Mungkin kamu nggak bakal menyangka bahwa kemampuan meramal bisa juga dimiliki oleh penulis buku. Beberapa buku yang sudah ditulis puluhan tahun lalu ternyata berhasil menunjukan kebenaran yang terjadi di masa depan.

Nggak percaya? Di bawah ini, ada daftar buku yang berhasil membuktikan hasil ramalannya tentang masa depan. Yuk, simak satu per satu.

1. 20.000 Leagues Under The Sea (1870) meramalkan kapal selam bertenaga surya

Kejadian di 5 buku fiksi ini tak disangka terbukti di masa depan

foto:naval-technology.com

Buku yang ditulis oleh penulis asal Prancis, Jules Verne, mengisahkan tentang sebuah kendaraan laut yakni kapal selam yang menggunakan tenaga listrik. Kemudian pada tahun 1960 kapal selam bertenaga listrik benar-benar digunakan di kehidupan nyata.


2. Looking Backwards (1888) meramalkan kartu kredit

Kejadian di 5 buku fiksi ini tak disangka terbukti di masa depan

foto:creditlawcenter.com

Mungkin kamu gak pernah menyangka bahwa kartu kredit yang sering kamu gunakan ternyata adalah sebuah ramalan dalam buku Looking Backwards karya Edward Bellamy. Di buku tersebut juga Edward Bellamy memberikan penjelasan tentang pengguaan kartu kredit tersebut. Kemudian baru pada tahun 1950 kartu kredit mulai diciptakan.


3. The Machine Stops (1909) meramalkan Skype

Kejadian di 5 buku fiksi ini tak disangka terbukti di masa depan

foto:mlive.com

The Machine Stops karya E. M. Forster ini adalah buku fiksi yang menceritakan tentang mesin-mesin canggih yang terdapat di masa depan, Forster juga menuliskan tentang komunikasi visual yang bisa digunakan di masa depan. Dan ternyata ramalan tersebut benar sebab pada tahun 2003 Skype mulai diciptakan.


4. Frankenstein (1818) meramalkan transplantasi bagian tubuh

Kejadian di 5 buku fiksi ini tak disangka terbukti di masa depan

foto:sains-kompas.com

Mary Shelley dalam bukunya Frankenstein menuliskan tentang seorang ilmuan bernama Victor Frankenstein yang melakukan percobaan dengan menggunakan bagian tubuh untuk menghidupi seorang yang telah meninggal dengan bantuan alat listrik bertegangan kuat atau yang dikenal dengan nama transplantasi. Dan baru pada tahun 1967, seorang pria bernama Christian Barnard menjadi manusia pertama yang menjalani transplantasi hati.


5. Gulliver's Travels (1726) meramalkan Mars memiliki 2 satelit

Kejadian di 5 buku fiksi ini tak disangka terbukti di masa depan

foto:ahtechno.com

Jauh sebelum dilakukan penelitian tentang satelit yang terdapat di Mars, Jonathan Swift menulis buku fiksi berjudul Gulliver's Travel. Dan ternyata Jonathan Swift benar sebab pada tahun 1877 para ilmuwan menemukan bahwa Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Itulah 5 buku fiksi yang berhasil meramalkan masa depan. Gimana, Guys? Tertarik untuk menjadi penulis dan meramalkan masa depan seperti mereka?