Korean Drama atau K-Drama semakin meluas perkembangannya, nih, Guys. Film-film yang kerap menunjukkan sisi romantisme yang ditopang oleh aktor dan aktris kenamaan yang cantik dan tampan asal negeri yang identik dengan ginseng tersebut bahkan menjadi film-film yang paling laris ditonton tidak terkecuali di Indonesia.

Tapi percaya gak, Guys? Kalau terlalu banyak menonton K-Drama ternyata bisa memiliki dampak yang negatif, lho. Di bawah ini adalah beberapa dampak negatif yang disebabkan karena terlalu banyak menonton K-Drama.

1. Lupa waktu.

5 Dampak buruk jika kamu berlebihan menonton Drama Korea foto: qubicle.com

Karena terlalu fanatik dan sukanya kamu terhadap K-Drama, kamu jadi terus ingin menontonnya biar gak ketinggalan sama kejadian-kejadian di dalam film tersebut. Bahkan gak jarang banyak yang rela begadang demi menamatkan menonton K-Drama. Duh, kesehatanmu juga perlu dijaga, lho.

2. Demam Korea dan menjadikan pemerannya sebagai role model

5 Dampak buruk jika kamu berlebihan menonton Drama Korea foto:inikpop.com

Secara gak sadar, kalau kamu berlebihan menonton K-Drama kamu akan menjadikan hal-hal yang kamu lihat itu sebagai 'kebutuhan' maka tidak jarang kamu akan menjadi 'demam korea' dan menjadikan pemeran film yang kamu tonton tersebut sebagai role model. Kamu akan mengikutinya mulai dari cara berpenampilan, berbicara, berbahasa, hingga cara berjalan kamu yang mengikuti pemeran dalam K-Drama yang kamu tonton. Hati-hati, Guys, hal-hal seperti ini bisa membuatmu kehilangan jati diri, lho.

3. Menjauh dari produk buatan negeri

5 Dampak buruk jika kamu berlebihan menonton Drama Korea foto:mallonlineindonesai.com

Hal ini juga nyata, lho. Semakin kamu mencandui K-Drama, kamu akan memiliki banyak artis idola dari K-Drama yang kamu tonton tersebut. Karena hal itulah nantinya yang akan menjadi dorongan kamu untuk memiliki barang-barang yang dipakai idola kamu. Dan yang menjadi bahayanya adalah barang-barang itu adalah barang-barang buatan negeri asal artis idola kamu tersebut, yakni Korea. Padahal lebih bagus kalau kamu mencintai produk buatan negeri sendiri.

4. Mood yang mudah berubah

5 Dampak buruk jika kamu berlebihan menonton Drama Korea
foto:ibmf.org

Karena terlalu fanatik dan candu terhadap K-Drama, akan membuatmu sangat antusias ketika menontonnya. Rasa antusias itulah yang akhirnya mendorong kamu untuk juga merasakan setiap adegan yang terjadi dalam film tersebut. Saat jalan ceritanya sedih, kamu bisa ikut menangis. Saat jalan ceritanya bahagia, kamu bisa ikut senyum-senyum sendiri.

5. Berekspektasi tinggi sampai lupa pada dunia nyata

5 Dampak buruk jika kamu berlebihan menonton Drama Korea foto:duniaku.net

K-Drama memang memiliki hal-hal yang indah, pemeran-pemeran yang berwajah cakep, sifat dan perlakuan yang menggemaskan, dan yang lainnya. Tapi, Guys, kalau kamu terlalu mencandui K-Drama, secara gak sadar kamu akan menjadi seorang yang gemar berekspektasi tinggi. Kamu akan gemar berkhayal jika kekasihmu akan memperlakukanmu seperti apa yang kamu saksikan di K-Drama.

Hal ini bisa terjadi karena kamu terlalu dalam menghayati jalan cerita K-Drama tersebut, sehingga membuat kamu kerap berkhayal jika kamu adalah salah satu pemeran dalam K-Drama tersebut, dan melupakan dunia nyata. Padahal jika kamu amati dengan seksama, banyak sekali K-Drama yang memiliki jalan cerita yang gak masuk akal, seperti misalnya seorang dari kerajaan yang menikah dengan rakyat biasa, atau seorang dari masa depan yang diutus untuk terus menjaga kamu.

Nah, itulah 5 dampak negatif yang bisa kamu dapatkan kalau kamu terlalu mencandui K-Drama. Bukan berarti kamu gak boleh menontonnya, kamu boleh menontonya kok, asal gak berlebihan dan gak bikin diri kamu sampai mendapat dampak-dampak negatif seperti di atas. Lagipula, segala yang berlebihan itukan gak baik.