×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Makanan khas yang wajib kamu coba saat berada di Bukittinggi

0

Jalan-Jalan

5 Makanan khas yang wajib kamu coba saat berada di Bukittinggi

Saat berlibur, kamu wajib mencicipi makanan khas daerah yang tujuan liburanmu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Adella Ramadani

15 / 12 / 2020 16:45

Saat berliburan ke suatu daerah, akan terasa kurang jika belum mencicipi makanan khas dari daerah yang dikunjungi. Karena cita rasa makanannya akan berbeda dibanding yang kamu cicipi di kota tempatmu tinggal.

Indonesia memiliki makanan khas daerah yang beragam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, semuanya memiliki makanan khas daerah masing-masing. Sudah tentu rasa dari tiap makanan daerah tersebut mengandung banyak rempah unik yang menghasilkan cita rasa lezat di dalamnya.

Contohnya ketika berlibur mengunjungi Bukittingi, Sumatra Barat. Sumatra Barat telah dikenal dengan makanan khasnya yang sangat lezat dan beragam. Makanan khasnya pun memiliki cita rasa kuat dan mengandung banyak rempah yang semakin memberikan kenikmatan paripurna.

Banyak makanan khas dari Sumatra Barat yang telah menjadi favorit khalayak banyak. Mulai dari rendang, sate padang, gulai otak, gulai tunjang, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk mencoba langsung makanan-makanan tersebut di daerah asalnya.

Nah, makanan khas apa saja yang harus kamu cicipi jika berkunjung ke Bukittinggi? Berikut ini beberapa di antaranya.

Loading...

1. Nasi Kapau.

Bukittingi mempunyai kios nasi kapau yang lezat-lezat, salah satunya berada di Pasa Ateh (Pasar Atas). Di Pasa Ateh terdapat suatu tempat yang dinamakan Los Lambuang. Tempat ini menjadi perkumpulan penjual nasi kapau. Yang paling terkenal adalah Nasi Kapau Uni Lis.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang datang pada jam makan siang harus siap-siap untuk mengantre panjang demi sepiring nasi kapau Uni Lis yang sangat lezat. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengantre bisa mencoba nasi kapau lainnya yang ada di Los Lambuang, rasanya juga tidak kalah lezat dari nasi kapau Uni Lis.

2. Sate Padang.

Sudah tentu makanan satu ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Sumatra Barat. Karena rasanya akan berbeda dengan yang kamu makan di daerah tempatmu tinggal. Salah satu sate padang yang lezat ada di Bukittinggi, terletak di kawasan Jam Gadang atau Pasa Ateh (Pasar Atas) yang bernama Pisang Panggang H.M Zen.

Sate padang di sini memiliki cita rasa yang nikmat karena dagingnya dibalur dengan kelapa yang telah diparut, sehingga dagingnya memiliki rasa manis yang berasal dari kelapa parut. Apalagi dipadukan dengan kuah sate padang yang kental dan gurih sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat berbeda dengan sate padang yang biasa kamu temukan. 

Nah, seperti namanya, di sini terkenal dengan pisang panggang. Makanan ini sangat jarang ditemukan. Jika perutmu masih ada rongga untuk makanan lain, tidak ada salahnya kamu mencoba pisang panggang sebagai makanan pencuci mulut.

3. Katupek Pical.

Katupek pical atau katupek kapau adalah sarapan wajib yang harus kamu coba jika berada di Bukittinggi. Katupek pical merupakan salah satu sarapan khas dari Sumatra Barat. Katupek pical ini berisikan sayur-sayuran, mie, ketupat, lalu disiram dengan kuah kacang dan sedikit kuah gulai. Katupek pical ini memiliki cita rasa yang gurih.

Jika ingin mencoba katupek pical, kamu bisa mendatangi Nagari Kapau, Tilatang Kamang. Di sepanjang jalan kamu akan melihat warung-warung yang menjual katupek pical. Jika ingin sarapan dengan katupek pical, maka kamu harus bangun lebih pagi karena katupek pical banyak dijual pada saat pagi hari.

4. Sate Kuah Merah.

Sate kuah merah merupakan sate khas dari daerah Pariaman. Berbeda dengan sate padang, sate kuah merah memiliki kuah yang sangat merah dan cenderung lebih pedas daripada sate padang.

Tempat sate kuah merah yang harus kamu cicipi di Bukittinggi adalah Sate Ajo Bur, Mandiangin. Lokasi Sate Ajo Bur berada di tepi jalan. Jadi saat kamu berkendara akan keliatan asap dari pembakaran sate.

Sate di sini memiliki cita rasa yang pedas sekaligus manis. Karena dagingnya dibalur dengan parutan kelapa, jika kamu makan dagingnya akan terasa manis. Dipadukan dengan kuah merahnya yang pedas akan menghasilkan kombinasi yang sangat lezat. Apalagi jika kamu meminta ekstra parutan kelapa, maka akan semakin lezat rasa sate kuah merah ini.

5. Itiak Lado Mudo.

Itiak Lado mudo merupakan sebuah gulai, namun gulai yang tidak terlalu banyak kuahnya karena dimasak dengan waktu yang lama. Sehingga saat kamu mengambil kuahnya maka yang jadi kuah tersebut adalah rempah-rempah dan cabai hijau yang sudah dihaluskan. Oleh karena itu, itiak lado mudo memiliki cita rasa rempah yang sangat kental, dan ditambah dengan sensasi pedasnya yang menambah kenikmatan.

Tempat makan Itiak Lado Mudo yang paling terkenal berada di daerah Ngarai Sianok. Di sana terdapat banyak rumah makan yang menyajikan Itiak Lado Mudo. Sembari menyantap Itiak Lado Mudo, kamu juga bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan suara air sungai mengalir yang menenangkan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu cicip ketika kamu berkunjung ke Bukittinggi. Tentu bakal terasa kurang jika kamu tidak mencicipi langsung makanan khas Sumatra Barat di tempat asalnya. Semoga rekomendasi di atas dapat membantu kamu, ya!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red