×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abis

0

Life

5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abis

Susu evaporasi dan susu kental manis pun jadi bahan penting yang menentukan kekhasan rasa thai tea

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

12 / 10 / 2018 16:48

Kamu sudah pernah mencoba Thai Tea, teh populer dari Thailand? Kalau kamu sudah pernah meminumnya, dijamin kamu pasti akan ketagihan untuk meminumnya lagi, karena rasanya yang pas, tidak terlalu manis tapi. Belum lagi aroma khasnya yang membuat kamu rela merogoh kocek untuk bisa menikmatinya setiap hari.

Pada masa tersebut, teh masih merupakan barang baru di Thailand. Minuman ini diperkenalkan oleh pedagang China pada 1880-an sebagai pengganti opium. 

Seiring berjalannya waktu, banyak orang bereksperimen dengan mencampurkan seduhan teh hitam dengan susu sebagai penambah rasa. Susu evaporasi dan susu kental manis pun jadi bahan penting yang menentukan kekhasan rasa thai tea. Dibalik rasa dan penampilannya yang mempesona, thai tea punya 5 fakta yang unik.

1. Menggunakan Teh Asli Thailand

5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abis

Loading...

Foto : Toko Bubuk.com

Di Thailand, sajian ini dikenal dengan nama “Cha Yen” atau “Teh Dingin”. Minuman cha yen ini diseduh dari teh hitam asli Thailand bernama Ceylon. Tanaman teh ini banyak tumbuh di daerah Bai Miang. Aslinya, teh ceylon memiliki rasa pahit, aroma dan warna yang pekat. Oleh karena itu, dicap sebagai teh kelas bawah.

2. Bahan Tambahan Agar Lebih Enak

5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abisFoto : Zetizen

Bahan tambahan utama pada thai tea adalah rempah. Rempah tersebut meliputi adas, biji asam bubuk, kapulaga, pewarna alami oranye dan kayu manis.

Penambahan rempah bertujuan untuk menutupi aroma teh ceylon yang sangat kuat. Selain itu, pewarna alami digunakan untuk merubah warna asli teh ceylon yang hitam pekat. Semuanya diseduh bersama sehingga, tercipta aroma wangi dan sensasi hangat.

Pada resep aslinya, ada susu evaporasi yang ditambahkan saat penyajian. Namun, kini terdapat modifikasi dengan penambahan susu kental manis dan krimer. Perpaduan seluruh bahan ini menciptakan rasa manis-gurih yang ringan pada thai tea.

3. Proses Penyeduhan Sempurna

5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abis

Foto : My Kuliner

Teh dan rempah thai tea harus diseduh minimal 5 menit sebelum disajikan. Bila ingin lebih pekat, bisa diseduh 7-8 menit. Tujuannya agar rasa dari teh dan rempah terekstrak dengan sempurna. Sehingga rasa dan aroma khasnya dapat dipertahankan.

4. Penyajian yang Unik

5 Fakta Thai Tea, minuman asal Thailand yang nyegerin abis

Foto : M.Money.Id

Thai tea dingin disajikan dengan gelas plastik besar dan tinggi. Gelas tersebut diisi oleh es serut hingga penuh. Campuran teh tersebut dituang di atasnya. Penyajian unik ini ditutup dengan tambahan susu evaporasi.

5. Memiliki Banyak Varian

Foto : feast.it

Varian original thai tea hanya tiga, yaitu thai tea original, black thai tea, dan lime thai tea. Seiring berkembangnya merk franchise thai tea, diciptakan varian khas tersendiri. Contohnya green thai tea, milo thai tea, red rose, honey, dan lemonade thai tea.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red