×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Zikir yang memiliki keutamaan sangat besar menurut Rasulullah SAW

0

N/A

4 Zikir yang memiliki keutamaan sangat besar menurut Rasulullah SAW

Zikir ini mudah diucapkan lisan, namun keutamaannya sangat besar menurut Rasulullah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

AWALUS SAIDATUL MAGHFIROH

07 / 01 / 2021 10:11

Berzikir adalah salah satu kegiatan yang membuat tenang dan merasa dekat dengan Allah. Biasanya zikir dilakukan setelah salat, baik fardu maupun sunah. Zikir juga sering dilakukan setiap waktu tergantung pada kebiasaan seseorang. Bacaan zikir banyak macamnya, mulai dari yang pendek hingga panjang. Fadhilah dzikir juga banyak arus dalam Al-Qur'an dan hadis. Di antaranya yaitu akan merasakan ketentraman lahir dan batin. 

Walaupun termasuk amalan ringan, pahala berzikir sangat besar di sisi Allah. Allah SWT mencintai orang yang berzikir. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Hurairoh RA, "Rasulullah pernah bersabda: Allah SWT berfirman 'Aku bersama hamba-Ku selama mulutnya bergerak untuk mengingat-Ku'."

Inilah empat zikir yang memiliki keutamaan sangat besar menurut Rasulullah SAW.

1. Laa ilaha illa llahu wahdahu laa syarika lahu.

Dari Abu ayyub Al-Anshori, "Rasulullah pernah bersabda: 'Barang siapa yang mengucap Laa ilaha illa llahu wahdahu laa syarika lahu' sepuluh kali, maka sama dengan dia memerdekakan empat budak dari keturunan Nabi Ismail."

Loading...

2. Subhanallah wabihamdihi.

Dari Abu Hurairah R.A, "Rasulullah pernah bersabda: 'Barang siapa mengucapkan kalimat Subhanallah wabihamdihi seratus kali, maka kesalahannya akan dihapus meskipun sebanyak buih di lautan."

Dalam riwayat Abu Hurairah R.A yang lain disebutkan bahwa kalimat "Subhanallah wabihamdihi subhanallahil 'adzim" adalah kalimat yang ringan diucapkan lisan namun bisa memberatkan timbangan amal. 

3. Laa khaula walaa quwwata illa billah.

Dari Abu Musa al-Asy'ari R.A, "Rasulullah pernah bersabda: 'Apakah aku tidak menunjukkan kepadamu satu gedung dari beberapa gedung surga? Yaitu lafaz Laa khaula walaa quwwata illa billah'."

Dalam hadis Imam Nawawi juga dimasukkan, "Barang siapa yang membaca 'laa haula wa laa quwwata illaa billaah' seratus kali setiap hari, maka dia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya."

4. Subhanallah walhamdulillah walaa ilaha illalla wallahu akbar.

Dari Samuroh bin Jundub RA, "Rasulullah bersabda: 'Kalimat yang paling dicintai oleh Allah itu ada empat, tidak akan mendatangkan madhorot dari mana pun kamu akan memulainya. Yaitu Subhanallah walhamdulillah walaa ilaha illalla wallahu akbar'."

Empat zikir tersebut masing-masing memiliki fadilat atau keutamaan yang sangat besar, yang telah diterangkan Rasulullah dalam kitab Bulughul Marom karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red