Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Meskipun masuk urutan kedua setelah kanker, penyakit jantung tidak boleh diremehkan.

Penyakit jantung bisa berupa serangan jantung atau henti jantung. Penyakit ini memiliki satu kondisi yang sama, yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan darah adalah tekanan atau kekuatan yang diberikan darah pada pembuluh darah ketika mencoba mengalir melalui jaringan arteri, vena, dan kapiler yang seperti pipa di dalam tubuh.Jika kamu memiliki pembuluh darah yang sehat, tekanan darahmu normal. Sedangkan jika tidak, mungkin tekanan darahmu terlalu rendah atau tinggi.

Diet memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan risiko tekanan darah tinggimu.Berikut ini adalah 5 makanan yang harus kamu tambahkan ke dalam menu dietmu untuk menjaga kesehatan jantung yang lebih baik.

1. Sayuran berdaun hijau.

5 Makanan ini bantu kurangi tekanan darah dan jaga kesehatan jantung

Sayuran hijau mengandung kalium yang sehat untuk kesehatan tulang dan gigimu.Kalium juga membantu mencuci natrium yang terakumulasi dalam pembuluh darah melalui urin yang membantu mengurangi tekanan darah.Sayuran hijau berdaun seperti, bayam, kangkung, dll adalah makanan enak yang cocok ditambahkan ke dalam menu dietmu.

2. Bit.

5 Makanan ini bantu kurangi tekanan darah dan jaga kesehatan jantung

Bit adalah sayuran sangat bergizi dan sehat yang dpat ditambahkan ke dalam dietmu untuk mengurangi tekanan darah.Sebuah penelitian menemukan bahwa jus bit mengurangi tekanan darah hanya dalam 24 jam.

3. Pisang.

5 Makanan ini bantu kurangi tekanan darah dan jaga kesehatan jantung

Selain sayuran hijau berdaun, buah yang mengandung kalium dan membantu menjaga jantung tetap sehat adalah pisang.Pisang mengandung kalium dan membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang sama seperti sayuran hijau.Pisang juga membantu pencernaan yang lebih baik dan kesehatan tulang.

4. Biji-bijian.

5 Makanan ini bantu kurangi tekanan darah dan jaga kesehatan jantung

Banyak biji merupakan makanan ringan yang bagus untuk diet jantung sehat karena mengandung mineral seperti potasium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Biji labu, biji bunga matahari, dan lainnya dapat membantu mengurangi tekanan darah dan bisa menjadi camilan yang enak di antara waktu makan.

5. Beri.

5 Makanan ini bantu kurangi tekanan darah dan jaga kesehatan jantung

Beri adalah salah satu buah paling sehat untuk tubuh.Buah ini membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah, menurunkan risiko kanker, dan mengurangi risiko penyakit lainnya.

Buah beri-berian seperti stroberi, blueberry, dan lainnya adalah camilan yang enak dan dapat ditambahkan ke yoghurt untuk dijadikan makanan sehat yang mengenyangkan.