×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

0

Kesehatan

5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

Makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

21 / 08 / 2018 10:23

Daging kambing adalah jenis daging merah dan mengandung protein dan zat besi yang sangat tinggi, tapi rendah lemak. Selain dagingnya, kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing, menggunakan kulit dan bulunya untuk berbagai peralatan.

Daging kambing mengandung vitamin B, vitamin E, vitamin K, kolin, protein, lemak alami, betain, kolesterol, asam amino, dan mineral seperti mangan, zat besi, kalsium, seng, tembaga, fosfor, dan selenium. Daging kambing juga mengandung elektrolit seperti sodium dan potasium, asam lemak omega-3 dan omega-6. Bisa dikatakan, daging kambing memenuhi semua yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meski demikian, ada juga hal negatif dari daging kambing bila kamu konsumsi secara berlebihan, misalnya keracunan makanan dan berat badan naik. Daging kambing juga bukan sahabat untuk penderita penyakit ginjal, jantung, diabetes, dan masalah pencernaan.

Kandungan lemak jenuh pada daging kambing bisa meningkatkan risiko pada pembuluh darah dan jantung. Karena itu kamu perlu membatasi konsumsi daging kambing. Berapa banyak daging yang boleh dikonsumsi tergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatanmu.

Apalagi saat merayakan Idul Adha, kamu biasanya akan menyantap lebih banyak daging merah seperti daging kambing. Karena daging merah tinggi kolesterol, kamu akan membutuhkan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Loading...

Nah, dengan mengonsumsi 5 makanan ini, dapat mengimbangi dan menetralkan efek negatif daging kambing. Apa saja makanannya?

1. Teh.

5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

Foto: Merdeka.com

Minum teh tawar panas juga baik sebagai penawar konsumsi daging kambing dan kenaikan kolesterol jahat. Apapun jenis teh tidak masalah karena semua teh mengandung katecin yang bisa menurunkan kolesterol jahat. 

2. Jus Jeruk.

5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

Foto: Ramesia.com

Selain menyegarkan, jus jeruk bagus sebagai penawar selama tidak ditambahkan gula karena jus jeruk sangat manjur untuk menurunkan kolesterol. 

3. Tomat.

5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

Foto: Alodokter

Kandungan likopen pada tomat dan hasil prosesnya juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

4. Acar.

5 Makanan ini bisa imbangi dan netralkan efek negatif daging kambing

Foto: Cookpad.com

Kamu bisa membuat acar dari campuran mentimun, bawang merah, dan wortel karena bisa menjadi penyeimbang kenaikan kolesterol dalam darah. Bawang dan mentimun mengandung asam amino belerang yang berguna menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL).

5. Kedelai.

kedelai dissolve.com

Foto: dissolve.com

Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang kamu konsumsi.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

MORE
Wave red