Setiap manusia pasti memiliki tanggung jawab yang harus diemban. Sebenarnya tanggung jawab sudah dimulai sejak kamu kecil. Namun seseorang sudah harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri sejak usia 20 tahun. Tetapi tanggung jawab tersebut semakin bertambah besar saat usiamu menginjak usia 30 tahun, di mana fase hidup yang baru akan segera dimulai.

Kamu harus mau belajar hal-hal baru dan berusaha memperbaiki diri untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Untuk itu ada 5 kemampuan yang harus kamu kuasai saat usiamu menginjak 30 tahun agar tidak terkejut saat memasuki fase hidup yang baru nanti.

1. Mengenali diri sendiri.

5 Kemampuan yang wajib kamu miliki saat usiamu menginjak 30 tahun

Kamu harus bisa mengenali dirimu sendiri? Siapa kamu? Apa yang kamu inginkan? Apa yang ingin kamu capai? Apa passion dan kemampuan yang kamu miliki? Dan yang lainnya. Pertanyaan ini agak sulit dijawab karena sebagian besar banyak yang tidak mampu mengenali diri sendiri dengan baik. Padahal mengenal diri sendiri akan memudahkanmu untuk menemukan sebuah solusi dalam memecahkan suatu masalah.

Misalnya, ketika mengalami bad mood, kamu tidak perlu pergi ke tempat hiburan untuk menghilangkan stres. Karena dengan membaca buku atau beristirahat yang cukup, stres akan hilang dengan sendirinya.

2. Mandiri secara finansial.

5 Kemampuan yang wajib kamu miliki saat usiamu menginjak 30 tahun

Foto: Liputan6.com

Pepatah lebih besar pasak daripada tiang harus segera kamu hindari saat usiamu menjelang 30 tahun agar kondisi finansial terkontrol. Anggaran dapat digunakan sebagai pedoman untuk berbelanja. Ketika tergiur untuk membelanjakan uang di luar anggaran, kamu dapat meng-handle diri agar tidak terjadi pengeluaran di luar batas yang ditentukan. Semakin cepat belajar, semakin terampil pula kamu dalam mengelola keuangan. Kamu juga harus rutin menabung untuk berjaga-jaga jika suatu hari nanti ada kebutuhan mendesak.

3. Menerima kritik dengan lapang dada.

5 Kemampuan yang wajib kamu miliki saat usiamu menginjak 30 tahun

Foto: Female.com

Jangan sakit hati jika diberi kritik. Tidak perlu malu jika dikritik oleh orang lain. Kritik adalah sebuah feedback atas performa yang telah kamu berikan. Apalagi jika kritik tersebut bersifat membangun.

Terimalah kritik yang sekiranya dapat mengubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik. Sebaliknya, apabila kritik tersebut didasarkan pada rasa kecemburuan sebaiknya diabaikan saja. Tetaplah menjadi diri sendiri dan fokus pada apa yang ingin kamu capai di usia 30-an nanti.

4. Berani berkata tidak.

5 Kemampuan yang wajib kamu miliki saat usiamu menginjak 30 tahun

Foto: Kompas.com

Tidak semua ajakan orang harus kamu sanggupi. Beranilah berkata "tidak" terutama jika kamu merasa tidak sanggup atau tidak mampu untuk melakukannya. Berhentilah untuk menjaga perasaan orang lain dan mulailah untuk memikirkan perasaan sendiri.

Lagi pula, kamu tidak diciptakan untuk selalu membahagiakan orang lain bukan? Tetapi kamu diciptakan untuk membahagiakan diri sendiri. Karena berbagi kebahagiaan akan terjadi dengan sendirinya jika kamu sudah bahagia terlebih dahulu.

5. Berbagi dengan orang lain.

5 Kemampuan yang wajib kamu miliki saat usiamu menginjak 30 tahun

Foto: CNN Indonesia

Kesuksesan yang diperoleh tidak hanya dinilai dari seberapa banyak kamu telah mengisi sebuah gelas. Tetapi seberapa banyak isi gelas yang sudah berhasil kamu bagikan kepada orang lain setelah gelas penuh. Artinya hidup itu tidak hanya tentang memperkaya diri sendiri, tetapi juga memperkaya orang yang ada di sekitarmu.

Alangkah baiknya jika membagikan pengalaman yang dimiliki kepada orang-orang yang ada di sekitarmu. Dengan berbagi kamu tidak akan rugi. Justru sebaliknya, dengan berbagi kamu akan menerima balasan lebih besar dari Tuhan.