×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips alternatif agar Lebaran di rumah tetap asyik

0

N/A

4 Tips alternatif agar Lebaran di rumah tetap asyik

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan bersama keluarga agar suasana Lebaran tetap dirasakan walau tidak mudik ke kampung halaman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fauzi Akmal Rabbani

28 / 05 / 2020 13:20

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memiliki dampak yang luar biasa besar bagi kehidupan manusia di dunia. Hal ini juga berdampak pada kegiatan manusia yang biasanya dilakukan di luar rumah, namun karena kebijakan Work From Home (WFH) maka seluruh aktivitas diimbau untuk dilakukan dari rumah. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Pandemi ini juga memiliki dampak bagi kegiatan keagamaan yang juga harus dilakukan dari rumah. Bulan Ramadan tahun ini misalnya, terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya umat muslim melakukan ibadah tarawih di masjid, namun akibat pandemi ibadah tersebut harus dilakukan di rumah. Selain itu, guna mencegah penyebaran Covid-19 ini larangan mudik juga diterapkan oleh pemerintah. Dengan terpaksa keluarga dan pekerja yang masih berada di perantauan untuk sementara tidak dapat kembali ke kampung halamannya.

Untuk itu, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan bersama keluarga agar suasana Lebaran tetap dirasakan walaupun tidak mudik ke kampung halaman.

1. Silaturahmi online.

Biasanya ketika Lebaran kamu bertemu sanak saudara di kampung halaman. Bersalaman, berbagi angpau, dan makan bersama adalah kegiatan yang biasa dilakukan. Namun, akibat pandemi ini kegiatan tersebut tidak bisa kita lakukan secara langsung. Maka dari itu, silaturahmi online adalah solusinya.

Loading...

Kamu dapat menggunakan platform online yang ada seperti Zoom, Google Meet, Webex, dan platform sejenis untuk bersilaturahmi bersama keluargamu. Dengan begitu kamu tetap dapat merasakan suasana Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

2. Masak-masak bersama keluarga.

Masak-masak bersama keluarga juga bisa menjadi alternatif agar Lebaran di rumah tetap mengasyikkan. Kamu bisa memasak makanan seperti opor dan ketupat. Selain itu kamu juga dapat membuat kue Lebaran favorit. Kegiatan ini juga memiliki benefit yaitu lebih hemat daripada harus membeli makanan dari luar. Selain itu kualitas dan kebersihannya juga terjamin karena dibuat oleh keluarga sendiri. Benefit yang terakhir yaitu secara tidak langsung kegiatan ini dapat menjadi momen berharga bersama keluarga masing-masing.

3. Kirim parsel Lebaran.

Ingin merekatkan kembali ikatan persaudaraan yang telah merenggang? Atau ingin menjalin kembali hubungan asmara yang telah kandas? Mengirim parsel bisa menjadi solusinya. Kamu bisa mengirim parsel kepada saudara atau kepada siapa pun itu untuk merekatkan kembali tali silaturahmi di momen Lebaran ini. Tentunya melalui bantuan ojol atau toko online, kamu dapat mengirim parsel ke tujuan yang diinginkan.

4. Berbagi kepada sesama.

Kebijakan pemerintah dalam membatasi jumlah pemudik membuat sebagian besar masyarakat tidak dapat pulang ke kampung halaman. Kondisi seperti ini membuat mereka tidak bisa merayakan Lebaran bersama keluarga. Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya kita saling membantu. Untuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi, tidak ada salahnya untuk saling berbagi. Kamu yang memiliki persediaan makanan lebih dapat menyisakan sedikit makanan untuk mereka yang lebih membutuhkan. 

Dengan alternatif kegiatan di atas, semoga dapat memberi inspirasi pada kita semua untuk tetap melakukan tradisi Lebaran meskipun dengan cara yang berbeda. Tidak dapat dipungkiri, pandemi ini telah memaksa kita untuk mencari alternatif lain dalam melakukan kegiatan. Mari tetap mematuhi imbauan yang ada dan juga berdoa agara pandemi ini cepat berlalu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red