×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup

0

Life

5 Cara agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup

Bersyukur terhadap apa pun menjadi salah satu pengingat agar terus melanjutkan hidup dengan semangat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Zidni Ilman Akmaluddin

09 / 03 / 2021 12:41

Dalam kehidupan yang kamu jalani pasti pernah merasakan bagaimana beratnya hari-hari yang telah kamu lalui. Kamu pun tidak dapat menyamaratakan permasalahan satu orang dengan lainnya. Semua orang memiliki masalah sesuai dengan porsinya masing-masing. Tidak ada orang yang permasalahannya lebih berat ataupun lebih ringan dibanding yang lainnya.

Dengan banyaknya permasalahan yang selalu datang pada hidup setiap orang, penting sekali untuk senantiasa bersyukur atas kehidupanmu saat ini. Selalu bersyukur membuatmu menyadari betapa pentingnya untuk selalu hidup dengan rasa terima kasih.Sehingga menjadikanmu sebagai pribadi yang lebih menghargai apa arti kehidupan yang sesungguhnya.

Untuk dapat lebih berterima kasih dan menghargai arti kehidupan, berikut adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesadaran tersebut.

1. Buat dan tuliskan rasa syukur di jurnal khusus.

Unsplash.com

Loading...

Membuat tulisan atas setiap hal yang kamu syukuri di jurnal khusus dapat membantumu untuk lebih berterima kasih dan menghargai setiap berkah yang telah kamu dapatkan. Entah itu dibuat untuk mengungkapkan suatu berkah, menangkap momen berharga, melakukan kegiatan yang menyenangkan, atau bahkan menceritakan kesulitan yang sedang kamu hadapi. Kamu selalu bisa menuliskan atau mengungkapkannya dengan leluasa pada jurnal.

Semua akan lebih berarti apabila kamu menuliskannya pada jurnal. Jadikanlah kegiatan menulis atau mengungkapkan rasa syukur ini menjadi kebiasaan setiap hari. Dengan demikian, kamu akan lebih sadar atas setiap tindakan atau hal-hal yang datang dan terjadi di depan mata. Hal ini dapat menjadikanmu orang yang lebih bersyukur karena telah dikaruniai kehidupan hingga sekarang.

2. Menghabiskan waktu bersama dengan orang spesial.

Unsplash.com

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berharga dan berarti bagimu merupakan salah satu cara untuk terus menjalani hidup dengan rasa syukur setiap harinya. Orang-orang spesial tersebut bisa jadi adalah keluarga terdekat, pacar, istri, sahabat, dan teman yang ada di sekitarmu. Luangkan waktu agar bisa bersama mereka untuk sekadar berbicara atau merayakan kebahagiaan bersama. Hal ini mampu membuatmu selalu bersyukur setiap harinya.

3. Berlatih untuk terus bersyukur dengan keadaan sekarang.

Unsplash.com

Selalu melatih pikiranmu untuk terus bersyukur terhadap keadaan saat ini merupakan salah satu cara agar dapat menghargai hidup dan berterima kasih atas apa yang telah kamu lalui dan jalani. Memberikan ruang bagi diri sendiri, melihat keadaan sekitar, dan menyadari pentingnya berkah yang kamu dapat hingga kini merupakan suatu anugerah luar biasa agar kamu dapat terus melanjutkan hidup dengan semangat dan optimis.

4. Pikirkan hal-hal positif.

Unsplash.com

Dengan memikirkan hal-hal yang positif dan tak menghiraukan hal-hal yang negatif dapat membuatmu lebih menyadari betapa banyak kebahagiaan yang telah kamu rasakan setiap harinya. Orang terlalu sibuk memikirkan hal negatif yang terjadi pada dirinya dan lupa bahwa hal positif juga telah mereka rasakan. Hal tersebut sering kali membuat orang menjadi lupa arti bersyukur. Ingatlah hal-hal positif yang ada dalam kehidupanmu dan kamu akan lebih bersyukur serta menghargai arti kehidupan yang sesungguhnya.

5. Menjadi sukarelawan atau membantu sesama secara cuma-cuma.

Unsplash.com

Menolong sesama merupakan salah satu cara untuk terus bersyukur dengan keadaanmu. Kamu jadi tahu bahwa selalu ada orang yang lebih membutuhkan daripada kamu. Selalu ada mereka yang berada di bawah atau lebih kekurangan dari kamu yang menginginkan keadaan dan posisi hidup sepertimu saat ini.

Bersyukurlah dengan keadaan dan posisimu saat ini. Bisa jadi apa yang kamu keluhkan sekarang adalah impian bagi ribuan atau bahkan jutaan orang lain yang tidak mendapatkan kesempatan sama sepertimu.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Bersyukur
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red