Kota Shimla merupakan ibukota negara bagian Himachal Pradesh di India Utara. Pada zaman dahulu, kota ini merupakan ibukota musim panas dari British India. Karena banyak ditempati oleh para penjajah Inggris di masa itu, maka tak heran jika arsitektur bangunan di kota Shimla mirip dengan bangunan-bangunan Eropa. Jika kamu mencari suasana berlibur di India yang lain dari biasanya, maka Shimla ini bisa banget kamu jadikan pilihan. Berikut lima alasan mengapa kamu mesti mengunjungi Shimla:

1. Kota Kecil yang Nyaman

5 Alasan mengapa kamu harus mengunjungi Shimla di India Utara

Berlokasi di perbukitan, Shimla merupakan salah satu hill station yang populer di India. Meskipun bukan merupakan yang besar, tetapi hampir semua fasilitas ada di sini. Selain itu, kota ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Misalnya saat matahari tenggelam seperti foto di atas.

2. Arsitektur Bangunan Ala Eropa

5 Alasan mengapa kamu harus mengunjungi Shimla di India Utara

Karena sempat menjadi ibukota musim panas dari British India, arsitektur bangunan di kota Shimla sangat dipengaruhi oleh gaya arsitektur Eropa. Gedung-gedung pertokoan maupun gedung pemerintahan, semuanya tidak terlihat seperti gaya bangunan India.

3. Salju di Musim Dingin dan Udara Sejuk di Musim Panas

5 Alasan mengapa kamu harus mengunjungi Shimla di India Utara

Karena terletak di daerah subtropis, Himachal Pradesh, termasuk Shimla, mengalami empat musim dalam setahun. Saat musim dingin, salju akan turun. Namun pada musim panas, udara di sini juga tidak terlalu panas. Wisatawan, baik lokal maupun asing, yang ingin melihat salju di India, biasanya mengunjungi Shimla sebagai salah satu lokasi untuk menikmati salju. Sementara pada saat musim panas, orang-orang mengunjungi Shimla karena ingin menghindari cuaca panas di daerah lebih Selatan (seperti misalnya Delhi) dan ingin menikmati suasana sejuk pegunungan.

4. Surga Belanja Barang Impor Murah

5 Alasan mengapa kamu harus mengunjungi Shimla di India Utara

Jika kamu hobi belanja, terutama pakaian musim dingin, Shimla bisa jadi pilihan kamu buat beli pakaian impor murah. Di salah satu jalan kecil di kota Shimla, ada kumpulan toko yang merupakan hasil kerja sama antara masyarakat India dan masyarakat Tibet yang menjual barang-barang impor berkualitas dengan harga terjangkau.

5. Orang-orangnya Ramah dan Jujur

5 Alasan mengapa kamu harus mengunjungi Shimla di India Utara

Hal ini mungkin mengejutkan sebagian orang. Benar. Beberapa dari kita mungkin punya stereotipe kalau orang Indonesia itu jarang ada yang jujur. Namun bukan berarti tidak ada. Jika kamu ke Shimla, hampir semua orang yang kamu temui di sini ramah-ramah dan jujur-jujur lho.

Itulah lima alasan mengapa kamu mesti mengunjungi Shimla. Sudah siapkah kamu berlibur ke sana?