Bencana alam adalah sebuah fenomena yang sangat mengerikan untuk dibayangkan. Tak hanya memberikan kerugian materi, namun seringkali juga memakan korban. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu nyawa melayang begitu saja. Belum lagi kondisi lingkungan yang menjadi pora-poranda. Tentunya semua itu akan menyisakan kenangan pilu. Bahkan menjadi catatan sejarah yang tak terlupakan.

Dilansir dari livescience.com, inilah bencana alam paling mematikan di dunia. Salah satunya ada di Indonesia loh!

1. Gempa Bumi Tangshan, China

5 Bencana alam paling mematikan di Bumi, ada di Indonesia juga

41 tahun silam, tepatnya pada tanggal 28 Juli 1976, sebuah gempa bumi berkekuatan 7,8 SR menerjang wilayah Tangshan di China. Menurut catatan sejarah, gempa ini mengakibatkan kehancuran yang mengerikan. Banyak bangunan roboh, alam menjadi berantakan dan sekitar 242.000-655 .000 nyawa melayang.

2. Badai topan Bhola, Bangladesh

5 Bencana alam paling mematikan di Bumi, ada di Indonesia juga

Topan Bhola merupakan topan paling mematikan yang tercatat dalam sejarah. Badai topan ini terjadi di wilayah Bangladesh pada tahun 12 November 1970. Seluruh wilayah dataran rendah di sekitar delta Sungai Gangga terendam air. Banjir besar-besaran tak kunjung surut selama beberapa hari. Diperkirakan sekitar 500.000 orang meninggal akibat bencana mengerikan tersebut.

3. Gempa Bumi Shaanxi, China

5 Bencana alam paling mematikan di Bumi, ada di Indonesia juga

Gempa bumi Shaanxi merupakan mimpi buruk yang tak terlupakan bagi masyarakat China. Bahkan menjadi catatan kelam dalam sejarah umat manusia. Gempa bumi yang terjadi pada 23 Januari 1556 silam ini menewasakan 830.000 nyawa. Korban tewas ini diyakini telah mengurangi sekitar 60 persen populasi manusia di provinsi tersebut.

4. Banjir Sungai Kuning, China

5 Bencana alam paling mematikan di Bumi, ada di Indonesia juga

Masih di wilayah China, selanjutnya ada banjir Sungai Kuning yang juga menjadi bencana alam mematikan di dunia. Banjir ini menyapu tanggul di Provinsi Henan mengakibatkan hancurnya ratusan desa dan 11 kota musnah. Banjir Sungai Kuning juga mengakibatkan kelaparan dan munculnya wabah penyakit.

Banjir Sungai Kuning ini tidak hanya terjadi sekali, namun 2 kali. Yang pertama pada tahun 1931 menewaskan 1.000.000-4.000.000 korban jiwa. Kemudian di tahun 1887 mengakibatnya 2.000.000 orang meninggal. Sungguh angka yang mengerikan, bukan?

5. Ledakan Gunung Api Toba, Indonesia

5 Bencana alam paling mematikan di Bumi, ada di Indonesia juga

Ledakan gunung api raksasa Toba di Indonesia telah disepakati oleh ilmuwan dunia sebagai bencana alam paling mematikan di planet bumi. Gunung ini pernah meletus sebanyak 3 kali, dimana yang paling dahsyat terjadi pada 74.000 ribu tahun silam. Tercatat hampir seluruh populasi umat manusia di dunia tewas. Bahkan tumpahan dari dalam gunung tersebut sampai membentuk Pulau Samosir dan Danau Toba.

Yang mengerikan lagi, ledakan gunung supervolcano tersebut juga membuat bumi mengalami kegelapan selama 6 tahun lamanya akibat tumpukan debu vulkanik yang menutupi langit. Suhu juga menjadi kacau, musim dingin berlangsung sangat lama. Bahkan tumbuhan dan hewan banyak yang mati. Benar-benar mimpi buruk!

Kejadian-kejadian mengerikan diatas akan selalu menjadi catatan tak terlupakan dalam sejarah. Tentunya juga sebagai pertanda akan Kebesaran Tuhan. Allahu Akbar! Semoga tidak terulang kembali.