Liburan akhir tahun segera tiba. Apakah kamu sudah punya rencana tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan tercinta? Sudah lumrah, jika dalam setiap agenda traveling, hotel atau tempat menginap menjadi salah satu destinasi penting yang harus dipikirkan.

Buat kamu yang ingin mencoba sensasi baru, mungkin bisa mempertimbangkan lima pilihan destinasi menginap yang begitu memesona. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sensasi yang ditawarkan hotel lokal ini dijamin akan meninggalkan pengalaman berkesan. Di mana saja? Yuk simak ulasannya.

1. Hideout Bali Eco Bamboo Home

5 Hotel ini desain bangunannya memesona, bikin pengen cepat berlibur

Pas banget namanya Hideout karena merupakan sebuah penginapan di tengah hutan di mana dikelilingi sungai dan sawah yang tersembunyi di sekitar Gunung Agung berapi. Bangunan yang terbuat dari bambu ini dibangun pada tahun 2015 lalu oleh para pekerja lokal yang datang dari sebuah desa kecil, Iseh. Bungalow ini sendiri memang ditujukan bagi para traveler petualang yang menawarkan nuansa rustic dan otentik alam. Kamu bisa memesan kamar penginapan ini di situs Airbnb, dengan tarif per malam sebesar Rp1,5 juta. Tapi, di tengah erupsi Gunung Agung, mungkin agak kurang tepat kalau akhir tahun ini ke sini.

2. Cotton Tree Cottage, Lombok

5 Hotel ini desain bangunannya memesona, bikin pengen cepat berlibur

Jika ke Bali tak memungkinkan, coba lokasi menginap yang tak kalah indah dan ciamik ini. Berada di sebuah lokasi yang sunyi, kamu juga bisa merasakan sensasi alam pedesaan di sebuah cottage bergaya unik nan tradisional di Gili Trawangan, Lombok. Cottage yang berjarak tak jauh dari jalan utama pantai ini menawarkan beragam fasilitas berkelas bagi para traveler, seperti tempat olahraga, pantai, maupun hiburan malam. Para tamu juga dapat menikmati akses mudah ke berbagai fasilitas kota. Tarif sewa kamar di cottage ini pun cukup murah yakni mulai dari Rp 422 ribu per malam.

3. Villa Air Natural Resort, Bandung

5 Hotel ini desain bangunannya memesona, bikin pengen cepat berlibur

Menuju Bandung, kota wisata favorit para warga Jakarta tiap akhir pekan ini memang selalu dpadati turis lokal atau asing. Tak heran, jika banyak tempat wisata dan penginapan di kota ini saling berlomba menawarkan sensasi yang berbeda bagi pengunjungnya. Salah satunya adalah Villa Air Natural Resort yang ada di Lembang. Bahkan, bangunan dan suasananya disebut-sebut sangat mirip dengan suasana rumah tradisional di Jepang. Untuk dapat menginap di sini, para tamu harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam yakni, Rp1,95 juta tiap hari biasa dan Rp2,3 juta pada akhir pekan, termasuk sarapan pagi.

4. Historical House, Yogyakarta

5 Hotel ini desain bangunannya memesona, bikin pengen cepat berlibur

Jika kamu bepergian ke Yogyakarta, cobalah sesekali menginap di sebuah desa kecil yang jauh dari hiruk pikuk kota. Penginapan yang bernama Historical House yang terletak di tengah pemandangan sawah ini berupaya mengembalikan nuansa alam pedesaaan bagi para tamu pengunjungnya. Di penginapan ini, dinding-dindingnya terbuat dari bambu, begitu pula dengan kamar mandinya yang sangat bernuansa alami. Kamu bisa menikmati semua pengalaman seru menginap di sini dengan tarif cukup murah, yakni mulai dari Rp 338.451 per malam.

5. Beehive Cafe & Boutique Hotel, Bandung

5 Hotel ini desain bangunannya memesona, bikin pengen cepat berlibur

Balik lagi ke Bandung, tempat menginap satu ini mungkin agak berbeda dari empat penginapan di atas yang lebih bergaya tradisional. Terletak di jantung kota Bandung, Beehive Caf dan Hotel ini juga bisa menjadi pilihan jika kamu ingin merasakan menikmati suasana modern minimalis. Meski demikian, para tamu juga bisa menikmati sentuhan personal seperti berada di rumah sendiri, dipadu kenyamanan lewat tawaran beragam makanan lezat, dan tempat belanja di sekitar hotel.