Saat mendengar kata introvert, gambaran yang akan muncul di pikiran kita adalah sebuah kepribadian yang tidak suka dengan keramaian dan lebih memilih untuk menyendiri. Selain itu efek negatif dari introvert juga sering muncul dalam pikiran orang lain seperti, seorang intorvert itu tidak mempunyai teman, atau bahkan bisa menjadi gila karena selalu menyimpan masalah sendiri.

Tetapi, taukah kamu bahwa sebenarnya seorang yang introvert juga mendapatkan efek positif dari kepribadiannya itu. Seorang yang introvert bukan berarti mereka tidak mempunyai teman, ada, tetapi mereka lebih ke memilih dalam sebuah pertemanan. Karena karakter mereka yang pendiam dan tidak suka berbaur, banyak orang yang menyalah artikan tingkah laku mereka.

Nah, oleh karena itu kali ini Brilio ingin memberitahukan kepada kalian efek positif yang didapatkan oleh seorang introvert. Yuk, disimak ulasan berikut ini.

1. Tingkat fokus yang lebih tajam

5 Efek positif yang didapat seorang introvert


Bagi seorang introvert, hal yang menurut dia tidak bermanfaat baik melalui omongan ataupun perbuatan, pastilah akan diacuhkan olehnya. Hal seperti itu akan berdampak baik untuk mempertajam tingkat fokus seseorang. Saat bekerja, biasanya seorang introvert mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat karena dia lebih fokus dalam bekerja ketimbang orang disekelilingnya.

2. Tidak mudah terpengaruh

5 Efek positif yang didapat seorang introvert

Percaya dengan omongan orang lain merupakan sebuah hal mustahil yang ada dalam diri para introvert. Menurut mereka, sesuatu yang tidak memiliki bukti yang valid tidaklah patut untuk dipercayai, oleh karena itu mereka para introvert tidak gampang untuk dipengaruhi

3. Memiliki pengetahuan yang luar dalam bidangnya

5 Efek positif yang didapat seorang introvert

Jika sudah menyukai satu bidang tertentu, seorang introvert akan mempelajari sampai ke akar-akarnya. Baginya, hal seperti itu lebih menarik ketimbang membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak penting. Jadi, jangan heran jika kamu bertemu dengan orang pintar yang terlihat sangat dingin, bisa jadi dia adalah seorang introvert.

4. Mempunyai jadwal yang teratur

5 Efek positif yang didapat seorang introvert

Dalam satu hari, seroang introvert biasanya telah mempersiapkan jadwal untuk setiap kegiatan/kerjaan yang akan dilakukan. Mulai dari bangun pagi, berangkat keluar rumah, waktu untuk makan & istirahat siang, dan kembali lagi kerumah untuk beristirahat. Tidak ada dalam kamus introvert untuk singgah ke tempat lain sekedar hanya ingin nongkrong bersama teman-teman. Lebih baik pulang, bersihin badan, dan tidur.

5. Lebih irit pengeluaran

5 Efek positif yang didapat seorang introvert

Saat ini banyak orang yang memilih menghabiskan waktu diluar rumah untuk pergi makan atau sekedar berkumpul bersama teman-teman untuk menghilangkan rasa bosan. Lain halnya dengan para introvert, jika mereka sedang merasa bosan, maka mereka akan memutuskan untuk mengerjakan sesuatu seperti, belajar, main game, atau baca buku. Semua kegiatan itu akan dilakukan ditempat yang jauh dari keramaian, yaitu rumah. Jadi, para introvert sangat jarang atau bahkan tidak pernah mau untuk menghabiskan uang mereka untuk sesuatu yang tidak penting.

Itulah beberapa efek positif yang didapatkan oleh para introvert. Jika kamu ingin memiliki efek-efek positif seperti diatas, kamu tidak perlu menjadi introvert untuk mendapatkannya, kok! Yang penting ada kemauan, usaha, dan segera praktekkan.