan memilih daun suruhan yang segar beberapa lembar lalu cuci sampai bersih. Kemudian rebus tiga gelas air lalu masukkan daun suruhan tersebut dan tunggu sampai cukup mendidih. Setelah itu kamu bisa minum air rebusan daun suruhan tersebut secara teratur. Pastikan kamu selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak.

Itulah beberapa manfaat dan cara pengolahan tanaman suruhan. Tanaman ini sering kali dicabut lalu dibuang tanpa disadari bahwa ia memiliki manfaat yang luar biasa.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red