Deadline, kata tersebut tentunya angat bersahabat di telinga orang dewasa. Ya, bagi kalian yang sedang kuliah apalagi sudah bekerja, satu kata tersebut rasanya akan lazim menghantui. Alasannya sama, yaitu jika tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang di tentukan, kalian akan mendapatkan konsekuensi. Sehingga seringkali pada saat deadline datang, kalian menjadi panik dan sulit untuk fokus.

Bagi sebagian orang, deadline bukanlah momo yang menakutkan karena mereka dapat mengatur waktu dengan baik. Tetapi bagi sebagian lainnya, meskipun sudah terbiasa tetap merasadeadline adalah hal yang mengganggu dan membebani, apalagi bagi yang belum bisa memanage waktunya. Jika kita dapat membalik persepsi kita mengenai deadline, deadline ini dpat menjadi teman dan menjadi motivasi untuk kita dalammenyelesaikan pekerjaan. Nah, dibawah ini penulis akan memberikan kalian beberapa tips untuk dapat menyelesaikan deadline dengan efektif.

1. Rencanakan Pengerjaan Deadline

4 Trik jitu untuk mengalahkan deadline

Untuk penulis pribadi, untuk mengerjakan segala sesuatu haruslah memiliki perencanaan yang matang seperti akan melakukan traveling. Kalian tidak mungkin tiba-tiba saja pergi naik pesawat tanpa perencanaan. Pertama, Anda harus memetakan mana saja pekerjaan yang paling dekat dengan deadline dan pekerjaan yang paling mudah dikerjakan. Tentukan mana yang menjadi prioritas utama untuk di eksekusi. Selain itu sebaiknya jadwalkan waktu kapan saja dan berapa lama kalian mengerjakan deadline tersebut setiap harinya. Perencanaan kedepan yang matang merupakan ide yang bagus, dapat memudahkan kegiatan sehari-hari kalian karena lebih teratur.

2. Jauhkan Media Sosial dan Internet

4 Trik jitu untuk mengalahkan deadline

Internet memang memudahkan pekerjaan kita, namun jika tidak diguanakan secara bijak, bukan menjadi rahasia umum bahwa internetl memang mudah sekali menjadi racun. Internet tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan media sosial dan game online, Dengan membuka media aplikasi-aplikasi tersedut (media sosiaal dan game online}, yang seding hits saat ini, dapat membuat kita keasikan sendiri dan menjadi lupa akan waktu yang membuat kita lupa juga terhadap tugas dan kewajiban. Hal-hal seperti inilah yag seringkali membuat pekerjaan kita mepet akan deadline dan membuat kita menyelesaikan pekerjaan dengan sistem kebut semalam. Alangkah baiknya jika kita menjauhkan media sosial agar tidak dapat mendapatkan distraksi dari luar. Caranya? Uninstal aplikasi-aplikasi yang ada di hanphone kalian saat kalian memiliki banyak pekerjaan.

3. Tentukan Deadline Untuk Diri Sendiri

4 Trik jitu untuk mengalahkan deadline

Jika pekerjaan kalian harus diselesaikan pada hari jumat, kalian harus menentukan deadline kalian sendiri dengan mempercepat waktu deadline menjadi hari kamis misalnya. Hal ini dimaksud untuk memberikan motivasi bagi kalian, jika kalian dapat menyelesaikan deadline lebih cepat, tentunya kalian akan merasa lebih bebas dan tidak memiliki beban. Kalian bisa merencanakan satu hari tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan, entah itu makan malam bersama keluarga, teman-teman, atau seharian penuh bermain game pun tidak akan menjadi masalah.

4. Berfikir Positif

4 Trik jitu untuk mengalahkan deadline

Tidak perlu panik saat deadline terasa semakin mencekik. Kuncinya dalah tetap fokus dan tenang serta berfikir positif. Ya, berfikir positif akan selalu menjadi obat ampuh untuk segala kondisi. Jika kalian merasa malas, coba berfikir kembali apa yang menjadi target dan tujuan kalian di awal. Tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Ulangi indakan tersebut berkalikali asampai kalian merasa jauh ebih tenang. Jika kalian sudah dapat mengingat target dan tujuan kalian di awal, hal itu dapat membantu kalian berfikir positif dan mengubah pola fikir bahwa deadline bukanlah momok yang harus ditakutkan.

Bagaimana? Keempat tips diatas tidak sulit untuk di implementasikan kan? Jika iya, kalian akan menyadari bahwa sejatinya deadline bukanlah sesuatu yang harus di hindari, dan kalian pasti bisa mengalahkan deadline sebelumnya waktunya datang. Semoga berhasil!