Mega bintang Cristiano Ronaldo resmi pindah ke Juventus dari Real Madrid (10/7/2018), dengan transfer sebesar 117 juta Euro. Kepindahan Ronaldo ke Juve diprediksi akan membawa banyak efek bagi Real Madrid, Juventus, Italia, dan Spanyol.Apa saja dampaknya?

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

1. Kepindahan Ronaldo akan membuat Madrid melakukan revolusi di dalam skuatnya yang sudah mulai menua. Sebut saja Luka Modric (32 tahun), Benzema (31), Sergio Ramos (32), dan Marcelo (30).

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

Pemain dari proyek Los Galacticos jilid dua yang dimulai Florentino Perez pada tahun 2009 dengan membeli Ronaldo, Benzema, dan Kaka, semakin lama usianya semakin menua dan tak bisa terus-terusan diandalkan Madrid.

Butuh penyegaran dalam skuat Madrid untuk menggantikan para mega bintang tersebut. Dari rumor yang berkembang, klub ibu kota Spanyol ini akan memboyong Eden Hazard (Chelsea), Harry Kane (Tottenham Hotspurs), Kylian Mbappe (PSG), David De Gea (Manchester United, Paul Pogba (MU), Mohammad Salah (Liverpool), dan Neymar Jr. (PSG).

Artinya Real Madrid akan membuat proyek Los Galacticos jilid tiga yaitu mengumpulkan para pemain terbaik di dunia dalam satu tim dan kepergian Ronaldo adalah salah satu awalannya.

2. Tak ada lagi tema Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi di La Liga Spanyol.

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

Mungkin masih ada pertemuan di antara kedua pemain itu di kompetisi Eropa seperti Liga Champions, namun intensitasnya bakal berkurang ketika kedua pemain masih sama-sama di La Liga. Mungkin juga La Liga akan sedikit berkurang daya tariknya karena kepindahan CR7. Hanya akan ada Lionel Messi seorang di Liga Spanyol sebagai pemain paling hebat. Messi sepertinya akan kesepian tanpa adanya Ronaldo sebagai kompetitor.

Jika begitu, apa Messi tertarik mengikuti jejak Ronaldo hijrah dari La Liga untuk mencoba kompetisi di negara lain? Serie-A, misalnya?

3. Pamor Serie-A Italia bakal naik kembali dengan kehadiran Ronaldo.

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

Tak bisa dipungkiri bahwa Liga Italia adalah kompetisi nomor satu dan paling diminati di dunia di tahun 90-an hingga pertengahan 2000-an.Tanya saja pada generasi 90-an Indonesia kompetisi sepak bola dari negara mana yang paling sering ditonton di layar kaca, hampir pasti semua menjawab Liga Italia Serie-A. Nah, dengan kedatangan Ronaldo Ke Juve bisa menjadi pintu masuk kembali kejayaan Liga Italia seperti dulu lagi, minimal Serie-A ditayangkan di TV secara reguler di Indonesia karena adanya Ronaldo.

4. Juventus akan semakin mendapatkan banyak fans di belahan dunia.

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

Fans yang banyak ini akan membawa keuntungan finansial sendiri bagi Juve. Contohnya di Real Madrid yang berhasil meraup lebih dari 100 juta Euro di tahun 2010 hanya dari hasil penjualan jersey, padahal Ronaldo datang ke Madrid tahun 2009 dari Manchester United dengan harga 94 juta Euro. Sudah lebih dari balik modal, bukan?

Sementara untuk Juve, kedatangan Ronaldo pasti meningkatkan angka penjualan jersey klub. Belum lagi sponsor, endorsement, dan keuntungan bisnis lainya. Untuk biaya pengeluaran transfer 117 juta Euro, gaji 30 juta Euro, sangat worth it untuk mendapat keuntungan berlipat selama 4 tahun durasi kontrak CR7.

Bagaimana dengan Madrid? Sebaiknya El Real harus segera membeli pemain yang level value-nya setara dengan Ronaldo. Kepergian Ronaldo akan mengurangi keuntungan Madrid dari sisi bisnis. Calon kuat pemain yang marketable sepertinya jatuh pada Neymar Jr. dan Madrid harus memboyong NJ11 dari PSG dengan cara apapun untuk menggantikan Ronaldo.

5. Juventus akan semakin kuat di Serie-A.

5 Dampak yang mungkin terjadi setelah Ronaldo pindah Ke Juventus

Pemerhati sepak bola Italia pasti tahu dalam tujuh musim terakhir dari 2011 hingga 2018 La Vecchia Signora selalu menjadi juara Serie-A. Mereka seakan tak tersentuh oleh klub Italia lainnya seperti Napoli, AC Milan, Inter, atau Lazio.Dengan kedatangan Ronaldo ke Juve musim depan dapat dipastikan akan semakin menambah kekuatan dan mempertegas dominasi Paulo Dyabala dkk di kompetisi tertinggi negeri pizza.

Itu tadi kemungkinan yang mungkin dan akan terjadi ketika Ronaldo, sang raja gol memutuskan pindah klub dari Madrid ke Juve. Apa mungkin netizen masih punya prediksi lain atas hal-hal yang akan terjadi atas kepindahan Ronaldo?